Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizkyabg79Avatar border
TS
rizkyabg79
Jokowi tawarkan Indonesia jadi tuan rumah pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump
Jokowi tawarkan Indonesia jadi tuan rumah pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berencana bertemu pada akhir Mei atau awal Juni mendatang. Menanggapi niatan tatap muka dua pemimpin negara tersebut, Presiden Joko Widodo menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan.


Tawaran ini disampaikan Jokowi saat menerima kedatangan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Utara untuk Indonesia, An Kwang Il.

"Kami menawarkan apabila ada yang rencana pertemuan antara Presiden Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump untuk bisa dilaksanakan di Indonesia kami juga tawarkan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4/2018).

"Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah pertemuan-pertemuan itu," sambung dia.

Namun, Jokowi mengaku belum mendapat jawaban dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Utara untuk Indonesia, An Kwang Il dalam pertemuan tadi. Menurut Jokowi, An Kwang akan menyampaikan tawaran itu ke Kim Jong Un.

"Ya belum. Beliau masih menyampaikan ke sana terlebih dulu," ungkap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga belum mendapat penjelasan mengenai tindak lanjut dari pertemuan bersejarah Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Ia menegaskan, Indonesia mendukung penuh agar proses itu berlanjut ke dalam sebuah kesepakatan-kesepakatan yang bisa berdampak pada perdamaian di kawasan Asia dan seluruh dunia.

"Dan, beliau tadi menceritakan akan ada proses tindak lanjut dari pertemuan kedua Presiden baik nantinya pertukaran keluarga yang terpisah dan kemudian juga proses dalam pembangunan kantor untuk penghubung komunikasi dari Korsel dan Korut," terang mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, Pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara menggelar pertemuan pada Jumat, 27 April 2018. Kim Jong Un tercatat menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang datang ke Korea Selatan setelah lebih dari 50 tahun berlalu.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menyambut kedatangan Kim Jong Un di Garis Demarkasi Militer atau Demilitarized Zone (DMZ). Keduanya bergandengan tangan saat berjalan di karpet merah menuju Peace House atau Gedung Perdamaian di Panmunjom, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.


Liputan6.com

Spoiler for :
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
956
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.