Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wiraprasta333Avatar border
TS
wiraprasta333
Amerika Akan Bantu Taiwan Dengan Kapal Selam dan Jet F-35 Untuk Hadapi Cina
Washington telah memberikan persetujuan kepada kontraktor pertahanan AS untuk membantu proyek pembuatan kapal selam di Taiwan.

Hal tersebut secara tak langsung menunjukkan dukungan AS terhadap Taiwan. Taipei menyambut baik hal tersebut sebagai terobosan dalam ambisi jangka panjang negara itu dalam menghadapi ancaman dari China.

Rencana membangun sendiri armada kapal selam oleh pemerintah Taiwan telah mulai diluncurkan pada tahun lalu, menyusul rencana pembelian langsung dari AS tidak tercapai dan hubungan yang memburuk dengan China.

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui pemberian lisensi teknologi pembuatan kapal selam mereka kepada Taiwan dan mengizinkan perusahaan pertahanan mereka untuk memberikan pendampingan.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Chiang Kai Shek, Presiden Pertama Taiwan

"Persetujuan itu merupakan sebuah terobosan dan ini merupakan bagian proses yang harus dilalui. Kami akan menempuhnya selangkah demi selangkah," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan Chen Chung-chi, Minggu (8/4/2018) kepada AFP.

Persetujuan dari Washington menyusul Presiden Donald Trump pada bulan lalu yang menandatangani peraturan yang mengizinkan pejabat tinggi AS untuk melakukan perjalanan ke Taiwan.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen turut menyambut baik persetujuan Washington dan mengatakan hal itu akan membantu negaranya mengembangkan dan membangun lebih banyak persenjataan di dalam negeri.

"Keputusan pemerintah AS tidak hanya akan membantu Taiwan dalam meningkatkan kemampuan pertahanannya namun juga akan menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan ini," kata Presiden Tsai dalam pernyataannya pada Sabtu (7/4/2018).

Namun perjanjian AS dengan Taiwan itu mendapat tentangan keras dari China, yang mengangkap pulau Formosa tempat negara Taiwan masih sebagai wilayahnya meski kedua pihak telah diperintah secara terpisah sejak berakhirnya perang saudara pada 1949.

Beijing telah meminta Washington untuk menghentikan pertukaran resmi dengan Taiwan demi menghindari rusaknya hubungan kedua pemerintahan.

https://internasional.kompas.com/rea...da-kapal-selam

Dua senator senior Partai Republik AS meminta pemerintahan Trump, hari Senin (26/3) untuk mengizinkan penjualan jet tempur F-35 produksi Lockheed Martin Corp ke Taiwan, dan mengatakan hal itu akan membantu Taiwan "bertahan sebagai demokrasi" dalam menghadapi ancaman dari China.

"Pesawat tempur itu akan berdampak positif bagi Taiwan untuk mempertahanan negara dan akan berperan sebagai penggetar terhadap postur militer China yang agresif di seluruh wilayah Asia-Pasifik," kata Senator John Cornyn, asisten pemimpin mayoritas, dan James Inhofe, anggota senior Komite Angkatan Bersenjata, dalam sebuah surat kepada Presiden Donald Trump.

"Setelah bertahun-tahun melakukan modernisasi militer, China menunjukkan kemampuan berperang melawan Taiwan untuk pertama kalinya sejak tahun 1950-an," tulis mereka.

"Namun, dengan kepemimpinan Anda, ada kemungkinan untuk membantu Taiwan tetap menjadi negara demokrasi, bebas menjalin hubungan dengan China yang tidak didorong oleh paksaan militer."

Gedung Putih tidak langsung berkomentar. Penjualan jet tempur itu dapat meningkatkan ketegangan dengan Beijing, di mana para pejabat marah ketika Trump menandatangani undang-undang bulan ini yang menggiatkan pengiriman pejabat senior Amerika ke Taiwan untuk bertemu dengan rekan setara mereka di Taiwan dan sebaliknya.

Militer AS telah menempatkan isu perlawanan terhadap China dan Rusia sebagai inti dari strategi pertahanan nasional baru yang diperkenalkan oleh Menteri Pertahanan, Jim Mattis pada Januari. Sekutu AS lainnya di kawasan Asia Pasifik, seperti Singapura, juga sedang menjajaki pembelian F-35. Lockheed mencapai target 2017 dan menyerahkan 66 jet tempur F-35 kepada AU Amerika dan sekutunya tahun lalu. [ps/jm]

http://www.tribunnews.com/internasio...kematian-palsu
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
3.8K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.