• Beranda
  • ...
  • Music
  • Artis ini dijuluki "Taylor Swift dari China" akan menyanyi di luar angkasa

ADRKUSAvatar border
TS
ADRKUS
Artis ini dijuluki "Taylor Swift dari China" akan menyanyi di luar angkasa
Mengenal G.E.M., sosok penyanyi fenomenal paling populer di Hong Kong dan China serta menjadikannya inspirasi bagi kaum muda di Asia


Image: billboard.com

Namanya G.E.M. (baca: jem). Dia seorang penyanyi fenomenal dan penulis lagu dari China (tepatnya Hong Kong) berusia 25 tahun yang disebut-sebut oleh media barat sebagai “Taylor Swift dari China”. Mengapa dia dibandingkan dengan Taylor Swift? Karena dia memainkan alat-alat musik (terutama piano), dia mengomposisi musik-musiknya, dia menulis lagu-lagunya sendiri tentang pacaran dan putus cinta. Dia juga telah mengadakan serangkaian konser World Tour: "Get Everybody Moving", "X.X.X. Live", dan "Queen of Hearts".


Image: broadly.vice.com

Kok namanya G.E.M.? G.E.M. sebenarnya adalah nama panggungnya, singkatan dari "Get Everybody Moving." Maksud nama ini adalah impian agar setiap orang merasa “move” (tergerak) setelah mendengar musik-musiknya dan mengejar impian masing-masing. Hal ini dia rasakan setelah mendengar musik-musik dari Beyonce, Alicia Keys, Christina Aguilera, dan Whitney Houston. Dia adalah Ratu atau Super Star musik pop di Hong Kong dan China saat ini.

Kalau diperbandingkan dengan penyanyi pop Indonesia, G.E.M. seperti perpaduan antara Agnes Monica (Agnez Mo) untuk vokal “powerful” dan pencapaian nada tinggi dan Raisa untuk bermain piano dan menulis lagu.

Selain kemampuan “self-composing” dan “self-writing” ala Taylor Swift yang dipuji oleh media barat, G.E.M. juga punya segudang prestasi, fakta-fakta dan pencapaian selama hampir sembilan tahun berkarir di bidang musik.


Image: instagram.com/gem0816

Nama aslinya adalah Gloria Tang Tsz-kei, seorang penyanyi pop berbasis di Hong Kong yang memulai karir musiknya pada usia 16 tahun. Jadi, sekarang Hong Kong boleh berbangga hati bukan hanya dari dunia film laga (Bruce Lee dan Jackie Chan), melainkan juga dari dunia musik pop (penyanyi wanita kelas dunia, G.E.M.)

Di Hong Kong dia dipanggil G.E.M. Tang dan dijuluki “young diva with giant lungs” karena kemampuannya meng-cover lagu-lagu Beyonce, Alicia Keys, Christina Aguilera, dan Whitney Houston. Di China daratan dia dipanggil Deng Zi-qi. Dia mendapatkan lebih dari 23 juta pengikut di Weibo (sejenis Twitter di China). Di Instagram, dia memiliki 2,9 juta pengikut.



Lagu pertamanya tentang gadis sekolah yang naksir lawan jenis. Di sini kita mulai melihat persamaannya dengan Taylor Swift.

Dia berasal dari keluarga pemusik. Pamannya adalah pemain biola, ibunya adalah pianis, neneknya adalah vokalis dan kakeknya adalah pemain saksofon.

G.E.M. telah merilis beberapa album dengan penjualan emas dan platinum. Dia juga telah memenangkan 126 penghargaan dari total 142 nominasi, salah satunya adalah Nickelodeon Kids' Choice Awards 2014 Favorite Asian Act (mengalahkan Coboy Junior dari Indonesia). Musiknya bisa beralih dengan mudah antara bahasa Inggris (cover Beyonce If I Were A Boy), Mandarin (lagu Light Years Away) dan Kanton (lagu Where Did You Go), dan mencakup berbagai genre dari musik pop, ke musik rock (lagu Goodbye), R & B (cover Alicia Keys If I Ain’t Got You) dan bahkan rap.

Dia memadukan gaya musik China yang “soulful” dengan musik Barat, dan mengatakan bahwa musik Barat telah berpengaruh besar dalam musiknya.

G.E.M. (Gloria Tang) mulai meraih ketenaran saat dia memenangkan sebuah kontes menyanyi sekolah setempat yang disebut “Spice It Up” sebelas tahun yang lalu. Ketika itu dia baru berusia 14 tahun. Pilihan musik Gloria saat itu menarik perhatian label rekamannya, Hummingbird Music yang dimiliki oleh Lupo Groinig asal Amerika imigran Austria. Tan Chang, manajernya, duduk sebagai juri di kompetisi tersebut.


Image: facebook.com/SxcAsia (Tiga serangkai: Tan Chang, G.E.M., & Lupo Groinig)

G.E.M. menandatangani kontrak dengan Hummingbird Music dan terbang ke Los Angeles untuk merekam lagu-lagunya. "Bubble (pao-mo)" adalah lagu mandarin pertamanya yang menjadi “Big Hit” di China, menduduki posisi teratas di pasar China pada tahun 2012.


Image: youtube.com/user/gemVEVO

Lagu "Bubble" itu menurutnya, “pada awalnya adalah cara untuk mengekspresikan semua air mata dan sakit hatiku dan juga semua pelampiasanku setelah putus cinta yang buruk.”

Sedangkan sukses G.E.M. lainnya adalah lagu Kantonnya “Someday I’ll Fly” dinobatkan sebagai “Song of The Year 2012” oleh Metro Radio, Hong Kong. Dia juga memenangkan "IFPI Hong Kong's Top Selling Female Artist Award" pada tahun yang sama.


Image: news.cnhubei.com (Bersama penyanyi top Malaysia, Shila Amzah, salah satu peserta I Am A Singer (Season 2) 2014)

Tahun 2014-2015 popularitasnya di China semakin meledak setelah dia turut menjadi peserta di acara kompetisi menyanyi “I Am A Singer (Season 2)” (menjadi “youtube sensation”) dan menjadi “couch’ advisor” (juri tamu) di acara “The Voice of China”.

Album studio kelima G.E.M. bertajuk “Heartbeat” (2015) berisi 10 lagu-lagu Mandarin yang semua liriknya ditulis oleh G.E.M. sendiri dan semuanya lengkap dibuatkan “Music Video”.

Tur dunianya X.X.X. Live di tahun 2013-2015 yang mencakup 73 show di 51 venue, 48 kota, 9 negara, 4 benua diperkirakan telah menghasilkan sekitar $160 juta (kurang lebih Rp 2,13 triliun). Wajar kalau pada tahun 2016 G.E.M. adalah satu-satunya artis Asia yang terdaftar di Forbes 30 Under 30: Music shortlist.


Image: www.tagheuer.com

Karena G.E.M. dianggap sosok muda penuh prestasi, sumber inspirasi bagi kaum muda, dan telah menjadi “global sensation”, maka dia ditunjuk sebagai sebagai global Chinese ambassador (mewakili negara China) bagi perusahaan TAG Heuer. Maka dalam peran sebagai duta perusahaan arloji dari Swiss tersebut, G.E.M. “perform” di gletser Jungfraujoch, Swiss, puncaknya Eropa. Tentunya pengalaman yang tak terlupakan.


Image: facebook.com/SxcAsia

G.E.M. juga telah didekati oleh XCOR Space Expeditions Asia Limited (dahulu SXC Asia), anak perusahaan XCOR Aerospace, perusahaan pesawat ruang angkasa swasta Amerika untuk menjadi ambassador mereknya. G.E.M. telah sepakat untuk terbang ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Lynx. G.E.M. dikabarkan akan menyanyi di luar angkasa sedikitnya dua lagu, yang akan disiarkan kembali ke Bumi. Wah, kapan tanggal mainnya?

G.E.M. juga berpeluang untuk menjadi aktris terkenal di Hollywood setelah dia ditunjuk untuk mengisi suara tokoh “Sleeping Beauty” dalam film animasi mendatang “Charming” (rilis 2017), di mana para pengisi suaranya melibatkan para penyanyi top seperti Demi Lovato, Ashley Tisdale, dan Avril Lavigne. Dia akan merekam lagu dengan ketiga penyanyi tersebut berjudul “Trophy Boy”. "Seluruh pengalaman itu fenomenal," katanya. "Ini akan menjadi lagu rekaman pertama saya dalam bahasa Inggris, saya cukup gugup."


Image: indomandarin.com

Sebuah film kisah nyata kesuksesan karirnya berjudul “G-Force” tayang di bioskop-bioskop Hong Kong, China, dan Taiwan pada bulan Januari 2017. Film ini adalah film dokumenter yang mengisahkan kronologi kehidupannya dari hanya seorang gadis remaja biasa dari Hong Kong sampai menjadi “the greatest singer” di China. Talenta dan pengabdiannya pada musik telah melelehkan jutaan hati orang di China, dan kisah suksesnya menjadi inspirasi bagi banyak remaja dalam generasinya.

Dia juga seorang “live show performer” yang luar biasa (mendapat banyak pujian dari media barat) dan tidak memiliki keraguan tampil di hadapan 40.000 penonton yang memadati.


Image: i59.tinypic.com

"World Tour X.X.X. Live" 2013-2015 kemarin dimulai di Hong Kong, kemudian China dan ke tempat-tempat seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Selandia Baru, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Ada hal unik, Lupo Groinig, sang produser turut bermain sebagai gitaris di setiap konser G.E.M.

Tahun 2017 ini dia mulai mengadakan serangkaian World Tour bertajuk "Queen of Hearts" dimulai di Guangzhou, China, lalu kota-kota lain di China, kemudian akan ke Singapura dan Taiwan.


Image: israbox.media

Apakah dia bisa mencerminkan kesuksesan Taylor Swift dengan memanfaatkan persamaan paket lengkap musiknya (menyanyi, main alat musik, mengomposisi musik, menulis lirik lagu)?

Hanya waktu yang akan mengatakannya, tetapi dari “performance” yang diperlihatkannya, dia mungkin mampu melakukannya dan akan terus eksis di bidang musik untuk beberapa tahun mendatang.

Berikut “performance” G.E.M. saat menyanyikan lagu R & B (original artist: Alicia Keys) “Falling” pada acara “I Am A Singer” (Season 2) 2014. Apakah anda merasa “move”?



Mungkinkah pelantun “Someday I’ll Fly” (lagu cantonese) ini akan benar-benar terbang ke luar angkasa dan menyanyi di sana? Coba simak suara “powerful” bagaikan Agnes Monica versi Hong Kong dalam video musik “Someday I’ll Fly” yang liriknya ditulis sendiri oleh G.E.M.



Pada bulan Desember 2016 G.E.M. merilis single “Light Years Away” 光年之外 [guang-nian zhi-wai], sebuah lagu “Chinese theme song” untuk mempromosikan sebuah film Hollywood tentang perjalanan luar angkasa (antariksa) “Passengers” yang sedang tayang di bioskop-bioskop China waktu itu.

“Light Years Away”, lagu tema film ini dikomposisi dan ditulis oleh G.E.M. sendiri (produseri oleh Lupo Groinig). Lagu ini bercerita tentang pasangan yang hidup di galaksi yang besar oleh karena takdir. Ini sesuai dengan plot cerita dalam “Passengers”, di mana dua protagonis terbangun dari tidur mereka dan menemukan diri mereka di dalam galaksi, terjebak dalam pesawat ruang angkasa yang “malfunction”. Dalam lirik, bercerita juga tentang sang pasangan yang dimabuk cinta, dan mereka bertekad menghadapi kematian bersama-sama, tanpa meninggalkan satu sama lain untuk menyelamatkan diri dari bencana.

Di dalam Music Video, cuplikan film akan ditampilkan, di mana Jennifer Lawrence dan Chris Pratt menjadi bintang. Bagian dari film ini juga diselingi dengan gambar-gambar G.E.M. Bernyanyi dengan gaun perak atau pakaian hitam, dengan latar belakang mirip dengan pesawat ruang angkasa. Dengan suara unik G.E.M. yang “powerful” (aksen Mandarin G.E.M. memang unik kok, seperti aksen asing, aksen bule), lagu “slow rock” yang ditulis dengan baik ini tidak hanya meningkatkan mood film, namun juga mencerminkan cinta pengorbanan yang romantis.



Referensi: www.nextshark.com (03/11/2015), www.fooyoh.com (05/11/2015), www.instyle.com (14/09/2015), www.tagheuer.com (10/04/2015), www.facebook.com/SxcAsia.
Diubah oleh ADRKUS 18-06-2017 09:00
0
29.3K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.8KThread8.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.