abee.Avatar border
TS
abee.
Jangan Salah, Hal Sepele Ini Bisa Bikin Motor Agan Jadi Boros!


Mau motor matic, motor gede ataupun motor bebek pasti kita pengen agar bahan bakarnya lebih irit. Karena dengan keiritan bahan bakar itu tandanya budget kita akan lebih hemat.


Udah gak bisa dipungkirin lagi, keberadaan motor hingga saat ini masih jadi eksis di berbagai kalangan. Motor semakin menjadi kendaraan favorit bagi banyak orang. Gak cuma punya fitur yang semakin canggih, harga juga bisa dibilang cukup terjangkau, setuju ga Bro?


Mudah digunakan untuk berbagai kalangan juga jadi pertimbangan motor jadi pilihan bagi banyak orang. Tapi jangan lupa Bro, mau apapun motor yang lo gunakan pastinya lo selalu pengen bahan bakarnya tetap irit. Karena gak cuma ngehemat budget, tapi itu juga ngejaga mesin motornya tetap awet.


Karena ketika motor lo sering boros, bukan hanya ada masalah yang terjadi pada salah satu bagian mesin di motor lo, tapi itu juga ngebuat performanya jadi gak maksimal dan pastinya bikin lo ga nyaman Bro. 


Sebenarnya motor yang boros bisa disebabkan beberapa hal sepele yang kita lupakan. Nah disini ane mau sharing sedikit apa aja hal sepele itu yang bisa bikin motor jadi boros. Ada apa aja sih? Cekidot dulu deh Bro emoticon-Big Grin




1. Saringan Udara Kotor 


Bagian dalam mesin motor ini adalah hal sepele yang bisa menyebabkan mesin motor jadi cepet. Dan bagian itu adalah filter/saringan udara motor. Fungsi utama dari saringan udara adalah untuk menangkap debu dari udara luar, sehingga debu maupun kotoran enggak ikut masuk ke ruang bakar.

 

Otomatis, kalo saringan udara udah kotor bisa bikin aliran udara jadi tersumbat dan pastinya bakal mengakibatkan campuran bensin dan udara yang dibakar busi menjadi tidak sempurna. Dan ketika pembakaran udah gak sempurna, pastinya tarikan motor jadi berasa gak enteng kaya biasanya, Bro.


Kalo lo mau tahu cara merawat saringan udara, utamanya ditentuin dari jenisnya yang ada, yaitu kering dan basah. Untuk saringan udara motor tipe kering tinggal dibersihkan aja tiap 5000km dan buat yang basah memang harus diganti di rentang pemakaian 10.000km




2. Tekanan Ban Angin Kurang


Kalo lo pengendara motor, pastinya pernah kan ngerasain yang namanya motor kempes, ngebetein banget kan? Nah siapa sangka hal sepele ini juga bisa menyebabkan motor yang lo gunakan jadi cepat boros. Ketika tekanan ban angin udah mulai berkurang, biasanya lo bisa ngerasain beberapa tanda Bro.

 

Mulai dari tenaga motor yang agak ga stabil, ban yang udah mulai kelihatan makin kempes sampe tarikannya yang berasa kurang okey. Dan pastinya motor lo akan terasa lebih berat, hal ini lah yang bikin mesin motor jadi cepat boros. Untuk ngatasin, lo bisa mulai dari rajin cek mengisi angin.


Biasanya sih waktu yang pas untuk menjaga tekanan angin ban tetap terisi dengan baik, ban lo harus selalu di cek setiap 2 minggu sekali alias jangan menunggu sampai ban motor kempes. Pokoknya ketika lo udah ngerasain motor ga stabil, coba cek keadaan bannya terlebih dahulu Bro.




3. Settingan karbu yang kurang tepat


Penyebab sepele lainnya yang bisa bensin motor cepat boros adalah settingan karbu pada motor yang kurang tepat. Karburator adalah komponen dalam mesin yang mencampur udara dan bensin menjadi satu. Pada karburator motor sendiri, terdapat dua buah sekrup yakni sekrup pengatur angin dan pengatur idle RPM.


Pemasangan dua buah sekrup tersebut harus benar-benar sesuai dengan settingan dari pabriknya Bro. Jika posisinya nggak tepat, pastinya bakalan sangat berpengaruh pada turunnya performa, dan borosnya bahan bakar. Settingan yang kurang tepat juga akan menghambat kuantitas angin yang melewati venturi karburator.

 

Mau tahu cara ngeceknya? Lo bisa memutar sekrup pengatur angin pada level maximal dan idle RPM pada level minimal atau pergi ke bengkel resmi motor untuk di cek oleh tenaga yang ahli. Perbandingan setelan ini akan membawa peforma mesin yang irit namun juga tidak mudah mati.




4. Tidak Rutin Mengganti Oli


Hal sepele yang juga bisa ngebuat motor adalah tidak rutin mengganti oli. Oli atau cairan pelumas ini adalah komponen penting yang mempunyai fungsi yang beragam, mulai dari memastika mesin motor bukan hanya tetap terjaga dengan awet, tapi juga irit dalam segi pengunaan bahan bakarnya, Bro.

 

Walaupun dalam praktiknya Bro, banyak sekali dari kita yang masih menyepelekan pengganti oli secara rutin. Biasanya oli diganti jika memang motor udah sampai benar-benar mogok, padahal ini bahaya buat daya tahan mesin motor lo Bro. Utamanya, ganti oli secara rutin setiap melewati perjalanan 3.000km.


Tapi, itu semua pada dasarnya tergantung pada cara pemakaian dari motor lo sendiri Bro. Kalo lo sering ngegunainnya untuk touring, usahakan ganti oli sebelum mencapai 3.000km. Lo juga harus cermat dalam memilih oli, karena kalo oli gak panas bukan hanya mesin jadi boros tapi juga cepet panas.


Kalo ane sih karena pake motor matic, biasanya ngegunain Eni Oil (dulunya disebut Agip), karena manfaatnya udah kerasa banget.  Triple Action Plusnya ngebuat tarikan motor tetap enteng, mesin motor jadi gak cepat panas, dan pastinya bahan bakar juga tetap irit saat berkendara.




Nah, 4 hal diatas adalah beberapa hal sepele yang bikin mesin motor jadi boros. Kira-kira ada hal lainnya gak nih? Ayo dah share di komen, Bro!

0
1.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.