Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dedisantosoAvatar border
TS
dedisantoso
berkat ini kita makan beras
gan ini ane mau berbagi alat-alat yang dipake para bapak-bapak petani kita untuk pergi kesawah biar kita bisa makan nasi...
langsung aje cekibruut emoticon-I Love Indonesia (S)

1. Arit/sabit

alat ini jadi perangkat wajib yang dibawa petani kalo pergi nyawah, biasanya dipake buat nyabutin tanaman pengganggu kaya rumput, atau benalu bisa juga pas panen alat ini dipake buat motong tanaman padi yang siap di selep gan.
2. pacul/cangkul

selain yang pertama tadi piranti ini juga sering dibawa ke sawah ama pak tani gan, fungsinya buat nyangkulin tanah disawah biar bisa ditanamin kembali.
3. traktor (alat bajak swah)
kalo alat ini dibagi jadi dua gan yang pertama masih tradisonal dan yang kedua udah menggunakan tekhnologi modern. kita mulai dulu dari yang tradisonal gan ini dia gambar alatnya :

masih memanfaatkan tenaga ternak gan yang masih tradisional, jadi pak tani jaman dulu selain trampil bercocok tanam juga trampil mengendalikan kerbau disawah emoticon-Ngakak
kalo alat yang lebih makmur jaman sekarang biasa pake "quick" buat pengolahan tanah, nih gambar alat pengolahan tanah yang uda modern :

udah ga memanfaatkan ternak lagi alat ini gan, pakenya solar emoticon-Malu (S)
4. Garu

fungsinya alat ini sama kaya nomer 3 gan, tapi alat yang ini tanpa harus dibawa oleh hewan ternak atau mesin traktor, cara kerjanya manual langsung pake tangan petani emoticon-Cool
5. mesin erek (perontok padi)

alat ini berupa lingkaran yang ditancapi paku di seluruh diameternya biar biji padi yang ditempel ke alat ini bisa rontok dari tangkai setelah dipanen.
6. mesin selep (penggiling padi)

gambar ini namanya lesung gan, alat penumbuk padi yang jadul banget, jadi setelah dipanen pak tani ngasih hasil tanemanya ke ibu-ibu dirumah, tugas si ibu yang menumbuk padi tadi agar mengelupas kemudian menjadi beras siap masak dan dioalah menjadi nasi.
ada alat yg lebih modern gan ini gambarnya :

yang ini biasa disebut mesin selep (bahasa jawa), jadi ketika padi dimasukkan ke mesin ini langsung terbagi menjadi 3 bagian yaitu beras, sekam atau kulit padi dan bekatul.

sekian trit ane seputar persawahan gan, mohon maaf kalo masih acak adul..maklum msh newbie banget aneemoticon-Big Grin

maju terus pertanian Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
0
5.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.