Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sukmono07Avatar border
TS
sukmono07
cara beternak kambing etawa yang baik
Kambing etawa adalah kambing penghasil susu terbesar di Indonesia yang tergolong sangat bagus untuk di kunsumsi,selain para peternak kambing memerah susu kambing ini juga banyak yang membudidayakan khususnya di pedesaan, dan mengingat cara penjualan pasar local maupun pasar besar yang siap untuk mengexpor yang selalu rame hal ini tentu menjadikan acuan bagi para orang-orang yang hidup di pedesaan, baik itu untuk sampingan maupun pokok.

Kambing etawa kini adalah salah satu kambing penghasil susu di indonesia yang sangat bagus bukan hanya itu para warga di desa juga banyak yang beternak kambing di berbgai daerah. beternak kambing etawa ada yang buat kontes,dan bahkan buat usaha sampingan.

Peluang usaha budidaya kambing etawa sangat terbuka lebar bagi siapapun yang ingin mencoba menekuninya,bisnis ini juga sangat bagus buat para pegawai karyawan yang ingin mempunyai penghasilan tambahan ataupun pengangguran sekalipun. mengenai harga kambing etawa di lihat dari tahun 2015-2016 terbilang cukup stabil bahkan mengingat sebentar lagi mendekati lebaran haji besar kemungkinan harga-harga kambing akan signifikan meningkat lebih besar dari harga biasanya


Maka dari itu sebelum anda terjun di bidang usaha ternak kambing sebelum mencapai lebaran haji ada baiknya anda persiapkan dasar-dasar yang di perlukan agar nantinya bisa menghasilkan keuntungan yang besar. adapun beberapa Panduan lengkap cara beternak kambing etawa yang baik yang akan saya sajikan di website cariusaha.org sehingga pada saat mencapai hari ha anda tinggal menikmati hasilnya dengan keuntungan yang besar tentunya.


Menyusun anggaran untuk mengawali usaha bagi pemula sebaiknya dalam saat mau beli bibit kambing etawa minimal 3-4 ekor bibit terlebih dahulu apabila jika anda ingin menarget lebaran haji dari sekarang belilah ukuran kambing jantan yang baru berusia 5-6 bulan di mulai dari sekarang, sebab produksi akan penjualan daging etawa tingkat penjualanya lebih tinggi tenimbang kambing jawa kacang hal ini bisa di lihat dari postur tubuh yang beda jauh dari kambing jawa dan kambing etawa,yangmana kambing etawa jantan bisa mencapai berat 70-90 kg


Selain itu kambing etawa juga sangat bagus untuk usaha pembibitan. Namun dari itu semua harga anakan kambing etawa juga terbilang cukup mahal bisa mencapai 3 kali lipat dengan harga anak kambing jawa kacang.


Usaha kambing adalah salah satu usaha yang sangat bagus dan mempunyai prospek panjang kenapa saya berkata demikian,sebab dalam beternak kambing waktu dalam pemanenannya cukup singkat, yaitu anda bisa menjual hanya dalam jangka 3-5 bulan sekali usaha beternak kambing juga bisa meningkatkan perekonomian dan mengurangi pengangguran di Indonesia


Dalam beternak kambing ada 5 tahapan yang harus di lakukan di antaranya adalah:


1. Pelaksanaan Ternak Kambing Etawa


kambing etawa kini adalah salah satu kambing penghasil susu di indonesia yang sangat bagus bukan hanya itu para warga di desa juga banyak yang beternak kambing di berbgai daerah. beternak kambing etawa ada yang buat kontes,dan bahkan buat usaha sampingan.

Sebelum membeli kambing baiknya anda mempersiapkan kandang terlebih dahulu untuk pembuatan kandang kambing yang baik dan benar yaitu buatlah kandang yang langsung terkena sinar matahari secara langsung, tujuan membuat kandang langsung terkena sinar matahari adalah supaya bakteri yang terdapat dari kotoran hewan tidak bisa tumbuh dengan baik. sebaiknya dalam membuat kandang buatlah dari bahan-bahan yang kokoh dan tahan lama anda juga harus rajin dalam membersihkan kandang minimal 1 minggu 2-3x.


Pada umumnya kambing etawa dapat beranak 2x dalam jangka 1 tahun karena sebab itu anda harus benar benar memilih bibit yang benar-benar bisa menghasilkan keturunan yang baik, pada kenyataanya banyak kambing-kambing yang proses beranaknya lambat bahkan ada juga yang majir(tidak bisa menghasilkan keturunan).


Idealnya kambing masuk dalam proses birahi adalah ketika sudah mencapai usia minimal 10-12 bulan


Ciri-ciri Kambing Mau Birahi:


Ciri-ciri kambing birahi anda dapat melihat keadaan kambing yang selalu gelisah,rewel,ekor selalu di kibas kekanan dan kiri, dan waktu birahi kambing paling lama mencapai 2-3 hari maka dari itu ketikan kambing hendak ingin birahi sebaiknya anda segera pertemukan dengan kambing jantan, karena bila tidak segera di tanggapi bisa-bisa masa beranaknya jadi lambat.


Untuk masa kehamilan kambing sampai proses melahirkan yaitu mencapai usia 6 bulan setelah masa melahirkan kambing harus benar benar di jaga yaitu dengan memberi makan,minum secara teratur dan bersihkan kandang setiap hari hal ini bertujuan agar anak kambing dan induknya tidak terserang cacing dan mencegah terjadinya terserang kadas,gudig


2. Pengadaan Bibit Kambing Etawa


Hal-hal yang harus di perhatikan pada saat mau mencoba beternak kambing etawa di antaranya adalah:


Untuk bisnis kambing etawa yang di ambil dagingnya atau untuk di perjual belikan kembali sebaiknya dalam mencari bibit langsung kepada peternak yang sudah berpengalaman lama dalam menekuni,sebab dengan anda membeli bibit dari peternak yang sudah senior anda akan dapat dengan mudah mendapatkan bibit yang unggul dan bagus,di lain itu juga anda bisa di beri bimbingan lebih dalam lagi mengenai perawatan kambing etawa.


Sebenarnya dalam menentukan pemilihan bibit kambing yang benar kriterianya yaitu:


1. Nafsu makan lahap, pergerakan aktif,jinak,berdaun telingan dua buah,tumit cenderung tinggi


2.Tidak ada cacat fisik sama sekali.seperti tidak ada bekas kadas/gudig


4.Bulu-bulu bersih dan keliatan kinclong


5.Postur tubuh tegak,kaki kuat,kokoh dan perut lebar membundar.


6.Dalam pemilihan bibit anda bisa memilih Babon yang sudah mencapai usia 1,5 tahun dengan pemilihan umur segini proses mendapatkan keturunan jadi lebih cepat + 2 dara yang siap di jadikan bibit lebih jelasnya dalam memilih kambing etawa indukan anda bisa simak video singkat ini



3. Pakan Ternak Kambing Etawa


Setelah mendapatkan bibit indukan yang anda beli tiba di rumah agar kambing tidak terkena penyakit akibat stress/proses adaptasi lingkungan baru berikan vitamin dan Obat cacing, hal ini sangat di anjurkan supaya parasit-parasit cacing seperti cacing hati, Cacing trichasrongilus yang berada di dalam tubuh kambing bisa mati. adapun dosis yang di berikan untuk pengobatan cacing hati yang berada dalam kambing adalah ¼ bolus per 50 kg berat badan dengan pemberian ini nafsu makan kambing jadi lebing lahap dan cepat gemuk


Untuk pemberian pakan kambing pada umunya adalah berupa rumput-rumput hijau,dedaunan, anda bisa memberikan pakan tambahan yang mengandung serat protein,vitamin,karbohidrat seperti bekatul,bungkin kelapa dengan perbandingan 3:1 dan untuk pemberian minum kambing etawa berikanlah 2 liter air dengan di campur garam yodium 1 genggaman tangan dewasa/harinya setiap ekor .


4. Cara Cepat Penggemukan Kambing Etawa dengan Menggunakan Produk Organic Nasa


Pemberian vitamin untuk penggemukan ternak kambing anda bisa menggunakan produk nasa *Viterna plus (Vitamin Ternak Natural) 500 cc Hormonik (Hormon Organik) 100 cc


POC (pupuk organik cair ) Nasa 500cc


Cara pakai: Viternaplus + Hormonik Organik + Poc nasa digunakan sebagai campuran air minum atau pakan ternak.


Campurkan dulu menjadi satu wadah, 1 botol Viterna 500 cc + 1 botol Hormonik 100 cc + 1 botol poc Nasa 500 cc. Kemudian ambil 1 tutup (10 cc) campur dengan 5 - 10 Liter Air minum atau untuk di campur 3kg pakan apa saja (boleh dicampur ampas tahu, dedak/bekatul, air + garam, dll).


Cukup diberikan 1 x sehari namun jika ingin memberikan 2x sehari lebih baik . Tempo 40 - 60 hari akan terlihat gemuk. Gunakan produk secara maksimal Jika ingin target hasil panen optimal.


Manfaat Viterna ,Poc nasa, Hormonik Bagi Kambing Etawa


- Viterna Plus menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh ternak, yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak.


- POC Nasa yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ternak, seperti N, P, K, Ca, Mg, Fe dan lain-lain serta dilengkapi protein dan lemak nabati, mampu meningkatkan pertumbuhan bobot harian ternak, meningkatkan ketahanan tubuh ternak, mengurangi kadar kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran. Sedangkan


- Hormonik lebih berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh bagi ternak. Di mana formula ini akan sangat membantu meningkatkan pertumbuhan ternak secara keseluruhan.


5. Masa Panen



Proses pemanenan kambing etawa dari lahir sampai umur 5 bulan juga sudah bisa di panen, masa panen tentu tergantung dari anda sendiri,seperti yang sudah di jelaskan di atas jika anda mentarget untuk lebaran haji maka belilah anakan yang berusia 5-6 bulan dari sekarang pada saat anda berhasil merawat kambing etawa dengan baik dan benar sebaiknya terus banyakin budidaya/beternak kambingnya, selain kambing laku di jual anda juga bisa menjual kotoran kambing tersebut buat di jadikan pupuk.


Dan itulah sedikit pembahasan mengenai cara beternak kambing etawa yang baik mudah mudaha bisa memberikan referensi buat anda yang sedang mencari informasi usaha ternak dan jangan lupa bagikan ke teman kalian juga ya selamat mencoba

Sumber Terpercaya:Usaha Modal Kecil
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 0 suara
4
12
0%
34
0%
Diubah oleh sukmono07 24-06-2016 12:05
0
4.3K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
69.9KThread11.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.