nasbungdiehardAvatar border
TS
nasbungdiehard
Aksi Demo Depan UIN Ricuh, Pendemo Lari Tunggang Langgang Dikejar Warga
http://manado.tribunnews.com/amp/2018/05/01/aksi-demo-depan-uin-ricuh-pendemo-lari-tunggang-langgang-dikejar-warga

Aksi unjuk rasa yang berlangsung di Simpang UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta atau tepatnya di Jalan Laksda Adi Sucipto berakhir ricuh. Sebuah pos polisi dibakar massa.

Iyos (42), seorang driver ojek online di sekitar lokasi menuturkan massa mulai bersikap anarkis sebelum Maghrib. "Saya saat itu baru menurunkan penumpang, lalu saya lihat massa melempar-lempar pos polisi dengan bom molotov," ujar Iyos.

Iyos mengaku sempat memadamkan api yang menyala di pos polisi, namun massa kembali melempar pos tersebut dengan bom molotov. Iyos pun tersulut emosi. "Saya lalu mengejar mereka sampai ke area kampus UIN," jelas Iyos.

Sementara itu, Seno (50) warga Gowok menyaksikan langsung aksi kejar-kejaran antara warga dengan massa aksi unjuk rasa. Menurutnya, massa berpencar ke segala arah saat dikejar warga.

"Saya lihat mereka lari lalu masuk ke selokan di bawah jembatan. Ada yang masuk ke gang-gang juga," jelas Seno.

Iyos menyebut, massa aksi membawa atribut bendera berwarna merah. Mereka juga meneriakkan berbagai yel-yel. "Mereka teriak-teriak menyalahkan pemerintah," tutur Iyos.

Awalnya massa yang berasal dari berbagai elemen mahasiswa ini sebelumnya memblokir jalan dan membakar ban tepat di tengah jalan pertigaan lampu merah depan kampus UIN. Massa berjumlah ratusan orang. Tampak jumlah personel kepolisian tidak sebanding dengan jumlah massa.

Sekitar pukul 16.00 WIB bunyi letupan terdengar berulang kali. Pos polisi terlihat hangus terbakar. Arus lalu lintas di sekitar pertigaan UIN Sunan Kalijaga sempat mengalami kemacetan yang cukup parah, Selasa sore hingga petang. Kendaraan harus berjalan sangat pelan untuk dapat melewati pertigaan ini.

Bahkan jalan masuk menuju kampus UIN harus ditutup lantaran ada pengamanan kepolisian. Banyak coretan yang dilakukan para demonstran di tengah jalan, baliho bahkan pos pengamanan polisi.


Enam Orang Ditangkap

Aparat kepolisian telah menangkap 6 orang yang diduga sebagai provokator dalam aksi yang berakhir ricuh di Simpang Tiga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. "Sementara sudah ada 6 orang yang diduga menjadi provokator, dan saat ini sudah kami amankan," ujar Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dhofiri.


Kapolda juga menuturkan bahwa aksi tersebut diketahui tak mengantongi izin resmi.


Ditambahkannya, dalam aksi demo yang terjadi pada sore tadi, sejumlah massa disebut membawa tongkat besi, bahkan ada yang membawa bom molotov. "Sementara tidak ada korban luka dalam kejadian ini," kata Kapolda.

Polisi sempat melakukan penyisiran di dalam kampus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta terkait aksi pembakaran pos polisi. Polisi bersenjata lengkap tersebut mencari pelaku pelempar bom molotov yang lari masuk ke dalam kampus.(*)


Dimana-mana buat rusuh emoticon-fuck
Dimana-mana barbar emoticon-fuck
0
3K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.