Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Siap Menggoda Lidah Anda, Ini 9 Kuliner ngeHits Khas Lombok yang Wajib Banget Dicoba!

jerat.idAvatar border
TS
jerat.id
Siap Menggoda Lidah Anda, Ini 9 Kuliner ngeHits Khas Lombok yang Wajib Banget Dicoba!
Selamat pagi, siang & malam Sobat Jelajah Kuliner Rakyat Indonesia
emoticon-shakehandemoticon-Shakehand2 emoticon-shakehand

Pada kesempatan kali ini Jelajah Kuliner Rakyat Indonesia hadir kembali meramaikan jagad KASKUS untuk berbagi informasi tentang aneka jenis Kuliner (Makanan, Jajanan & Minuman) Asli Nusantara. emoticon-I Love Indonesia (S)

Nah,. pada thread kali ini akan mengulas tentang 9 Kuliner ngeHits Khas Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang siap Mengoda Lidah Anda dan sayang untuk dilewatkan jika anda sedang berlibur ke pulau yang dikenal dengan julukan "Pulau Seribu Masjid"  emoticon-Genit



Siapa yang tidak kepincut liburan ke Lombok? Pulau yang menjadi destinasi populer selain Pulau Bali ini memang menyimpan keindahan alam yang tak boleh dilewatkan. Suatu kebanggan dan kebahagiaan tersendiri jika berkesempatan mengunjungi pulau Lombok. Tidak cuma pantai-pantai dengan pasir putihnya yang patut dikunjungi, Anda juga wajib untuk mencicipi kuliner khas daerah saat berwisata ke Lombok. Nah, berikut ini beberapa kuliner khas Lombok yang siap menggoda lidah Anda.

9 Kuliner ngHITS Khas Lombok

  1. Ayam Taliwang


Ayam Taliwangmenjadi kuliner khas Lombok yang paling populer. Tak heran jika penjaja ayam taliwang pun semakin mudah dijumpai di setiap sudut Pulau Lombok. Kuliner ini menyimpan sejarah panjang sebelum menjadi masakan tradisional di Lombok. Sesuai dengan namanya, masakan ini berupa olahan ayam (biasanya ayam kampung utuh) yang sangat lezat dengan cita rasa pedas. Lombok sendiri memang sering menyajikan makanan dengan sensasi pedas yang khas. Rasa pedas pada ayam taliwang dihasilkan dari bumbu cabe merah kering yang dihaluskan. Biasanya ayam taliwang disajikan bersama plencingan kankung (ca kankung). Kelezatan ayam taliwang dijamin bisa membuat lidah Anda ketagihan.

  1. Ayam Rarang


Selain ayam taliwang, Lombok juga punya Ayam Rarangyang tak kalah populer akan kelezatannya. Buat Anda yang menyukai sensasi masakan pedas, ayam rarang ini patut dicoba karena memang dimasak 2 kali lebih pedas dibanding ayam taliwang. Ayam rarang merupakan masakan berupa olahan ayam yang digoreng kemudian dibalut dengan sambal cabe rawit pedas. Umumnya ayam rarang disajikan bersama kacang kedelai goreng, sayur bening dan ati-ampela goreng. Selain pedas, ayam rarang juga memiliki cita rasa gurih dan beraroma kemiri yang khas. Ayam rarang menggunakan ayam yang masih muda, sehingga daging ayam rarang cukup kenyal dan tidak alot.

  1. Nasi Balap Puyung


Nasi Balap Puyungmerupakan kuliner khas Lombok yang berasal dari Kabupaten Lombok tengah. Konon penemu masakan nasi balap puyung pertama kali adalah Inaq Esun (Inaq=Ibu, dalam bahasa Lombok). Tidak terlalu istimewa jika dilihat dari segi tampilannya, karena nasi balap puyung hanya berupa nasi yang ditambah dengan suwiran daging ayam yang diolah bersama kacang kedelai, cabai, abon, taburan udang kering dan juga belut goreng. Namun jangan salah, nasi balap puyung juga masuk kategori kuliner khas Lombok yang paling banyak dicari pendatang karena cita rasa pedas bercampur bumbunya cukup membuat penasaran. Apalagi harganya yang cukup terjangkau, nasi balap puyung menjadi idola para backpacker yang ingin berhemat pengeluaran.

  1. Nasi Kotaraja


Nasi kotaraja yang menjadi kuliner khas Lombok ini terkenal dengan sebutan “nasi sederhana namun kelezatannya juara”. Ciri khas dari hidangan nasi kotaraja adalah adanya “jangan rarit” dan “sambal sebie” sebagai pelengkapnnya. Jangan rarit sendiri merupakan olahan dari daging sapi yang dicampur dengan bumbu yang kemudian dijemur, digeprek lalu digoreng. Sedangkan sambal sebie merupakan sambal dari cabai rawit hijau yang sangat pedas. Kuliner ini lebih banyak dijumpai di dLombok Timur yang memang sudah ada sejak puluhan tahun. Warung makan miliki Hj. Sumiatun menjadi salah satu warung masi kotaraja yang sudah eksis sejak 25 tahun silam. Di pagi hari warung ini sangat ramai dengan pembeli.

  1. Sate Rembiga


Sesuai namanya, kuliner khas Lombok satu ini memang berasal dari daerah Rembiga yang sudah ada sejak jaman kerajaan dulum. Sate Rembigadibuat dari olahan daging sapi yang katanya memiliki resep rahasia turun temurun. Sehingga sate rembiga yang Anda temukan di luar Lombok akan memiliki cita rasa yang berbeda daripada olahan yang asli dari Lombok. Kuliner khas ini juga lebih mudah Anda temukan di wilayah Rembiga dan Mataram dekat dengan bekas bandara komersil Selaparang Lombok. Seperti sate pada umumnya, sate rembiga juga disajikan bersama lontong. Kelezatan sate daging sapi yang empuk dengan bumbu rempah yang khas ini cukup membuat lidah Anda nagih.

  1. Sate Bulayak


Berkunjung ke Lombok tak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi Sate Bulayakyang sangat lezat ini. Bukan dari satenya, justru kuliner ini lebih terkenal dari bulayaknya yang merupakan ketupat berbentuk panjang dan terbuat dari campuran santal kental bersama kemiri. Biasanya ketupat ini dibungkus dengan daun aren sehingga ketika menyentuh lidah Anda, bulayak terasa sangat gurih. Bumbu pada sate bulayak sendiri mengandung rempah-rempah khas Suku Sasak yang dibuat dari kacang tanah sangrai. Bumbu dihaluskan dan digoreng kemudian dimasak dengan santan kental hingga kari berwarna oranye.

  1. Sate Pusut


Dilihat dari penampilannya, sate pusutmirip dengan sate lilit khas Bali. Bedanya, sate pusut dibuat dari ikan segar yang dililitkan pada tusuknya. Campuran ikan dan parutan kelapa cukup membuat sate ini terasa sangat gurih. Namun ada juga beberapa variasi dari sate pusut yang dibuat dari daging sapi dan daging ayam. Cita rasa dari sate pusut ini adalah pedas yang langsung berbaur di dalam daging tanpa adanya sambal. Sehingga cocok buat Anda yang menyukai makanan pedas. Sate pusut biasanya disajikan bersama lalapan yang sangat pas untuk menemani makan siang Anda.

  1. Sate Pencok


Sate Pencoksangat berbeda dengan sate sate pada umumnya. Sate pencok bukan terbuat dari daging, melainkan dari tepung kanji atau tepung sagu yang dibumbui dan bertekstur kenyal. Kuliner unik ini sangat enak dan lezat karena berbaur bersama bumbu rempah-rempah yang sangat gurih. Sate pencok disajikan bersama siraman kuah pelalah yang pedas dan nikmat. Dalam satu porsi sate pencok biasanya dilengkapi dengan bihun plencing dan lubis. Sangat pas digunakan sebagai camilan saat kumpul bersama keluarga atau teman-teman. Apalagi harga jualnya sangat terjangkau yakni hanya Rp 500 untuk per tusuk sate pencok.

  1. Bebalung


Kuliner khas Lombok yang ke-9 adalah Bebalung. Bebalung merupakan olahan dari tulang iga yang dikombinasikan bersama racikan bumbu cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas dan sentuhan jahe. Sehingga bebalung ini memiliki cita rasa yang pedas sekaligus hangat. Pemasak bebalung biasanya akan menambahkan sedikit garam dan asam agar bebalung lebih tahan lama. Menurut sejarahnya, bebalung sudah dibuat sejak lama oleh masyarakat Suku Sasak dan dsisebut dengan nama ragi rajang. Bebalung sangat pas jika dinikmati dalam keadaan hangat atau baru matang. Biasanya bebalung disajikan bersama plencing kangkung yang siap mengisi perut lapar Anda.

Itulah 9 Kuliner ngeHits Khas Lombokyang wajib Anda coba saat berkunjung atau berwisata ke Pulau Lombok. Mana nih yang menurut Anda paling menggoda dan membuat lidah penasaran? Jangan sampai lewatkan yah… Semoga informasi ini bermanfaat.
#salamNGUNYAH emoticon-Kaskus Banget
Ayo rencanakan liburan Anda ke Lombok bersama Rizki Bali Tour & Travel emoticon-Recommended Seller emoticon-Traveller
Diubah oleh jerat.id 11-04-2018 07:44
0
9.8K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.