vigaardhikaAvatar border
TS
vigaardhika
Kamera AI dan Snapdragon 636 jadi andalan Xiaomi Redmi Note 5

Spoiler for spoiler:



Setelah Vivo dan Oppo meluncurkan ponsel terbaru mereka beberapa waktu lalu, kini giliran Xiaomi yang hadir dengan perangkat baru untuk pasar Indonesia, Redmi Note 5, yang diluncurkan dalam acara di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (18/4/2018).


Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region dan Indonesia Country Manager, mengatakan Redmi Note 5 dijual di Indonesia dikarenakan varian Redmi Note merupakan perangkat yang paling banyak digunakan di negara ini.


Gawai baru tentunya hadir dengan ragam fitur baru, termasuk Redmi Note 5. Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada kamera depan dan cip terbaru Qualcomm Snapdragon 636 menjadi keunggulan baru ponsel ini.


Pada acara peluncuran tersebut, Shi menyatakan bahwa ponsel ini adalah gawai pertama di dunia yang menggunakan Snapdragon 636. Walau termasuk seri 600 yang biasa dipakai ponsel kelas menengah, Snapdragon 636 telah menggunakan mikroarsitektur Kyro 260 yang biasa dipakai pada seri 800.
Secara desain, tidak seperti ponsel baru yang hadir belakangan ini, Xiaomi berani tampil beda dengan tidak menyematkan poni layar (notch) pada layarnya. Jenama asal Tiongkok ini punya alasan tersendiri mengapa tidak menyematkannya.


"Kita sudah melihat pasar. Ada yang suka dan tidak (pakai notch). Intinya, kita mencoba memenuhi keinginan pasar dari sisi yang berbeda. Different market, different demand(pasar berbeda, kebutuhan berbeda, red.)," kata Shi.


Populernya penggunaan poni layar diawali dengan hadirnya Apple iPhone X. Hingga saat ini, hampir semua jenama menggunakan notch pada perangkat terbaru mereka, termasuk Vivo V9Oppo F7Huawei P20 & P20 ProZenfone 5. OnePlus 6 dan LG G7 ThinQ.


Mengenai spesifikasi, prosesor Snapdragon 636 didukung oleh RAM LPDDR4X berperforma tinggi. Jenis RAM seperti ini juga biasanya hanya digunakan pada produk flagshi, alias ponsel mahal.


Untuk pasar Nusantara, ada dua varian RAM yang ditawarkan, yaitu 3GB dengan ROM 32GB dan 4GB dengan ROM 64GB. Dengan RAM canggih dan besar, Redmi Note 5 dapat menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan dan bisa beralih antar-aplikasi dengan lebih lancar.


Dalam presentasinya, Shi bahkan membandingkan kinerja prosesor Redmi Note 5 dengan jenama lain dan hasil AnTuTu benchmark menunjukkan bahwa dagangan Xiaomi itu mendapat skor lebih tinggi (116.193) dibanding Samsung A8, Oppo F5, dan Vivo V9.


Redmi Note 5 mengusung layar 5,99 inci FHD+ 2160x1080 piksel per ini dengan aspek rasio 18:9, baterai berkapasitas 4.000 mAh, dan dukungan untuk pengisi daya cepat (fast charging).


Dilengkapi dengan sistem operasi MIUI 9 terbaru berbasis Android Oreo, Redmi Note 5 juga dilengkapi dengan full screen display, yang memungkinkan pengguna menyembunyikan navigasi sepenuhnya untuk tampilan area yang lebih maksimal.


Untuk keamanan, Xiaomi menyediakan sensor pemindai sidik jari dan pengenal wajah.



Spoiler for spoiler:



Hal lain yang menarik pada Redmi Note 5 adalah bagian kamera. Perangkat terbaru ini menggunakan pengaturan kamera ganda dengan AI, kombinasi yang biasanya digunakan ponsel flagship. Sensor utama 12MP memiliki ukuran piksel 1,4um (f/1.9) yang besar dan 5MP dengan ukuran piksel 1,12um (f/2.0).


Kamera depan dari Redmi Note 5 mengusung sensor 13MP serta dilengkapi dengan lampu LED Selfie. Ketika Portrait Mode digunakan, baik kamera depan dan kamera belakang hadir dengan Beautify 4.0 terbaru Xiaomi, yang memiliki efek berbeda.


Fungsi AI pada kamera ini adalah menyempurnakan objek foto sehingga tampak lebih natural, bahkan terlihat mirip dengan foto makeup profesional. Bahkan, tanpa sensor kedua, kamera depan dapat menghasilkan efek bokeh dalam Portrait Mode, karena AI membantu mengisolasi objek foto dari latar belakangnya.


Ponsel ini tersedia dalam tiga warna yaitu Blue, Gold, dan Black. Sebuah kover thermoplastic polyurethane (TPU)--anti minyak, oli, dan abrasi, namun elastis--tersedia dalam setiap kotak Redmi Note 5.


Soal ketersediaan, Redmi Note 5 akan mulai dijual pada 25 April pukul 00.00 WIB secara eksklusif di Mi Official Store Lazada. Redmi Note 5 juga akan tersedia secara luring di semua Authorized Mi Store pada tanggal 28 April.



Quote:




Spoiler for spoiler:


Quote:


0
7.2K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.