Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

crizkaalifahAvatar border
TS
crizkaalifah
WASPADA! Ternyata Patah Hati Bisa Berujung Kematian
Quote:


Ketika merasa sedih atau patah hati, biasanya orang merasa nyeri di bagian dada. Namun rasa sakit ini ternyata memiliki dampak yang nyata terhadap tubuh. Studi yang dilakukan Harvard University Medical School menyebutkan 'sindrom patah hati' ini bisa berujung pada kematian mendadak.
emoticon-Wowemoticon-Wow

Dilansir dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...ujung-kematian, sindrom patah hati, atau dikenal juga dengan sebutan takotsubo kardiompyopati, adalah fenomena ketika fungsi pompa jantung seorang individu menurun secara temporer karena tekanan emosional tertentu. Sindrom ini telah ditemukan sejak 1990, namun belum diketahui penyebabnya.

Quote:


Ketika hormon katekolamin ini meningkat secara tiba-tiba, bilik pompa jantung utama yakni ventrikel kiri, menjadi melemah. Selain itu, gejala-gejala yang ditunjukkan sindrom patah hati ini hampir sama persis dengan gejala serangan jantung, termasuk rasa nyeri di dada dan napas yang pendek.

Hal inilah yang membuat sindrom patah hati ini sulit untuk didiagnosa. Bedanya, pada sindrom patah hati, tidak ada bukti terjadi penyumbatan di arteri koroner.

Sering dialami perempuan


"Hal ini lebih sering terjadi dari yang diperkirakan, dan terjadi lebih sering pada perempuan dan orang tua," kata Harkin.

Quote:


Menurut data yang dirilis Harvard University Medical School, 90 persen kasus terjadi pada perempuan berusia 58 hingga 75 tahun. Selain itu, 5 persen perempuan yang ditangani di rumah sakit setelah mengalami serangan jantung juga memiliki sindrom ini.

Pada kebanyakan kasus, penderita sindrom patah hati ini biasanya sembuh dengan sendirinya. Jantung mereka akan kembali ke kondisi normal dalam beberapa minggu.

Quote:


Namun pada kasus-kasus yang parah, sindrom patah hati ini dapat menyebabkan kematian mendadak, dengan terjadinya gagal jantung pada 20 persen pasien. Sindrom ini juga dapat menimbulkan dampak negatif jangka panjang terhadap kesehatan jantung.

Quote:


Hati-hati ya agan dan sista, jangan terlalu larut dalam kepedihan

emoticon-Wowemoticon-Ngakakemoticon-Wakakaemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul

Diubah oleh crizkaalifah 27-04-2018 06:29
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.1K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.