Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

travelaroundAvatar border
TS
travelaround
Belum Punya Tiket Mudik Gan? Nih Ane Kasih Tau Tipsnya
"Cuti bersama 2018 jadi libur terbanyak sepanjang sejarah RI"
Alhamdulillah, cuti bersama lebaran tahun ini panjang banget. Sumpeh ane happy banget pas baca beritanya.

emoticon-Ultahemoticon-Ultah

Lebaran, buat ane, selalu jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Bisa kumpul sama keluarga besar, saling silaturahmi, dan pastinya bisa makan ketupat opor. Semua hal tentang rumah di kampung itu ngangenin banget; temen-temen waktu jaman bocah, tempat main waktu masih kecil, sampai main ke rumah temen deket rumah.

Ngomong-ngomong kampung, apa sih persiapan mudik lebaran agan?


Foto: UangTeman

Buat ane, selain nyiapin mental (dan jawaban) saat ditanya "Kapan kimpoi?" nih gan, satu hal yang harus disiapin ya tiket mudiknya. Apalagi libur panjang, jadi pasti orang-orang berebutan nih buat beli tiket mudik.

Tiap tahun, ane mudik ke Purwodadi, Jawa Tengah dan ane males banget jalur darat soalnya biasanya kan macet banget emoticon-Frown Jadilah ane berburu tiket pesawat. Nih ane kasih tau tips dan triknya buat nyari tiket pesawat mudik:

1. Beli tiket jauh-jauh hari, terus pantau harga tiket di tiap tanggal yang kira-kira agan bisa berangkat. Saran ane, agan siapin dulu beberapa alternatif tanggal, kalo perlu nambah cuti aja biar makin puas mudiknya.

2. Biasanya destinasi kota-kota utama itu harganya lebih mahal, kayak Yogyakarta, Surabaya, Padang. Coba deh cari rute alternatif misalnya buat agan yang mau ke Jogja, coba deh beli tiket pesawat ke Semarang dulu, harganya bisa lebih murah. Baru abis itu disambung naik bus/ travel ke Jogja. Jadi lebih hemat.

3. Pantau berbagai promo, biasanya kan suka ada aja tuh potongan harga. Atau diskon dengan pake kartu kredit tertentu, lumayan banget kan diskonnya buat beli kue lebaran.

4. Pantau harga tiket pesawat pake Wego gan, jadi agan bisa dapetin info harga semua tiket pesawat dari ratusan situs agen wisata, maskapai, dalam 1 tab aja. Nggak perlu buka banyak tab, nggak ribet dan nggak perlu pusing buat bandingin harga satu per satu website airlines. Jadi pas agan klik, agan bakalan langsung diarahin ke website yang ngasih harga paling murah. Istilahnya, Wego yang nyariin paling murah dan kita terima beres aja.

Nih ane abis nyari tiket ke Semarang gan, karena buat ke Purwodadi ane harus ke Semarang dulu dan lanjut naik bus. Ane bikin filternya itu yang flight Langsung, terus ane atur harganya maksimal Rp1,5 juta soalnya budget ane cuma segitu, dan jenis pembayaran yang Refundable karena takut aja kalo tiba-tiba ada force majeure, jadi bisa direfund. Ane pergi tanggal 8 Juni siang, jadi ane ambil cuti tambahan sehari di tanggal 8 Juni dan pulang tanggal 19 Juni, jadi ada istirahat sehari di kosan sebelum masuk kerja tanggal 21 Juni.



Kalo berangkat tanggal 8, bisa hemat dibandingin besoknya yang udah lebih dari Rp1,5 juta, di luar budget ane gan. Jadi budget ane buat mudik cuma Rp1.394.000 aja!

5. Satu hal lagi nih gan, coba deh pilih jam keberangkatan malem atau flight pertama gitu. Jadi bisa dapet harga yang lebih murah (biasanya). Kalo berangkat pagi buta kan bisa tuh sekalian sahur gan.

Ohya Gan, karena dari tempat ane di Purwodadi ke bandara itu bisa 2 jam lebih, jadi ane ngajak keluarga inti ane buat nginep di Semarang pas tanggal 18-19 Juni. Kalo Lebaran kan sering macet, jadi daripada kejebak macet terus ketinggalan pesawat, jadi ane pesen kamar hotel deh. Sekalian ajak keluarga ane jalan-jalan di Semarang.



Ane sih rencananya mau booking Hotel Neo Candi Semarang abis gajian gan, soalnya ane liat di Wego sih harganya murah terus reviewnya udah Very Good, scorenya juga 81. Lumayan banget buat istirahat semalam karena siangnya mau jalan-jalan keliling Semarang kan. Bikin seneng ajak emak bapak ane nginep di hotel sekali-kali.

Bukan cuma mudik lebaran gan, buat agan yang nggak ngerayain lebaran, momen libur panjang ini jadi kesempatan yang paling oke buat agan pergi liburan. Kalo bosen ke luar kota, agan bisa cobain city tour di Jakarta, murah meriah dan pastinya jadi ngerasain Jakarta yang super sepi karena ditinggalin sama penghuninya. Ane pernah kayaknya 2 tahun lalu lebaran di Jakarta aja, ih kosong banget jalanannya.

Atau agan bosen banget nih kok libur panjang di kosan/ rumah doang?



Jalan-jalan ke luar negeri aja! Meski agan nggak ngerayain lebaran, tapi dapet THR kan? Nah pake aja duit THR buat jalan-jalan gan. Saran ane nih, agan bisa ke yang deket-deket aja, yang nggak perlu pake visa gan.

Saran ane: Jakarta-Kuala Lumpur-Phuket-Jakarta



Enaknya ngapain aja di sana?

Banyak! Buat yang pengen ngerasain suasana bulan puasa di luar negeri, coba aja dulu ke Malaysia. Meski masih serumpun, tapi ada beberapa hal yang berbeda loh. Selain bisa keliling kotanya, foto di Menara Kembar, keliling di Dataran Merdeka, agan bisa cobain banyak jajanan tradisional buka puasa yang nggak bisa kita temuin di sini. Di sana banyak banget bazaar Ramadan yang pastinya bakalan bikin wiskul di Malaysia berbeda dengan bulan-bulan biasanya.


Foto: Travel + Leisure

Dari Kuala Lumpur, kita cuss ke Phuket. Karena bulan Juni itu musim panas, jadi cocok banget nih buat berjemur di pinggir pantai dan pastinya hopping islands. Coba deh ikutan tur Phi Phi Islands, yang terkenal dengan James Bond Island-nya, siapa tau ketemu sama Bond girls kan jadi pulang-pulang bawa jodoh. Plus, harus banget ke Maya Bay yang jadi tempat syuting filmnya Leonardo Dicaprio, The Beach.

Udah ke Phuket, rasanya nggak lengkap kalo nggak snorkeling atau diving buat agan yang udah punya license-nya. Ada banyak snorkeling spots di mana kita bisa lihat ikan dan koral warna warni. Ditambah air laut yang biru, pantai yang bersih dengan pasir putihnya yang menggoda banget itu.

Gimana caranya ke situ? Budget tiketnya berapa?

Ane nyaranin agan ke KL dan Phuket karena biaya hidup di sana nggak tinggi gan, standar lah kayak di Jakarta. Siapa bilang jalan-jalan 2 negara harus mahal? Nggak!

Pertama, agan cari dulu tiket pesawatnya buat ke sana, cari tiket yang murah dan pas sama jadwal kita gan. Terus, cari penginepan dan moda transportasi buat keliling di sana. Banyak juga loh hostel murah di sana, jadi meski fancy tapi tetep hemat budget.

1. Beli tiket PP Jakarta-KL => Enaknya beli tiket langsung PP gan, ane pilih tanggal 8 Juni soalnya harganya lebih murah di tanggal itu. Pulangnya tanggal 15 Juni pas lebaran, jadi pas 1 minggu. Ane pilih flight pagi terus pulangnya malem dan pake Malindo. Lumayan kan hemat soalnya udah dapet bagasi dan makan, harganya juga nggak terlalu mahal untuk ukuran libur panjang. Langsung buka Wego.co.id atau download appsnya ya gan, ini harga yang ane dapet:



2. Lanjut beli tiket KL-Phuket => Ane juga cari tiketnya di Wego.co.id gan, gampang banget deh langsung keluar semua harga tiketnya. Dari KL ke Phuket, ane pilih yang berangkat jam 7.20 dan pulangnya yang jam 7.55. Sampe KL jam 10.25, masih bisa keliling city center sambil nunggu flight pulang ke Jakarta malemnya.



Jadi totalnya, JKT-KL PP 8 -15 Juni Rp1.321.000 dan KL-Phuket PP 11-15 Juni Rp1.175.000 = Rp2.496.000 (udah dapet ke Malaysia dan Thailand!)

Makanya nggak usah ragu buat cari tiket pesawat TERMURAH di Wego gan! Ane udah ngebuktiin emoticon-Cool

Udah deh gan nggak perlu galau lagi, mau mudik lebaran atau liburan di libur cuti bersama tahun ini, semuanya jadi lebih mudah dengan ada Wego. Budget tetep hemat, tapi pengalaman harus tetap memorable dong. YOLO!
0
8.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.