Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mymasterpieceAvatar border
TS
mymasterpiece
Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan 4,7 SR
Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan 4,7 SR

MEDAN - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,7 dalam Skala Richter (SR) mengguncang kawasan Kabupaten Simeuleu, Aceh, Kamis (19/4/2018) malam.
Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan 4,7 SR
Gempa yang terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia terjadi tepat pukul 20:34 WIB dengan pusat gempa berada di 65 KM Tenggara Kabupaten Simeulue pada kedalaman 16 km.

"Dari analisia BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.7 dengan posisi episenter pada koordinat 2,07 LU dan 96,14 BT, tepatnya di laut pada jarak 65 km Tenggara dari Kab. Simeulue-Aceh, pada kedalaman 16 km," kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Kabupaten Simeulue dengan intensitas gempabumi II SIG-BMKG (III MMI).

"Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan," ucap Edison.

Edison mengungkapkan bahwa dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

"Sampai pukul 21.30 WIB telah terjadi 1 kali gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M=2,9 pada pukul 20:45:44 WIB. Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Simeulue saya himbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,"pungkas Edison.

https://news.okezone.com/read/2018/0...ekuatan-4-7-sr
0
5.2K
75
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.