Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

q4billAvatar border
TS
q4bill
Terlalu Vulgar Buruh Minta Jatah Menteri ke Prabowo
Pengamat Ini Bilang, Terlalu Vulgar Buruh Minta Jatah Menteri ke 08

SELASA, 01 MAY 2018 22:14


Terlalu Vulgar Buruh Minta Jatah Menteri ke Prabowo

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat hadir di acara deklarasi dukungan pencapresan oleh KSPI di Senayan. (Fredrik/JawaPos)


JawaPos.com - Permintaan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang sudah meminta jatah menteri ketanagakerjaan (menaker) pada deklarasi dukungan pada Prabowo dinilai terlalu vulgar. Itu diungkapkan Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin.



Menurut Ujang, pesta demokrasi yakni Pilpres dinilai masih cukup lama, satu tahun lagi. Sehingga tidak etis meminta jatah menteri dalam dukungan ke Prabowo Subianto yang identik dengan sebutan 08.




"Buruh memang menjadi kekuatan politik di mana pun. Tidak hanya di Indonesia. Tapi, kalau melakukan permintaan sekarang kurang tepat, dan terlalu vulgar. Kalau hanya mendukung ya sah-sah saja," ujar Ujang saat dihubungi, Selasa (1/5).




Lebih lanjut, Ujang juga menturkan, jika dibandingkan pemilu sebelumnya, Partai Nasdem juga memiliki permintaan untuk posisi tertentu. Namun, Nasdem tidak memperlihatkannya di muka umum. 




"Meskipun ada kepentingan tapi seakan tanpa syarat dukungannya. Main cantiklah," kata Ujang.


Menurut Ujang, jabatan menteri tidak hanya didapatkan dari perjanjian politik antara KSPI dengan presiden terpilih nantinya. Karena untuk menjadi pembantu presiden membutuhkan kemampuan yang mumpuni dari si pemangku jabatan.




"Ya belum tentu kapabel dalam menempati jabatan itu. Takaran ketua buruh dan jabatan kan berbeda. Nanti semua bisa klaim. Punya keinginan boleh tapi liat konteks demokrasi," pungkasnya.




Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan, memang sudah lazimya adanya kontrak politik itu‎, dan buruh perlu dilibatkan dalam pemerintahan. Misalnya diberikan jabatan menteri tenaga kerja (menaker).




"Jadi jika rakyat memilih (Prabowo) menjadi pr‎esiden, maka menteri tenaga kerja berasa dari serikat buruh," ujar Said usai deklarasi dukungan ke Prabowo Subianto sebagai capres di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (1/4).




Menurut Said, ini bukan persoalan etis atau tidak. Karena memang di luar negeri saja, apabila ada kontrak politik dengan buruh. Maka orang yang menjadi bagian dari buruh diberikan jabatan menteri. "Jadi itu lazim di Amerika dan Jerman," katanya.




Said menambahkan, Prabowo Subianto juga tidak mempermasalahkan menteri tenaga kerja nanti dari buruh. Bahkan dia mempertimbangkan pegurus PGRI dan juga menteri pendidikan berasal dari buruh. 


https://www.jawapos.com/read/2018/05/01/209001/pengamat-ini-bilang-terlalu-vulgar-buruh-minta-jatah-menteri-ke-08

Hari Buruh, 3 Tuntutan KSPI dan Dukungan untuk Prabowo Subianto

Selasa, 1 Mei 2018 08:41 WIB

Terlalu Vulgar Buruh Minta Jatah Menteri ke Prabowo
Buruh yang tergabung dari berbagai serikat pekerja menggelar aksi peringatan Hari Buruh Internasional di depan Kantor Gubernur Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, 1 Mei 2017. Dalam aksinya mereka meminta pemerintah meningkatkan kesejahteraan para kaum buruh dan menolak sistem kerja alih daya (outsourcing). ANTARA FOTO

TEMPO.CO, Jakarta - Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan ikut memperingati Hari Buruh Internasional alias May Day, 1 Mei 2018. Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan ada tiga tuntutan buruh yang dinamakan Tritura Plus.

"Tuntutan yang akan disuarakan kaum buruh dalam aksi May Day adalah Tritura Plus, yaitu tiga tuntutan buruh dan rakyat," ucap Said dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo pada Senin malam, 30 April 2018.


Baca: KSPI: Prabowo Akan Hadiri Deklarasi Capres oleh Buruh


Pertama, ujar Said, menuntut pemerintah menurunkan harga beras dan bahan bakar minyak serta tarif listrik. Tujuannya, membangun ketahanan pangan dan energi.


Kedua, menolak upah murah. KSPI meminta Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dicabut. "Jadikan KHL (kebutuhan hidup layak) 84 item," tutur Said.


Baca: KSPI Usul Rizal Ramli Jadi Cawapres Prabowo Subianto


Tuntutan ketiga adalah penolakan terhadap tenaga kerja asing (TKA) buruh kasar asal Cina. KSPI menginginkan pencabutan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. "Tambahannya adalah hapus outsourcing dan pilih presiden RI 2019 yang proburuh," katanya.


Sebanyak 150 ribu buruh dari Jabodetabek, Serang, Karawang, dan Purwakarta akan berunjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Unjuk rasa itu dalam rangka merayakan May Day 2018 dan menyampaikan Tritura Plus. Titik kumpul massa ada di patung kuda Indosat pukul 10.00 WIB.


Peringatan Hari Buruh 2018 sekaligus menjadi ajang deklarasi calon presiden 2019-2024 yang didukung buruh. Karena itu, massa KSPI akan bergerak ke Istora Senayan pukul 13.00 WIB untuk mengumumkan capres 2019 pilihan buruh, yakni Prabowo Subianto.

https://nasional.tempo.co/read/1084623/hari-buruh-3-tuntutan-kspi-dan-dukungan-untuk-prabowo-subianto?PilihanUtama&campaign=PilihanUtama_Click_1

May Day, ICMI : Buruh Jangan Mau Ditunggangi Kepentingan Politik

Selasa, 1 Mei 2018 23:37 WIB

Terlalu Vulgar Buruh Minta Jatah Menteri ke Prabowo
Hari Buruh Internasional atau yang dikenal dengan May Day yang jatuh pada 1 Mei tidak hanya dirayakan dengan aksi penggalangan massa dan orasi. MARIA FRANSISCA

TEMPO.CO, Jakarta - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menyerukan agar  buruh harus menjadikan peringatan May Day sebagai momentum mawasdiri. Sikap ini perlu untuk memperbaiki kualitas bekerja ke depan.

"Bagaimana bekerja lebih sungguh- sungguh, lebih profesional, lebih berkualitas, semakin bagus hubungan dengan perusahaan, industri, lembaga dimana masing -masing bekerja," ujar Sekretaris Jenderal ICMI Mohammad Jafar Hafsah dalam keterangan tertulisnya, Selasa 1 Mei 2018.


Pada peringatan Hari Buruh 1 Mei 2018, Jafar meminta kalangan buruh untuk tetap idealis dengan tugas profesinya. Terutama dalam keorganisasianya untuk memperjuangkan hak-hak serta kesejahteraan buruh."Buruh dan organisasinya harus menjaga profesionalitas, jangan sampai terjebak dalam dinamika politik praktis," ujar.


Menurut Jafar, perjuangan buruh akan pudar jika pergerakan buruh sudah ditunggangi oleh kepentingan politik praktis. Indonesia adalah negara yang mempunyai jumlah penduduk berstatus buruh yang cukup tinggi. Dalam peringatan May Day ini ia berharap pemerintah harus lebih memperhatikan kesejahteraan rakyat, dengan mengontrol perusahaan, industri dan lembaga usaha lainnya dalam memperlakukan buruh dengan baik.

https://nasional.tempo.co/read/1084863/may-day-icmi-buruh-jangan-mau-ditunggangi-kepentingan-politik?BeritaUtama&campaign=BeritaUtama_Click_1

KSPI Ajukan 10 Tuntutan saat Dukung Prabowo Jadi Capres

Selasa, 1 Mei 2018 18:56 WIB

Terlalu Vulgar Buruh Minta Jatah Menteri ke Prabowo
Ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden KSPI Said Iqbal menunjukkan kontrak politik yang sudah ditanda tangani saat menghadiri aksi May Day di Istora Senayan, Jakarta, 1 Mei 2018. Prabowo menyetujui dan menandatangani 10 tuntutan dari KSPI. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menandatangani kontrak politik yang diajukan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia. Kelompok buruh yang dipimpin Said Iqbal itu mengajukan sepuluh tuntutan yang dinamakan Sepultura atau Sepuluh Tuntutan Buruh dan Rakyat.

"Perjanjian apabila saya terpilih sebagai presiden, saya akan menjalankan kebijakan yang mensejahterakan rakyat dan kaum buruh. Mereka menyampaikan sepuluh tuntutan," kata Prabowo di hadapan puluhan ribu anggota KSPI di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Mei 2018.


Baca: Hari Buruh, KSPI Deklarasi Dukungan kepada Prabowo sebagai Capres


Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, hanya Prabowo yang berkomitmen menjalankan 10 tuntutan buruh dan rakyat atau disebut Sepultura. "Karena itu, buruh KSPI secara bulat akan memberikan dukungan kepada beliau menjadi presiden periode 2019-2024," kata Said.


Keputusan itu diambil dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KSPI di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat pada 28-29 April 2018. Dalam rapat itu, perwakilan pimpinan federasi serikat pekerja yang berafiliasi KSPI serta peserta Rakernas menyampaikan pandangannya mengenai figur calon presiden 2019 yang didukung KSPI.


Adapun sepuluh tuntutan KSPI yang sepakat untuk dipenuhi oleh Prabowo apabila resmi terpilih menjadi presiden antara lain:

  1. Meningkatkan daya beli pekerja buruh dan masyarakat serta meningkatkan upah minimum pekerja buruh dan masyarakat, dengan mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2016 dan menambah jumlah jenis barang dasar kebutuhan hidup layak (KHL) dari 60 KHL menjadi 84 KHL berdasarkan perundingan pemerintah, pengusaha, dan perwakilan pekerja.
  2. Merevisi PP Nomor 45 tahun 2015 tentang Program Penyelenggaraan Jaminan Pensiun berupa besaran iuran dan manfaat bulanan yang diterima buruh minimal 60 persen dari upah.
  3. Menjalankan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia berdasarkan sistem asuransi yang adil bagi buruh, honorer, dan masyarakat yang kurang mampu.
  4. Menghentikan perbudakan modern berkedok honorer, pemagangan, dan outsourcing.
  5. Menciptakan lapangan pekerjaan dan mencabut perpres Nomor 20 tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing yang merugikan buruh Indonesia.
  6. Mengangkat guru dan tenaga honorer menjadi aparatur sipil negara dan meningkatkan upah minimun bagi guru swasta, honorer, pendidikan anak usia dini, dan madrasah.
  7. Melaksanakan wajib belajar 12 tabun dan alokasi APBN untuk beasiswa anak pekerja buruh hingga perguruan tinggi bagi yang berbakat dan berprestasi.
  8. Menyediakan transportasi publik murah bagi buruh dan rakyat tidak mampu, serta memberikan kepastian hukum untuk kendaraan roda dua untuk jadi angkutan umum san menjamin hak berserikat bagi pengemudi ojek online yang menjadi mitranya, serta hak atas perjanjian kerja bersama.
  9. Menyiapkan perumahan murah bagi pekerja buruh dan rakyat tidak mampu dengan uang muka nol persen.
  10. Meningkatkan pendapatan pajak dan tax ratio melalui reformasi perpajakan yang berpihak kepada buruh dan rakyat tidak mampu, serta menjadikan koperasi badan usaha milik negara, daerah sebagai sumber penguatan ekonomi nasional. Serta memastikan bumi air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya bagi kemakmuran negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia.


https://nasional.tempo.co/read/10848...wo-jadi-capres

-------------------------------

Itu tuntunan ormas Buruh KSPI atawa tuntutan ambisinya Said Iqbal?
THINK!

emoticon-Wkwkwk
0
3.6K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.