http://sumsel.tribunnews.com/2018/04...anah-venezuela
Quote:
Rilis
Promosi Budaya dan Pariwisata Indonesia Menghiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela
Minggu, 15 April 2018 14:46
TRIBUNSUMSEL.COM-Lebih dari 2 juta penumpang menggunakan sarana transportasi kereta bawah tanah Metro Caracas, Venezuela setiap harinya.
Metro Caracas yang beroperasi sejak tahun 1983 memiliki 4 Línea(jalur) yang menghubungkan berbagai wilayah di kota Caracas. Jalur terbesar dan tersibuk dimiliki oleh Línea 1yangmemiliki 22 stasiun, menghubungkan wilayah barat dan timur Caracas.
Línea1 sendiri diperkirakan mengangkut lebih dari satu juta penumpang per harinya.
Atas pertimbangan tersebut, KBRI Caracas berinisiatif melakukan promosi budaya dan pariwisata pada sarana transportasi kereta Metro.
Bertempat di Stasiun Propatria, Caracas, Venezuela, acara peluncuran promosi secara resmi dilaksanakan pada hari Jumat (13/4/2018) oleh Duta Besar RI Caracas, Mochammad Luthfie Witto’eng disaksikan Wakil Menteri Pariwisata Venezuela, Ali Ernesto Padron Paredes, Presiden Metro Caracas, Mayor Jenderal Cesar Vega, pejabat pemerintah Venezuela, korps diplomatik, dan diliput oleh media televisi dan cetak nasional.
Dalam pidatonya, Dubes Luthfie menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan promosi yaitu untuk mengenalkan ragam budaya dan tempat pariwisata Indonesia kepada masyarakat Venezuela, khususnya di kota Caracas. Disamping itu, promosi ini juga diharapkan mampu menarik minat wisatawan asal Venezuela untuk berkunjung ke Indonesia
Wamen Pariwisata Venezuela dan Presiden Metro Caracas dalam sambutannya sepakat bahwa ada banyak potensi kerjasama yang dapat dikembangkanoleh kedua negara di bidang budaya dan pariwisata. Hal ini tidak terlepas dari adanya kesamaan multikultural yang dimiliki oleh Indonesia dan Venezuela.
Presiden Metro Caracas lebih lanjut menyatakan bahwa Metro Caracas merasa bangga dapat memberikan ruang promosi budaya dan pariwisata Indonesia. Dirinya juga berharap kegiatanpromosi ini dapat lebih meningkatkan hubungan kedua negara.
Kegiatan promosi pada sarana transportasi kereta merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh KBRI Caracas. Pada tahun 2016 dan 2017, KBRI Caracas juga melakukan promosi yang sama, namun pada sarana transportasi bus.
Promosi menampilkan gambar-gambar kebudayaan dan tempat wisata Indonesia seperti tari Bali, candi Borobudur, Candi Prambanan, Pulau Komodo, Taman Laut Bunaken dan lainnya. Promosi yang ditempatkan pada 4 sisi gerbong kereta akan menghiasi kereta bawah tanah Venezuela selama 3 bulan ke depan.
Metro Caracas juga mencatat bahwa bentuk promosi budaya dan pariwisata pada kereta Metro baru pertama ini dilakukan oleh perwakilan asing di Venezuela.
Editor: M. Syah Beni
Venezuela?
Berpromosi sih boleh-boleh saja, tapi lihat-lihat dulu ke negara mana. Venezuela lagi krisis ekonomi, orang pada kelaparan dan saling rampok, pertumbuhannya negatif, apa iya rakyatnya bakal kepikiran wisata ke Indonesia?