Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • "Hans My Hedgehog" (1819), Dongeng manusia landak yang punya banyak kontroversi.

rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
"Hans My Hedgehog" (1819), Dongeng manusia landak yang punya banyak kontroversi.




Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :





"Hans My Hedgehog" adalah dongeng berikutnya yang ditulis oleh bersaudara Grimm (Brothers Grimm). Mereka ini pendongeng yang terkenal di akhir abad 18. Hans My Hedgehog sendiri dipublikasi tahun 1819 dan tercatat sebagai dongeng ke-108 yang telah mereka tulis. Setelah gw baca, dongeng ini bercerita tentang kehidupan seorang manusia setengah landak dalam menemukan cinta sejatinya. Dalam perjalanan hidupnya ini, Hans mengalami banyak hal. Penasaran? Banyak kah pelajaran yang bisa diambil di dongeng ini? langsung aja sekeroooooool kebawah brother emoticon-Cool

emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Dahulu kala ada seorang petani yang memiliki harta yang cukup melimpah. Tetapi dibalik harta yang melimpah ini sang petani tidak memiliki anak bersama istrinya. Akibatnya sang petani sering diejek oleh petani lain ketika sedang pergi ke kota. Setelah sekian kali diejek akhirnya petani ini marah dan kembali kerumah sambil berkata ke istrinya "kita akan memiliki seorang anak, walaupun itu seekor landak!"

Dan ternyata doa sang petani dikabulkan, tidak beberapa lama kemudian sang istri hamil dan melahirkan. Betapa kagetnya sang petani ketika melihat anaknya yang ternyata memiliki fisik setengah bagian atasnya seorang landak dan setengah lagi manusia. Sang istri yang terkejut pun bilang kalau semua ini akibat doa dari sang petani tersebut. Dalam kesedihan yang mendalam, kedua orang tua ini setuju untuk memberi nama anak mereka Hans-My-Hedgehog.

Banyak hal yang terjadi akibat fisik sang anak yang tidak biasa ini. ketika sang anak akan dibaptis, pendeta bilang kalau dia tidak bisa tidur ditempat tidur biaa dan harus tidur dapur. Dia juga tidak bisa menyusui dari ibunya karena akan menusuk tubuh sang ibu dengan duri yang ada ditubuhnya. Akhirnya Hans tidur didapur selama 8 tahun. Karena tidak tega, sang ayah berinisiatif keluar kota dan membelikan sesuatu untuk anaknya. Ketika ditanya sang anak bilang kalau dia mengingnkan sebuah bigpipe. (alat musik tiup khas skotlandia)

Ketika sang petani kembali kerumah dia membawakan apa yang istri dan anaknya minta. Hans yang menerima bigpipe meminta ayahnya untuk datang ke pandai besi. Setelah selesai, Hans pergi bersamaan dengan berkokoknya ayam dan pergi mengembala dengan ayam tersebut. Ditengah perjalanan hans juga bertemu babi dan keledai sebagai teman barunya. Hans pun hidup dihutan bersama teman-temannya selama bertahun-tahun sambil tidur diatas batang pohon dan memainkan alat musik pemberian ayahnya. Alunan musik Hans terdengar sangat merdu sehingga banyak hewan yang terhibur dihutan tersebut.



Suatu hari, ada seorang raja yang tersesat dalam hutan tersebut. Raja tersebut mendengar alunan musik dari Hans dan langsung terpukau. Pelayan pun dikirim untuk mencari tau sumber alunan musik yang merdu tersebut. Sang pelayan mencari kesana kemari tapi hanya melihat seekor landak yang duduk dipohon bersama dengan seekor ayam jantan. Sang prajurit pun bertanya kenapa Hans duduk diatas pohon dan meminta Hans untuk memberitahunya jalan keluar dari hutan tersebut. Hans yang setuju membuat perjanjian dengan raja bahwa dia akan memberi tahu jalan keluar asal sang raja mau memberikan hal pertama yang menyambutnya di istana ketika dia sampai nanti. Dan raja pun setuju. Tetapi perjanjian yang sang raja tulis adalah perjanjian palsu karena Hans tidak bisa membaca.

Ketika sampai di istana, sang raja langsung disambut oleh putrinya. Sang raja menceritakan perjanjian yang telah dia lakukan bersama hans seorang landak dihutan yang membantunya mencari jalan keluar. Sang putri terkejut tetapi sang ayah menenangkannya dan bilang kalau perjanjian itu adalah perjanjian palsu.

Setelah kejadian ini datang lagi raja yang lain yang tersesat dihutan yang sama. Sang raja kedua ini juga mendengar alunan musik dan meminta prajurit untuk mencari sumber suaranya. Prajurit pun menemukan sumber suara itu berasal dari seorang landak yang sedang memainkan alat musik diatas pohon.

Kemudian sang raja datang menemui Hans dan bilang kalau dia tersesat dan tidak tahu arah jalan pulang. Hans pun melakukan perjanjian yang sama dengan raja kedua ini, segala hal yang raja temui pertama kali nanti akan diberikan ke Hans selamanya.

Ketika perjanjian selesai dan raja kembali ke istana, dia langsung disambut oleh seorang anak perempuan cantik yang sangat senang kalau ayahnya telah kembali. Sang putri bertanya apa yang telah terjadi dan sang raja memberitahu kejadian sebenernya. Raja bercerita kalau dia terancam tidak bisa pulang kalau tidak bertemu dengan Hans, manusia setengah landak yang pintar memainkan bigpipe. sang raja pun bercerita kalau dia melakukan perjanjian dengan Hans bahwa hal pertama yang menyambutnya di istana akan menjadi milik Hans. Sang putri yang mendengar cerita ini merasa tersentuh dan pergi kehutan untuk menemui Hans demi cinta ayahnya yang sudah tua.

Sementara dihutan terjadi pembantaian terhadap babi yang menjadi teman Hans. Hans yang selamat menemui ayahnya yang berpikir kalau Hans sudah lama mati. Hans kemudian meminta sang ayah untuk ke pandai besi kedua kalinya. Setelah tidak mempunyai teman karena telah dibantai, Hans memutuskan untuk mengunjungi kerajaan yang telah dia tolong dan menagih janji mereka.

Dikerajaan pertama, saat pertama kali melihat Hans datang mengendarai ayam jantannya, Hans langsung ditembaki. Melihat hal ini Hans meminta ayamnya untuk terbang dan mendarat disalah satu jendela dan ternyata merupakan jendela kamar sang raja. Hans menagih janji sang raja dan mengancam akan membunuh mereka jika mereka tidak menepati janji. Sang raja takut dan melarikan diri bersama sang putri. Ternyata Hans bisa menemukan mereka di perjalanan dan membunuh mereka dengan duriduri ditubuhnya hingga berdarah-darah.

Setelah itu Hans memutuskan untuk mengunjungi kerajaan kedua. Disini dia disambut oleh sambutan yang baik dan diberi hormat. Sang putri terlihat takut ketika melihat Hans, tetapi karena dia telah berjanji kepada ayahnya untuk pergi bersama Hans maka dia bersedia menikah dengan Hans dan mereka makan bersama.



Ketika malam tiba, sang putri takut akan tertusuk duri ditubuh hans emoticon-Genit tapi Hans bilang kalau sang putri tidak perlu takut dan meminta agar prajurit berjaga jaga didepan pintu kamar mereka dan harus membuat api besar. Hans bilang dia akan melepas kulit landaknya dan harus segera dibakar hingga benarbenar habis dilahap api.

Ketika jam 11 malam harinya, Hans masuk kekamar tidur dan benarbenar melepas kulit landaknya dan prajurit segera melempar kulit landak tersebut. Hans yang telah melepas kulit landaknya kelihatan hitam seperti batu bara. Raja lalu mengutus dokter yang memberikan kulit Hans balsem dan merubah Hans menjadi seorang pria tampan. Sang putri yang melihat kejadian ini menjadi sangat gembira dan akhirnya Hans mewarisi tahta kerajaan.

Beberapa tahun kemudian Hans kembali kerumahnya bersama dengan istrinya. Sang ayah menyangkal kalau dia memiliki anak manusia dan bilang kalau anaknya adalah manusia setengah landak. Hans lalu menjelaskan semua kejadiannya dan kedua orang tua Hans sangat senang. Ayah dan Ibu Hans akhirnya ikut bersama Hans untuk pulang ke Istana.

My tale is done,
And has gone
To Gustchen's home.




Beberapa adaptasi dari dongeng ini ada dibeberapa versi berikut:

Dongeng ini dijdikan film pendek pada episode "Hungarian Folktales tahun 1989 - 1993 di Amerika serikat. Selain itu, dijerman tahun 2008 dongeng ini juga diadaptasi menjadi sebuah serial televisi yang didasarkan pada dongeng Grimm bersaudara.

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo




Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles




Sinopsis:
Ditahun 2025 terjadi kekacauan besar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pandemi virus yang semakin memburuk, serangan teror, unjuk rasa, banyak orang harus kehilangan keluarga dan mata pencarian, sampai akhirnya pemerintah menetapkan status darurat nasional untuk menghentikan semua aktifitas yang dapat membahayakan warga. Ditengah kekacauan ini, Rendy dan Bianca bertemu dengan Mr.Klaus yang akan merubah hidup mereka dan membawa mereka pada petualangan baru di Desa Praijing, Sumba. Siapakah yang akan memperbaiki keadaan tersebut? Apakah kekacauan tersebut bisa diselesaikan? Siapakah sebenernya Mr.Klaus?

On going
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles


Note:Ceritanya mengandung unsur kekerasan dan adegan dewasa jadi mohon pengertiannya gaiz
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty






Diubah oleh rendyprasetyyo 17-06-2020 18:57
yuswijaya
yuswijaya memberi reputasi
1
12.3K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.