c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Mengenal Sang Dragonfly Yuk !!


Tidak lah sia-sia penciptaan Tuhan terhadap apapun di dunia ini termasuk pada serangga, bahkan serangga yang ada di bumi ini jumlahnya sangat banyak sekali dari yang terkecil hingga yang terbesar.



Namun disini saya hanya ingin membahas serangga yang senang dengan alam yang bersih yaitu Dragonfly alias capung, di daerah perkotaan capung memang tak pernah terlihat lagi, entah mungkin suasana kota membuat ia muak atau habitatnya yang di ganggu oleh raungan kehidupan kota yang selalu saja sibuk 24 jam non stop.

Apa yang kalian tahu tentang capung bisakah kita mempelajari capung untuk dijadikan inspirasi dalam kehidupan ? Memang capung bisa menjadi inspirasi banyak orang namun ada yang perlu kita ketahui tentang capunk seperti yang dilansir versesofuniverse.blogspot.co.id (24/11/13).



1. Capung adalah salah satu serangga bersayap pertama yang berkembang, sekitar 300 juta tahun yang lalu. Capung modern memiliki rentang sayap dari hanya dua inci sampai lima inci, tapi fosil capung yang telah ditemukan memiliki rentang sayap hingga dua kaki. Sungguh menakjubkan bukan ? Beberapa ilmuwan berteori bahwa kadar oksigen yang tinggi selama era Paleozoic memungkinkan capung untuk tumbuh ke ukuran raksasa.

Bayangkan 300 juta tahun yang lalu serangga mirip dengan capung modern memiliki rentang sayap hingga 65 cm. Meganeura, genus yang terkait dengan capung modern, memiliki lebar sayap selebar rajawali yang kita lihat terbang hari ini. Bandingkan dengan capung terbesar saat ini yang tinggal di Kosta Rika dan memiliki rentang sayap 19 cm. Inilah hal yang menginspirasi manusia ingin terbang layaknya capung.

2. Ada lebih dari 5.000 spesies capung yang dikenal, yang semuanya (bersama dengan damselflies) berada dalam ordo Odonata, yang berarti "bergigi satu" dalam bahasa Yunani dan mengacu pada gigi capung yang bergerigi, inilah yang mengakibatkan kalau digigit capung geli-geli gimana gitu emoticon-Big Grin

3. Pada tahap larva capung berlangsung hingga selama dua tahun, kaeena capung adalah aquatik dan makan apa saja seperti kecebong, nyamuk, ikan, larva serangga lain dan bahkan satu sama lain. Hampir mirip dengan manusia yang serakah memakan apa saja, segalanya di makan bahkan teman makan teman pun sering terlihat. Pada akhir tahap larva nya, capung merangkak keluar dari air, kemudian eksoskeleton mereka retak dan terbuka, melepaskan perut serangga mereka, yang telah dikemas dalam seperti teleskop. Empat sayapnya kemudian keluar, dan mengering serta mengeras selama beberapa jam ke depan. Kemudian segera lepas landas ke alam bebas.



4. Capung adalah penerbang yang ahli. Mereka bisa terbang lurus ke atas dan ke bawah, melayang diam seperti helikopter dan bahkan kimpoi di udara. Jika mereka tidak bisa terbang, mereka akan mati kelaparan karena mereka makan mangsa yang mereka tangkap hanya pada saat terbang. Jelaslah kini pilot waktu di masa lalu sering berpakaian dengan kacamata mirip capung, ternyata pilot handal di dunia ini adalah capung.

5. Capung menangkap mangsanya dengan kaki mereka. Mereka begitu efisien dalam berburu, dan dalam sebuah penelitian di Harvard University, capung menangkap 90 sampai 95 persen dari mangsa yang dilepaskan ke kandang mereka, hingga dragonfly sering menjadi ikon militer di pasukan udara karena akurasi memburunya memang hebat.

6. Yang perlu kamu ketahui sebagian besar (hampir semua) kepala capung adalah mata, sehingga mereka memiliki visi yang luar biasa yang meliputi hampir setiap sudut kecuali tepat di belakang mereka. Inilah code yang sering di pakai oleh agent mata-mata, karena penglihatannya ke seluruh arah.



7.Capung yang disebut Globe Skimmer (Pantala flavescens) memiliki migrasi terpanjang dari semua serangga, yaitu 11000 mil bolak-balik melintasi Samudra Hindia. Inilah yang disebut penjelajah dunia, sama halnya dengan manusia yang suka menjelajah tanpa kenal lelah dan disebut dengan traveller.

Bahkan saking menginspirasinya nama capung namanya pun juga dipakai untuk kuliner nikmat di Bogor, yaitu capung goreng yang memang bisa membuat banyak orang terlena dan kenyang.



Itu lah beberapa cerita tentang capung semoga artikel ini dapat menambah wawasan, bagaimana kawan monggo serupuut dolo.



by c4punk@2018




Diubah oleh c4punk1950... 05-05-2018 16:10
1
12.3K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.