AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Benarkah Kapasitor Dapat Menghemat Pemakaian Listrik?
Berhubung sekarang tarif daya listrik relatif mahal, karena subsidinya dicabut, alangkah baiknya kalo kita mendiskusikan alat yang disinyalir dapat menghemat pemakaian listrik.

Sebagai gambaran, di rumah Ane terpasang kWh pascabayar dengan daya 900 Watt. Sebelum subsidi dicabut, rata-rata bayar listrik perbulan sekitar 120 ribu rupiah, dan sekarang rerata 250 ribu.

Beberapa waktu lalu, Ane memasangkan alat yang katanya untuk menghemat listrik di rumah orang lain. Bentuknya seperti kotak berukuran sekitar 8x15 cm.

Pada bagian luar, ada stiker yang bertuliskan:
1. Hemat listrik 10-30%
2. Memaksimalkan daya terpasang.
3. Mengurangi tarikan awal.
4. Menjaga peralatan listrik.
5. Memperbaiki kinerja jaringan listrik.


Kata pemiliknya, alat itu dibeli dari seorang sales yang mengaku punya hubungan dengan orang yang bekerja di PLN. Harganya menurut Ane relatif mahal yaitu sekitar 500 ribu rupiah.

Karena penasaran, sebelum dipasang, Ane bongkar dulu untuk mengetahui apa dan bagaimana rangkaian sirkuit alat tersebut. Ternyata isinya hanya Kapasitor besar dengan diameter sekitar 5 cm.

Panduanteknisi.com
Setelah dipasang, Ane bertanya-tanya dalam hati. Benarkan alat yang berisi kapasitor itu bisa menghemat listrik? Sepengetahuan Ane, semakin besar kapasitor itu, semakin banyak ia menyerap/memakai arus listrik. Sebab kapasitor itu menyimpan arus listrik.

Kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Jadi, sebuah kapasitor berlainan dengan sebuah aki yang dapat menyimpan energi listrik, tetap dengan disertai reaksi kimia. Pada dasarnya, sebuah kapasitor itu terdiri dari dua konduktor yang disekat oleh sebuah nonkonduktor. Kapasitor merupakan elemen penting dalam peralatan listrik dan elektronika modern, terutama dalam radio, televisi, dan peralatan komunikasi. Demikian penjelasan dari Geocities

Pada bulan berikutnya, Ane tanya sama pemilik alat itu. Benarkah pemakaian listrik lebih hemat?
"Ga tau juga, tapi yang jelas bayaran bulan ini kurang lebih aja seperti bulan sebelumnya," jawabnya.

Sebelumnya Ane tertarik untuk membeli alat tersebut. Tapi setelah mendapat penjelasan dari pemakai alat itu, Ane jadi ragu. Soalnya harganya relatif mahal menurut ukuran Ane. Apalagi kalo hasilnya tidak begitu signifikan menghemat listrik.

Karena itu, mungkin GanSis di sini ada yang punya pengalaman dengan alat tersebut. Bisa dishare, bagaimana hasilnya dalam menghemat pemakaian daya listrik. Terima kasih.

Diolah sendiri.
Geocities.ws

Quote:
Diubah oleh Aboeyy 09-06-2018 23:36
adestiey
anasabila
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
60.7K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.