Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kongkohAvatar border
TS
kongkoh
Semut dan Konsleting Listrik
emoticon-I Love Indonesia (S)Semut dan Konsleting Listrikemoticon-I Love Indonesia (S)

Beberapa hari yang lalu ada kejadian yang menurut ane agak menakutkan (tapi bukan kejadian bertemu dengan hantuemoticon-Ngakak) terjadi konsleting listrik dirumah ane tepatnya konsleting tersebut ada pada saklar yang ada di bagian dapur rumah ane. kronologi kejadiannya sebagi berikut:
ketika ane mo nyalain lampu, ya seperti biasa tekan saklar on, namun ane sedikit kaget karena terdengar seperti ada bunyi krek,,,krek,,krek pada saklar berdasarkan pengalaman ane bunyi itu biasanya muncul karena ada loncatan api pada sambungan pendek arus listrik, lalu ane coba buka saklarnya dan disekitar saklar terlihat banyak semua tapi ane merasa karena didapur jadi itu hal yang wajar, setelah ane buka saklarnya terlihat didalam tempat saklar ada tumpukan butiran pasir yang banyak semutnya tanpa curiga ane bersihkan tumpukan pasirnya dan sekaligus membersikan semutnya dengan menyemprotkan obat nyamuk cair tapi harus hati-hati jangan sampai kena saklarnya. setelah semuanya bersih lalu ane cek kabel pada saklar dan ternya tidak ada kabel yang lepas ataupun yang longgar smuanya dalam kondisi yang baik. setlah dicek semua tidaka dan dibersihkan lalu ane pasang kembali saklarnya dan alhamdulillah tidak ada lagi bunyi krek....krek....krek yang ane duga adanya loncatan listrik arus pendek. setelah selesai semua ane menduga bahwa semut bisa memicu terjadinya konsleting listrik. untuk memperkuat dugaan ane, akhirnya ane putuskan untuk brousing di google dan menemukan artikel yang dapat mendukung hipotesis ane yaitu semut dapat memicu terjadinya konsleting listrik. berikut ini berberapa artikel yang ane temukan terkait semut dan konsleting listrik:

Inilah Semut Penyebab Konsleting Listrik

Para ilmuwan berhasil melakukan identifikasi terhadap semut yang dapat menyebabkan konsleting listrik pada rumah. Para ilmuwan menyebut semut penyebab konsleting listrik dengan nama rasberry crazy.
Semut Rasberry diketahui suka hidup di sekitar kabel listrik dan merusak kabel listrik. Sehingga memicu konsleting listrik pada rumah. Semut Rasberry pertama kali ditemukan di Houston. Kini, semut ini juga ditemukan di 21 wilayah negara bagian Texas serta beberapa wilayah Missisipi dan Lousiana. Hewan ini berukuran sekitar 4-5 mm dan memiliki warna kemerahan.
Sebelumnya, para ilmuwan hanya berhasil mendeskripsikan hingga tingkat genus, yaitu genus Nylanderia. Karena hal itu, semut Rasberry hanya diberi nama berdasarkan penemunya yaitu Tom Rasberry.
Taksonom dari Towson University di Maryland bernama John lapolla mempelajari spesies semut tersebut dan berhasil mengidentifikasi semut tersebut.
Identifikasi berhasil dilakukan setelah membandingkan N. fulva dengan spesies lain di genus yang sama. LaPolla mengatakan, proses identifikasi cukup rumit karena N. fulva sangat mirip dengan spesies N. pudes. Ia kemudian mengetahui bahwa perbedaan keduanya ada pada alat kelamin jantannya.
Sumber : http://www.lintas.me/news/nasional/n...leting-listrik



Semut "Nakal" Penyebab Korsleting Diidentifikasi

Para biolog akhirnya berhasil mendeskripsikan semut rasberry crazy, jenis semut "nakal" yang suka hidup di sekitar kabel listrik dan berpotensi mengakibatkan korsleting.
Semut rasberry pertama kali ditemukan di Houston. Kini, semut ini juga ditemukan di 21 wilayah Negara Bagian Texas serta beberapa wilayah Missisipi dan Lousiana. Hewan ini berukuran sekitar 4-5 mm dan memiliki warna kemerahan.
Sebelumnya, biolog hanya berhasil mendeskripsikan hingga tingkat genus, yaitu genus Nylanderia. Karenanya, semut ini hanya diberi nama berdasarkan penemunya, Tom Rasberry.
Adalah John LaPolla, taksonom dari Towson University di Maryland, yang kemudian mempelajari spesies semut tersebut dan berhasil mengidentifikasi. Riset LaPolla dipublikasikan di jurnal PLoS ONE pada Rabu (19/9/2012). Spesies tersebut diberi nama Nylanderia fulva.
Identifikasi berhasil dilakukan setelah membandingkan N. fulva dengan spesies lain di genus yang sama. LaPolla mengatakan, proses identifikasi cukup rumit karena N. fulva sangat mirip dengan spesies N. pudes. Ia kemudian mengetahui bahwa perbedaan keduanya ada pada alat kelamin jantannya.
"Beberapa lelucon yang beredar di kalangan taksonom serangga adalah bahwa kita menghabiskan banyak waktu untuk mepelajari spesies ini. Dan jawabannya adalah karena kadang-kadang ada ciri yang membantu membedakan spesies tersebut," ungkap LaPolla.
Pemberian nama sangat penting. Penamaan membantu biolog mengetahui musuh alami semut itu sehingga bisa mengendalikannya. Semut rasberry yang berpotensi menimbulkan korsleting bisa mengganggu. Tahun 2008, Johnson Space Center di Houston harus memanggil ahli untuk membantu mencegah semut-semut tersebut bergerak menuju peralatan komputernya. Penamaan juga membantu ilmuwan memahami fungsi spesies dalam suatu habitat.
http://sains.kompas.com/read/2012/09...Diidentifikasi

Update : mencegah konsleting listrik yang disebabkan semut

Sering Saya jumpai saklar yang tidak berfungsi karena dijadikan sarang oleh semut, bila semut bersarang di sana maka konektor pada sistim mekanis yang berada di dalam saklar akan berada pada kondisi terhubung dan tidak terhubung karena badan semut menjadi konduktor(penghantar listrik), saat saklar dalam kondisi tersebut maka yang terjadi adalah terbakarnya semut tersebut dan lama kelamaan terbakar dengan sarang-sarangnya. Bila saklar di rumah anda tidak berfungsi dengan dengan baik cobalah dekati saklar tersebut bila terdengar bunyi aneh dan terc1um bau seperti ada sesuatu yang terbakar maka ada kemungkinan semut yang bersarang di dalam salar terbakar sehingga menggangu aktifitas mekanisme saklar maka cepatlah perbaiki saklar sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bila kondisi tersebut tidak sepat tertangani dikhawatirkan akan memicu api dan membakar lapisan terluar kabel.
sumber : http://perawatanrtdonto.blogspot.com...kebakaran.html

Tips Mengendalikan Semut:
1. celah atau retakan pada bangunan harus ditutup untuk mencegah semut masuk kedalam rumah. jika tidak menutup entery point, semut mungkin akan menemukan jalan mereka kerumah anda pada beberapa waktu kemudian
2. gosok sekitar titik masuk dengan detergen (untuk menghapus jejak feromon) dan semprot insektisida residual sekitar titik masuk
3. penggunaan umpan yang dilakukan oleh spesialis operator hama dapat digunakan untuk mengendalikan semut diluar sarang. biasanya agar umpannya efektif harus ditempatkan didaerah dimana semut sering lewat kemudian umpan dimakan dan dibawa kesarang. keberhasilan umpan mungkin memerlukan beberapa waktu
4. dengan semprotan insektisida yang dapat membunuh semut pekerja sebelum mereka kembali kesarang
sumber : http://insekta.co.id/category/tips

emoticon-I Love Indonesia (S)SEMOGA BERMANFAATemoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh kongkoh 02-04-2014 08:07
zharki
zharki memberi reputasi
1
47K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.