dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Jangan Biarkan Gajimu Lewat Begitu Saja, Atur dengan 4 Tips Ini


Agan dan aganwati di sini sudah gajian belum nih? Atau uang gajiannya sudah habis lagi? Jika gaji bulanan agan tidak bertahan lama, agan tidak perlu sedih karena agan pasti tidak sendiri. Namun, itu juga artinya, agan dan aganwati perlu tips berikut ini untuk mengatur gaji.

Mengatur gaji bulanan barangkali terlihat sederhana, tapi nyatanya tidak semudah yang direncanakan, bukan? Selalu ada pengeluaran tiba-tiba atau keinginan belanja yang sering tidak bisa ditahan. Belum lagi, rencana keuangan masa depan yang harus dirancang dari sekarang.

Bagaimana agan bisa menyiapkan semua dana tersebut jika tidak mengelola gaji dengan baik dari sekarang? Oleh sebab itu, nggak ada salahnya untuk mengikuti 4 tips atur gaji di bawah ini, gan untuk keuangan yang lebih sehat.


1. Buat Skala Prioritas




Untuk pengelolaan uang yang baik, tips atur gaji pertama yang harus agan lakukan ialah menentukan skala prioritas pengeluaran uang. Agan tentunya memiliki pengeluaran yang lebih penting dari pengeluaran lainnya, bukan? Dahulukan pengeluaran yang sudah pasti dan penting itu, gan. Kemudian, gunakan sisanya untuk kebutuhan lain.


2. Bagi Uang Sesuai dengan Fungsinya




Agan dan aganwati pastinya ingat pengeluaran yang dilakukan setiap harinya, bukan? Minimal untuk pengeluaran pasti, seperti uang transportasi atau uang makan. Agan harus memperhitungkan pengeluaran agan tersebut dan jangan lupa untuk mengeliminasi berbagai pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Setelah itu, tentukan jumlah uang untuk setiap pengeluaran lalu bagi gaji sesuai dengan fungsinya. Gunakan uang yang sudah dianggarkan ini untuk memenuhi kebutuhan dan menjalani aktivitas sehari-hari.


3. Pisahkan Uang di Awal untuk Menabung




Bagaimana cara menabung uang yang baik? Menabung yang baik bukanlah sisa uang setelah semua kebutuhan atau keinginan terbeli, gan melainkan uang yang disisihkan sejak awal menerima gaji. Tentukan nilai uang yang ingin ditabung lalu pisahkan uang sesuai dengan jumlah tersebut setiap bulannya. Dengan begini, agan bisa menabung secara rutin dan dengan jumlah uang yang sudah diperkirakan.

Jangan menunggu sisa uang hasil pengeluaran, gan karena jika begitu agan dan aganwati mungkin tidak akan pernah bisa menabung. Sisihkan uang di awal meski sedikit dan lakukan dengan disiplin. Dengan begitu, agan pasti bisa memiliki uang tabungan yang nantinya akan sangat berguna.


4. Jangan Lupa Investasikan Uang




Jika gaji masih tersisa setelah semua pengeluaran dan kebutuhan, agan bisa investasikan uang tersebut. Namun, jika uang tidak cukup, agan bisa memulainya dengan menabung. Setelah uang tabungan terkumpul, agan bisa menginvestasikannya pada berbagai produk investasi.

Sebaliknya, jika tidak ingin menabung, agan bisa menginvestasikan langsung uang tersebut dengan memilih produk investasi yang sesuai dengan dana yang dimiliki. Salah satu produk investasi yang bisa agan coba karena tidak membutuhkan dana yang banyak ialah emas batangan. Namun, tentunya agan tidak membeli emas dalam ukuran yang besar.

Agan bisa membeli emas batangan dengan mudah karena saat ini agan-agan sudah bisa membeli emas dalam nominal kecil, seperti yang ada di beberapa tempat. Salah satu tempat yang ane tahu menjual emas dengan cara ini ialah aplikasi e-mas. Di aplikasi e-mas sendiri, agan bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an. Nah, agan bisa cari tahu dulu tuh cara pakai atau syarat dan ketentuannya agar beli emas bisa lebih mudah.



Tertarik, nggak nih gan untuk mencoba tips atur gaji di atas? Agan bisa mencoba untuk menerapkannya pada bulan ini, lho. Lakukan dengan rutin dan disiplin lalu lihat perubahannya. Pada awalnya mungkin akan sulit untuk dilakukan, tapi manfaat yang akan dirasakan juga besar, gan. Jadi, jangan patah semangat untuk mengelola uang dengan baik demi kehidupan masa depan yang lebih cerah gan sis!


Sumber Artikel

Diubah oleh dimasgaharu 05-10-2018 08:44
0
19.7K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.