Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Makanan yang Tetap Bisa Dikonsumsi Meski Disimpan Bertahun-tahun

ronzstagramAvatar border
TS
ronzstagram
5 Makanan yang Tetap Bisa Dikonsumsi Meski Disimpan Bertahun-tahun

Foto: Pexels.com


Sebagai anak kosan kadang-kadang stok makanan yang ada di dapur ala-ala di pojok kamar benar-benar tidak tersentuh sampai waktu yang lama. Sayuran yang ada di kulkas pun kadang tertinggal lama. Pernah suatu hari setelah beli wortel dari supermarket, masih dalam kondisi diplastikin, gue masukin ke dalem kulkas dan nggak kesentuh sama sekali sampai nyari dua minggu. Pas dibuka eh wortelnya udah keluar akar di beberapa bagian! 

emoticon-Wakaka


Tapi itu kan sayuran yah. Yang memang setelah dibeli sebaiknya langsung diolah untuk jadi makanan jadi atau kalau mau disimpan harus ada teknik khusus dan disimpan di freezer. Nah, bahan-bahan makanan yang ada dalam daftar di bawah ini mungkin saja sekarang ada di rumah, kamar kosan, atau di kulkas lo; dan ternyata punya masa kadaluarsa yang sangat panjang. 

Secara teknis bisa bertahan lama dan bahkan tetap bisa dikonsumsi meski sudah lewat tanggal kadaluarsa yang ada di kemasannya.

emoticon-Toast




Madu

Biasanya madu dalam kemasan yang dijual di pasaran punya cetakan tanggal kadaluarsa. Yang tertulis sih biasanya dua tahun dari tanggal produksi. Tapi sebenarnya apapun brand-nya, madu yang ada di dalam kemasan selama itu adalah madu murni tanpa campuran apapun terutama air, bisa tahan selamanyalho! Asal disimpan di suhu kamar. Lho kok bisa?

Madu murni hanya mengandung gula saja, tanpa air. Tidak adanya cairan di dalam madu membuat bakteri tidak bisa hidup dan berkembang biak. Sehingga aman untuk dikonsumsi meski sudah disimpan dalam waktu lama di suhu kamar. Kalau semisal kamu melihat ada kristal-kristal madu yang terbentuk di bagian permukaan atau di tepian kemasan, kemudian ada perubahan warna yang terjadi pada madu tersebut, itu nggak mengindikasikan bahwa madu itu sudah rusak. Itu hanyalah reaksi kimia alami dari madu tersebut.

Mengatasinya gampang aja kok. Tinggal buka tutupnya kemudian panaskan madu dalam kemasan terbuka di air panas. Nanti akan balik lagi ke bentuk alaminya.



Garam Laut

Garam laut yang lo beli lima tahun yang lalu tetap bisa lo gunakan untuk makanan tahun 2018 ini. Soalnya tipe garam laut tidak punya masa kadaluarsa. Tapi ingat, hanya garam laut alami ya! Bukan garam meja yang sudah mengandung yodium. Karena garam beryodium hanya bertahan lima tahun saja mengingat sudah ditambahkan bahan kimia tersebut.



Beras

Percaya nggak kalau sebenarnya beras bisa bertahan sampai 30 tahun dalam kontainer tertutup tanpa oksigen? Yap! Beras adalah salah satu bahan makanan yang sebenarnya tidak punya masa kadaluarsa. Syaratnya cuma satu kok: disimpan di dalam kantong tertutup dan tidak ada udara sama sekali. Makanya beras-beras dengan brand tertentu selalu dijual dalam plastik padat yang semua udara di dalamnya sudah disedot keluar. Ini untuk mempertahankan kondisi beras dan membuatnya awet.

Beras yang sudah aman di dalam kantung tanpa udara tinggal disimpan di suhu 40 derajat Fahrenheit atau setara 4 derajat Celcius (atau lebih rendah lagi pun nggak masalah). Kulkas adalah lokasi yang pas untuk menyimpan beras untuk waktu yang lama.



Susu Bubuk

Meski terbilang "kuno", tapi susu bubuk adalah salah satu bahan makanan yang awet lho! Dalam bentuk bubuk (tidak ada air dan oksigen), susu bisa bertahan sangat lama. Bahkan bisa lebih dari selamanya. Begitu yang ditulis oleh INSIDER. Hanya saja untuk amannya, United States Department of Agriculture menyebutkan bahwa susu bubuk paling "nikmat" dikonsumsi setelah disimpan maksimal 10 tahun. Kenapa?

Bukan karena setelah lewat 10 tahun akan jadi berbahaya. Tapi susu yang disimpan terlalu lama akan kehilangan rasa asli dan kandungan nutrisi di dalamnya. Simpan di tempat yang jauh dari lembab untuk menghindari proses penggumpalan. Kalau sudah menggumpal, sebaiknya dibuang!



Kopi Instan

Pernah beli kopi hitam (hanya kopi tanpa campuran apapun) kemudian sudah lama tidak diminum dan tergeletak di dalam kaleng di dapur? Jangan khawatir untuk meminumnya kalau sedang butuh kafein dan tidak punya cukup uang untuk ke kedai kopi. Hihihi... Soalnya, kopi instan bisa bertahan 20 tahun lho di suhu kamar. Kalau disimpan di dalam freezer bahkan bisa bertahan selamanya

Sementara biji kopi bisa bertahan sekitar enam bulan di suhu kamar dan setahun di dalam kulkas. Jadi kalau lebih prefer menggiling kopi sendiri dengan grinder di rumah, simpan biji kopi di dalam kulkas saja supaya bisa tahan lama.

Jadi kalau ada bahan makanan di atas nganggur sudah terlalu lama di dapur lo, jangan langsung dibuang ya! 
warrysangru2
nona212
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
22.5K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.