Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akbp48Avatar border
TS
akbp48
Jokowi Chopper, Gibran Pilih Cafe Racer
Solo - Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka ternyata punya hobi otomotif mirip ayahnya. Bukan motor chopper seperti Jokowi, Gibran memilih Honda CB 125 miliknya untuk dimodifikasi menjadi gaya cafe racer.

Cafe racer miliknya dimodifikasi di Rich Richie Ride and Garage (RRRG), Mojosongo, Jebres, Solo. Mengusung konsep vintage, motor bercat biru muda itu didesain full fairing dengan tambahan gambar angka 69.

Pemilik RRRG, Eko Sutanto memperlihatkan motor Gibran yang sudah dimodifikasi Pemilik RRRG, Eko Sutanto memperlihatkan motor Gibran yang sudah dimodifikasi Foto: Bayu Ardi Isnanto


"Secara umum sama seperti cafe racer lainnya. Mungkin yang bikin beda itu full fairing," kata pemilik RRRG, Eko Sutanto saat ditemui di bengkelnya, Selasa (17/4/2018).

Proses modifikasi membutuhkan waktu tiga bulan karena beberapa bagian dibuat sendiri alias handmade, misalnya tangki dan fairing yang dibuat dari pelat setebal 1,2 mm. Sedangkan bagian lain, seperti suspensi dan pelek, merupakan barang after market.

Baca juga: Presiden Jokowi yang Lagi Hobi Motoran


"Semuanya upgrade, kecuali rangka dan mesinnya. Otomatis nomor rangkanya tetap sama dengan STNK," ujarnya.

Menurutnya, Gibran sendiri yang memilih desain tersebut setelah berdiskusi melalui pesan singkat. Motor lawas itu pun langsung dia ambil dari garasi rumah Gibran.

"Sepertinya mas Gibran sudah punya lama, sampai sini saya cek kondisinya mati, pengapiannya mati. Mungkin lama tidak dipakai," ungkap pria yang menjalankan usaha bengkel selama 8 tahun itu.

Eko mengaku tidak mengetahui motor tersebut bakal difungsikan untuk apa. Namun menurutnya, model cafe racer paling tepat jika digunakan sebagai pajangan.

Mengenai biaya, Eko enggan membeberkan besaran uang yang dihabiskan Gibran. Tapi secara umum, kata dia, modifikasi motor di RRRG membutuhkan dana mulai Rp 15 juta.

Speedometernya tetap jadulSpeedometernya tetap jadul Foto: Bayu Ardi Isnanto


Eko menceritakan, Gibran awalnya tertarik dengan modifikasi motor serupa yang dia pajang di Instagram. Melalui akun @chillipari, Gibran berkomentar dan bertanya secara intensif kepadanya.

"Yang dikomentari mas Gibran itu motor yang saya pamerkan di IIMS (Indonesia Internasional Motor Show) 2016. Saya kira itu admin usaha mas Gibran, ternyata mas Gibran sendiri," kata dia.

Berikut spesifikasi motor Honda CB 125 cafe racer full fairing milik Gibran:
Lampu depan H4
Fairing handmade plat 1.2 mm
Tangki hornet handmade
Rangka original custom
Jok custom
Suspensi depan Tiger
Suspensi belakang aftermarket
Pelek alumunium
Ban IRC SP2

https://oto.detik.com/modifikasi-mot...112.1523949958
Knalpot custom
(ddn/ddn)

Jokowi Chopper, Gibran Pilih Cafe Racer
bagus..bagusss! (pak tino sidin)

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.3K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.