Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

obituarycircleAvatar border
TS
obituarycircle
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui
Republik Malta, umumnya dikenal sebagai Malta, adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta terletak sekitar 80 km (50 mi) di selatan dari Italia, 284 km (176 mi) di timur dari Tunisia dan 333 km (207 mi) di utara dari Libya. Malta, yang hanya mempunyai luas daerah sebesar 316 km2 (122 sq mi) dengan jumlah penduduk sekitar 450.000, membuatnya menjadi salah satu negara terkecil di dunia dengan penduduk yang paling padat. Malta terletak di tengah-tengah Laut Tengah dan terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, yaitu Malta, Gozo dan Comino. Ibu kota negaranya adalah Valletta, dengan luas daerah sekitar 08 km2 (3,1 sq mi), adalah ibu kota terkecil di Uni Eropa. Malta mempunyai satu bahasa nasional yaitu bahasa Malta, dan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Berikut fakta-fakta tentang Negara ini.

1. Nama Malta berasal dari bahasa Yunani “Melita” yang artinya “Madu”. Negara pulau ini mempunyai spesies endemik tawon yang memproduksi jenis madu khusus yang sangat terkenal.


2. Malta terletak di Laut Mediterania antara Eropa dan Afrika Utara (Sisilia dan Tunisia).

3. Malta menjadi tempat dari situs bersejarah tujuh Candi Megalitik (Megalitihic Temples). Malta telah dihuni sejarak awal periode neolitik tahun 5000 SM.
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui
4. Malta terdiri dari tiga pulau, yaitu pulau Gozo, Comino, dan Malta.

5. Ibu kota Malta, Valetta, luasnya hanya 0,8 km persegi dan merupakan ibu kota paling kecil di Eropa. Valetta juga menjadi kota pertama di Eropa yang teratur dan terencana. Pembangunan kota ini membutuhkan waktu 15 tahun dan merupakan salah satu yang tercepat di dunia.

6. Nama Valetta diambil dari nama Jean Parisot de la Valette, seorang Grand Master dari Ksatria St. John (Knights of St. John).

7. Bahasa resmi Malta adalah bahasa Inggris dan bahasa Malta.

8. Ibu kota Gozo, Victoria, dikenal juga dengan nama Rabat. Kota ini terkenal dengan bangunan Citadel nya yang indah, yang mengingatkan pada abad pertengahan.

9. Mdina, ibu kota dengan dikelilingi tembok, hanya membolehkan mobil penduduknya yang melintasi jalan di Mdina. Mdina dijuluki dengan Città Vecchia atau Città Notabile.
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui
10. Malta mempunyai tiga Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu tujuh Candi Megalitik dan dua lainnya adalah Ħal Saflieni Hypogeum dan Valletta.

11. Malta mempunyai situs-situs bersejarah yang calon menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Grand Harbour, Victoria Lines Fortifications, Kompleks Katakombe Malta, Mdina, Cittadella (Gozo), Karang Pantai Barat Laut, dan Dwejra (Gozo).
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui
12. “Ghar-Dalam” (goa kegelapan) dianggap sebagai goa berpenghuni paling awal di Malta. Dilihat dari sisa-sisa peninggalan di dalam goa membuktikan bahwa para penghuninya telah mempunyai pengetahaun tertentu selama beribu-ribu tahun tinggal di dalam goa.

13. Kuil Ggantija dibangun sebelum pembangunan pidamida di Mesir.

14. Goa Calypso katanya menjadi tempat Homer menulis karyanya, Odyssey.
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui

15. Tahukah kamu bahwa penduduk muslim di Malta pada tahun 1249 pernah dipaksa oleh raja Romawi Suci, Frederick II, untuk keluar dari Malta atau murtad dan pindah menjadi orang Kristen.

16. Bangsa Arab pernah menguasai Malta kurang lebih selama dua abad. Warisan undang-undang Malta masih mengandung elemen Arab.

17. Menurut Kitab Bible, kapal St. Paul karam di Malta dalam perjalanan ke Roma membawa ajaran Kristen ke Malta.
18.Ksatria St. John dari Yerusalem (The Knights of St. John of Jerusalem) yang juga ditunjuk sebagai Knight of Malta diberikan kekuasaan atas Malta pada tahun 1530 oleh Charles V dari Spanyol dan meninggalkan tanda di pulau tersebut sampai menyerah kepada Napoleon pada tahun 1798. Knights of Malta terkenal karena berhasil mempertahankan Malta dari serangan Ottoman selama Pengepungan Besar-besaran (The Great Siege) pada tahun 1565. Delapan ujung palang Salib sering dihubungkan dengan Knights of Malta yang kemudian terkenal dengan nama Salib Malta (Maltese Cross).
19. Raja George VI menganugerahi Salib George kepada Malta pada tahun 1942 karena keberaniannya pada Perang Dunia II.

20. Mosta Dome adalah salah satu gereja paling besar di Malta (berada di kampung Mosta), yang terkenal karena atapnya berbentuk kubah, dan merupakan kubah gereja tanpa penyangga terbesar di Eropa. Pada Perang Dunia II, secara ajaib, gereja ini bertahan saat dibom oleh pasukan Jerman pada 9 April 1942. Replika bom dipajang di belakang gereja.

21. Salah satu karya masterpis Caravaggio, Pemenggalan St. John, bisa dilihat di Katedral St. John di Valetta.

22. Di Malta ada Pohon Yesus. Menurut kepercayaan, pohon ini bermetamorfosa selama ribuan tahun sehingga membentuk Yesus disalib.

23. Pada tahun 1960-an, penduduk lokal menemukan gang atau terusan rahasia di salah satu gereja tertua di Malta, yaitu gereja St. Gregory. Di dalamnya ditemukan sepatu kayu, salib kayu kecil, tiga uang koin, pecahan barang tembikar, basu besi, dan banyak tulang manusia. 24. Vittoriosa (Birgul) adalah salah satu kota yang hancur selama perang dunia II, namun ada bagian yang tidak rusak, yaitu Fort St. Angelo.
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui

25. Bahasa resmi Malta adalah bahasa Malta yang mirip bahasa Arab dan pada beberapa kata terdengar asing pengucapannya.

26. Di Malta ada 365 gereja, sama dengan jumlah hari dalam setahun.

27. Di pantai Pulau St. Paul terdapat patung Yesus yang berada 3 meter di bawah laut.
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui

28. Orang Malta suka perayaan agama. Malta mengadakan 75 festival desa lokal antara bulan Juni dan September untuk menghormati santa pelindung kota tersebut dengan perayaan keagamaan.

29. Malta pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi selama 72 tahun.

30. Malta pernah menjadi negara jajahan Inggris selama 150 tahun. Selama waktu itu Malta dijadikan sebagai pangkalan kapal selam bagi angkatan laut Inggris. Inggris juga melancarkan serangan ke angkatan laut Italia melalui pangkalan tersebut. Naasnya, Malta juga dibombardir oleh angkatan udara Italia dan Herman

31. Pemimpin militer dan pilitik Perancis, Napoleon Bonaparte, yang dianggap sebagai salah satu komandan tentara terbesar dalam sejarah, juga mencaplok Malta saat dalam perjalanannya ke Mesir selama Perang Revolusi Perancis pada tahun 1798.

32. Selama Perang Dunia I, Malta dikenal sebagai “Suster Mediterania karena sebagai besar tentara yang terluka dipusatkan dan dirawat di sana.

33. Tanggal 8 September adalah Hari Kemerdekaan bagi rakyat Malta. Hari tersebut menandai tiga peristiwa penting, yaitu lahirnya Ratu Malta, berakhirnya Pengepungan Besar tahun 1565, dan hari dimana angkatan laut Italia menyerah kepada Inggris dalam Perang Dunia II.

34. Malta termasuk dalam salah satu negara paling kecil di dunia dan paling jarak penduduknya.

35. Malta menjadi tempat pembuatan film-film Hollywood terkenal, seperti film GladiatorTroyCaptain Phillips, dan Game of Thrones.
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui
Fakta Malta Yang Jarang Diketahui
36. Film pertama yang dibuat di Malta adalah Sons of the Sea, yang dibuat pada tahun 1925. Sejak saat itu ada lebih dari 100 film yang dibuat di sana.
37. Kampung turis Sweethaven di Malta awalnya dibuat untuk film Poeye pada tahun 1980.
38. Istana Verdala peninggalan abad 16 sekarang menjadi tempat tinggal presiden pada musim panas. Tempat ini tertutup untuk umum kecuali pada Pesta Bulan Agustus (the Ball of the August Moon Party), yang diadakan pada tanggal 3 Agustus.
 
Itulah beberapa fakta dari banyak nya fakta yang lain dari negara bernama Malta
 
Sumber
http://www.semestafakta.com
0
3.3K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.