Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blepblepblepAvatar border
TS
blepblepblep
Gak Semua Orang Hidupnya Seenak dan Senyaman Lo!
Saya akan menceritakan kisah nyata, di balik bangunan megah yang berdiri kokoh. Sekelumit kisah tentang orang2 yang mentalnya bossy, sangat suka dilayani, yg bukan hanya pimpinannya, tapi mengakar sampai lapisan bawah.

Gue bisa dibilang beruntung, setelah resign tanpa persiapan (baca trit gue yg sebelumnya ), gue mendapatkan pekerjaan yg bisa dibilang mumpuni, dan gue sangat bersyukur atas itu. Bisa dibilang gue lumayan bangga dg kerjaan gue, tapi setelah beberapa bulan bekerja, gue justru merasa prihatin. Gue akui posisi gue nggak baik2 amat, tapi juga nggak jelek2 amat. Istilahnya masih aman, gue di posisi yg nggak melulu diperintah, tapi bisa juga memerintah. Awalnya gue menikmati memerintah ini itu, bahkan buat hal yg sepele gw kadang nyuruh orang. Tapi setelah beberapa lama gw merasa hal tsb salah, gw cuman ikut2an kebiasaan pekerja2 lain yg dikit2 memerintah. Awalnya gw fine2 aja, tp akhirnya gw tau bahwa orang2 yg mereka perintah sebenarnya tidak dipekerjakan utk hal tersebut. Mereka tetap ngejalanin perintah karena merasa di posisi rendah, bener2 di dasar piramida ekosistem.

Kadang gue ngeluh karena lembur2 tak berarti. Tapi ternyata justru teman2 yg berada di bottom of piramid jauh lebih capek dari gw, dimana mereka diwajibkan datang paling awal, pulang paling akhir.
Gue mulai merasa sistem pekerjaan gw secara keselurahan ya, hampir semua aspek, nggak sehat dan nggak membangun yaitu ketika gue sadar betapa berbelitnya birokrasi di tempat gue. Semua progres pekerjaan berjalan luar biasa lambat bak siput, dan hasil pekerjaan sebenernya rata2 actionnya nol besar, cuman dalam bentuk laporan yg ditandatangani doang. Well, tapi gue gak akan ngeluh panjang lebar, yg jelas dg kerjaan yg seperti itu, bisa dibilang nggak terlalu effort buat mikir, gaji yg gue dapet sudah cukup. Gue gak perlu complaining lagi.

Ada hal lain yg bikin gw sadar kalo kondisi kerja gw gak sehat, yaitu sejumlah boss (oknum) yg bangga banget kalo lembur dan pulang malam. Gw gak komplain jg karena selembur2nya gw paling maksimal pulang jam 9 malem, kalo dirata2 ya jam 7, wajarlah ya. Tapi oknum boss itu paling gatel sebenernya kalo pegawainya pulang jam segitu, secara dia pulang jam 11 malam mulu. Entah apa yg dia kerjakan, yg jelas gw udah menjelaskan kalo progres pekerjaan di tempat gw lambat parah dan actionnya nol besar. Mungkin dia cuman mau membanggakan rekor pulang malamnya, betapa dia mengabdi pada tempat kerjanya, buat gaya2an doang.

Oke, benang merahnya adalah, boss oknum adalah salah satu dari sekian orang dari level bawah sampai atas yg maunya dilayani secara super. Salah satu kenalan gw yg bekerja di bottom of piramid mau gak mau harus nunggu sampe dia pulang. Okelah kalo secara makan masih diperhatikan, tapi ternyata si kenalan gw hampir2 gak pernah dikasih makan malam padahal hampir rutin pulang jam 11 malam. Mungkin urusan makan terdengar sepele, tapi rupanya lumayan jg buat org2 yg tinggal di kota besar, yg gajinya aja gak seberapa dan ada keluarga yg harus dinafkahi. Kadang mereka milih gak makan daripada harus ngeluarin duit 20rb buat beli nasi. Kadang jg gak melulu soal duit, kenalan gw males meninggalkan mejanya karena diminta stand by, kalo nggak boss oknum bakalan marah.

Oke, sampai disini masih terlihat agak biasa, mungkin yg pada kerja bakal bilang begitu. Tapi gue mau ngasih tau, bahwa kenalan gue mention di atas, beliau baru saja meninggal (semoga khusnul khotimah, aamiiin). Beliau sakit tifus dan tbc. Gw sampe nangis ketika temennya cerita hari2 terakhir beliau. Selain jarang makan karena sebab2 yg gw ceritain di atas, ternyata beliau jg tinggal sendiri, anak istrinya di kampung. Dan kenalan gw ini sebenernya beberapa hari sebelumnya gak masuk karena anaknya sakit, dan setelah 3 hari cuti beliau masuk, tapi gue yakin kalo sebenernya kondisi dia sakit pas itu. Alesannya simple, dia gak enak sama bos. 2 hari berikutnya dia nyaris tumbang, mengaku gak kuat ke temnnya akhirnya izin setengah hari. Sempet bilang ke temennya sepetinya nafasnya udah tersengal2, “sepertinya gue bakal lewat”, katanya. Habis itu beliau memaksakan diri naik bis ke kampung, demi jenguk anaknya jg yg masih sakit. Dari cerita sodaranya beliau saking lemahnya sampai harus merangkak turun dari bus, dan puncaknya 5 hari kemudian gw mendapat kabar beliau meninggal dunia. Innalillahi wa inna ilaihi ro’jiun. Info dari dokter, beliau kena tifus dan tbc.

Mungkin gan sist sekalian agak susah mencari kesimpulan dari cerita gw, karena gw emang gak jago bikin cerita. Tapi gw mau bilang bahwa si boss oknum punya andil besar walaupun nggak secara langsung terhadap kejadian yg menimpa beliau. Semua yakin bahwa meninggal itu takdir, tapi sebab meninggal itu macam2. Menurut gw, dia demi ambisinya selalu memaksakan diri buat lembur, sangat bangga kalo pulang di atas jam 12. Padahal di balik itu, pekerjanya, alias kenalan gw jg harus nungguin si boss, yeah literally nungguin doang. Kalo boss oknum pulang tinggal naik taksi atau dijemput supir, nyampe rumah kalo laper tinggal makan, kalo ngantuk tinggal tidur di kasur empuk, dan kalo sakit tinggal minum vitamin mahal atau tinggal ke dokter, lain halnya dengan pekerjanya itu. Setelah pulang larut, dia mungkin harus naik krl, sampai rumah tdk ada makanan, tidur di lantai pake alas seadanya, dan kalo sakit cuman ditahan2. Intinya, nggak semua orang hidupnya enak dan nyaman. Besoknya si kenalan gw harus berangkat pagi banget dan sudah siap disuruh2 lagi. Jangan pikir yg nyuruh cuman si boss oknum, seperti gw jelaskan bahwa budaya menyuruh itu sudah mengakar sampe level bawah, maka dia akan disuruh siapa saja. Sedihnya, si boss oknum luar biasa cuek dan pelit dengan kenalan gw, yg gw tau kenalan gw sering kelaparan, antara ngirit dan khawatir kalo ngilang beli makan bakal diomelin. Yg gw tau perrlakuan seperti itu emang tabiatnya dia, semua kena, tapi kenalan gw di bottom of piramid, jadi yg kena paling parah. Sungguh malang nasib kenalan gw, mungkin org2 gak akan menyangka dan bakal miris kalo tau di tempat kerja gw yg konon megah,ada yg meninggal karena kurang makan dan kecapekan (tifus dan tbc kan penyebab utamanya maagh dan kecapekan). Padahal bisa dibilang makanan itu melimpah, cuman orang2 pada pelit aja bagiinnya dan terlalu suudzon sama org yg nggak masuk kerja.

Yg perlu diketahui juga, boss oknum seperti itu di tempat kerja gw sangat banyak, mereka sangat suka dilayani dan menyuruh, dan gak punya hati nurani, ngertinya cuman kerjaan dan jabatan trs. Entah siapa lagi yg bakal bertumbangan menjadi korban. Yg gw tau gw harus jaga diri gw sendiri, dan gw sama temen2 harus lebih peduli dan peka sama lingkungan. Nggak semua orang seberuntung kita, kita harus peka barangkali ada org2 di sekeliling kita yg butuh bantuan. Bahkan cuman perhatian simple seperti ngasih makanan aja itu mungkin punya makna besar. Yg paling penting jangan menggunakan org utk sekedar kepentingan kita doang, demi panjat jabatan. Semoga kejadian ini jadi bahan evaluasi. Semoga semakin berkurang raja kecil dan raja besar di tempat gw. Mungkin gw bukan korban dan situasi gw bisa dibilang aman terkendali, tapi gw miris dg apa yg terjadi kepada kenalan gw dan temen2 lain yv di bottom of pyramid, dan semoga jangan sampai ada korban lagi. Karena gak semua orang hidupnya seenak dan senyaman lo, lain kali pikirkanlah dampaknya ke orang lain ketika lu bertindak seenak udel lu sendiri, kita gak akan pernah tau dampaknya ke orang lain.

Perintahlah orang sesuai dg job desknya, jangan mentang2 berkuasa jadi lu bisa nyuruh seenaknya, karena kita gak tau kondisi orang lain.

Ps : sorry banyak typo, ngetiknya pake hp. Cheers

0
1.6K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.9KThread28.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.