Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

FaizalamAvatar border
TS
Faizalam
Kekuatan Tiga Kapal Selam, Kemhan dan Pertahanan Negara
Kapal Selam ini menjadi kebanggan dan merupakan kapal selam yang akan memperkuat NKRI. Kapal selam buatan Korea Selatan yang diberi nama KRI Ardadedali–404 resmi memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut. Tentunya kita berbangga bilamana kapal selam ini akan memperkuat wilayah NKRI dan pertahanan negara.

Bilamana ada tiga kapal selam tentunya itu akan memperkokoh pertahanan di Indonesia. Saya yakin dengan adanya penambahan kapal selam di Indonesia akan semakin memperkuat alutsista nasional.

Pengadaan kapal selam oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) itu sesuai dengan rencana Minimum Essential Force (MEF) TNI yang telah ditetapkan dari tiga kapal selam yang dipesan Indonesia dari Korea. Sehingga saat ini TNI AL telah memilki lima kapal selam yang akan memperkuat sistem pertahanan negara, sekaligus memberikan efek gentar yang tinggi di kawasan.

Seperti halnya di negara-negara lain, kemampuan dalam Industri Pertahanan menjadi salah satu indikator kemajuan suatu bangsa. Demikian dikatakan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu, saat meresmikan KRI Ardadedali – 404 dan memberi nama kapal selam di Daewoo Shipbulding and Marine Engineeering Co, Ltd (DSME), Okpo, Korea Selatan, Rabu (25/4/18).

Nama Ardadedali diambil dari salah satu nama senjata panah yang dimiliki oleh Arjuna. Raden Arjuna dikenal sebagai sang Pandawa yang menawan parasnya dan lemah lembut budinya. Bentuk ujung anak panah pusaka andalan ini seperti burung dan memiliki jiwa yaitu Ardadedali. Anak panah Ardadedali merupakan senjata yang dahsyat yang dapat melumpuhkan musuhnya di medan pertempuran besar.

Sebutan Ardadedali pada Kapal Selam TNI AL diharapkan akan memberikan makna yang mendalam. Dengan penuh keyakinan bahwa KRI Ardadedali–404 akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, melindungi kehormatan serta keselamatan bangsa dan menegakkan hukum di perairan Indonesia.

Kepada Kepala Staf TNI AL beserta staf dan seluruh prajurit, Menhan Ryamizard. berharap untuk merawat dan memelihara alutsista ini dengan sebaik-baiknya agar KRI ini memiliki usia pakai yang optimal serta dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi seluruh awak kapalnya.
Sebab, kata Menhan, hal ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban peemrintah kepada rakyat Indonesia yang telah menghadiahkan TNI AL Alutsista yang sangat membanggakan ini.

Sedangkan kepada Komandan KRI Ardadedali–404 Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu yang turut dikukuhkan dalam Peresmian tersebut serta seluruh prajurit pengawak, Menhan berpesan untuk memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan Wajib TNI.

Sebagai prajurit TNI, lanjut Menhan, harus memiliki sikap tanggap, tanggon dan trengginas serta mempunyai komitmen yang tinggi untuk mewujudkan “Angkatan Laut Berkelas Dunia”.

Kapal selam KRI Ardadedali-404 diperkirakan akan sampai di Pangkalan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Surabaya sekitar 20 hari sejak diresmikan hari ini yang diberangkatkan dari Korea Selatan


Linknya : http://m.tribunnews.com/amp/tribunners/2018/04/26/kapal-selam-kri-ardadedali-404-alutsista-terbaru-tni-al
0
957
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.