Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Hari Bekal Nasional: Apa Bekal Favorit Agan Waktu Masih Bocah?
Masih inget sama jajanan di depan sekolah? Ya nggak mungkin nggak inget, rasanya jam istirahat terasa hampa kalo nggak jajan depan gerbang. Sampe suatu hari, sekolah ane ngelarang buat keluar jam istirahat sekolah dan jajan di luar gerbang, cuma boleh jajan di kantin.



Secara, makanan di kantin kan ngebosenin, itu-itu aja. Kalo makanan di depan gerbang kan sering ganti-ganti tuh. Alasannya nggak dibolehin sih karena makanan di luar gerbang itu kan nggak diawasi bahan makanannya, siapa yang tau kalo bisa aja ada pewarna makanan atau MSG yang nggak sehat. Bahkan nggak jarang juga ada anak-anak yang keracunan jajanan sekolah.

Buat mengatasinya, biasanya orang tua kita masakin bekal buat dibawa ke sekolah. Selain hemat karena nggak perlu keluarin duit buat jajan, bahan makanannya juga aman karena orang tua yang masak. Masalahnya adalah biasanya anak-anak pengen makan bareng sama temennya pas jam istirahat, jadi sebagai orang tua bisa menyiasati misalnya bikinnya cuma 3 kali dalam seminggu. Jadi hari lainnya, si anak tetep bisa makan di kantin sambil sosialisasi sama temen-temennya.


Foto: Papasemar.com

Bukan cuma anak sekolah, temen ane, Gita, yang udah kerja juga sering bawa bekel.

"Kalo beli ayam penyet 1 potong udah Rp15-20ribu, tapi kalo sepotong ayam (bisa setengah ekor ayam) bisa cuma Rp25ribu. Jadi kalo biasanya sekali makan Rp25ribu di kantin kantor, bisa buat makan 4 kali."

"Bukan cuma ayam, udang di warung cuma ambil sedikit udah Rp10ribu, padahal udang di pasar 1/4 kg itu cuma Rp15ribu."

Bawa bekal emang hemat banget, itupun kalo kita bikin bekel juga ada tipsnya.

"Buat menu biasanya yang gampang banget dimasak aja sih. Kayak ayam diungkep kan langsung (bisa) dimasukkin kulkas, jadi pagi-pagi tinggal goreng aja. Atau kalo lagi pengen yang agak ribet olahnya, masaknya di weekend. Terus ditaro di kulkas jadi pas besoknya tinggal dihangatkan di microwave. Ala-ala mealprep. (tren bekal yang lagi hits, bisa dibilang metode baru menyimpan makanan dalam jumlah banyak, buat beberapa kali makan supaya lebih hemat)" menurut Gita.

Ngomong-ngomong bekal, hari ini 12 Aprildiperingati sebagai Hari Bekal Nasional loh Gan!


Foto: sumsel.kemenag.go.id

Waktu ane sekolah, ini dia beberapa menu bekel yang sering dibawain emak ane Gan:

Mi instan goreng; pas jam istirahat mau dimakan bentuknya udah kaku, jadi ngikutin bentuk kotak makan. Nggak lupa pake nasi putih, kombo karbo!


Foto: Womantalk

Nasi, nugget, sosis goreng, juwarak! Kayaknya kalo emak ane lagi kesiangan atau nggak tau mau masak apa, tinggal modal goreng sosis sama nugget aja sih jadi ya.


Foto: Our Little Family

Nasi goreng--biasanya nasi putihnya sisa nasi kemaren yang daripada dibuang, mending digoreng terus dikasih telor sama sosis, selesai. Dulu kalo ane bawa nasi goreng bekel ke sekolah, temen-temen pada kelaperan kan pagi-pagi. Akhirnya emak ane bungkusin 2 box makan jadi yang 1 buat ane dan yang 1 lagi buat temen-temen ane yang kelaperan buat sarapan.


Foto: Wattpad

Nasi putih dan ayam goreng--Ini juga menu favorit emak ane, kan ayam tinggal diungkep doang terus pagi-pagi tinggal goreng. Kasih aja sambel/ saos, udah lengkap deh kenyang!



Nasi uduk bungkus-- ini menu bekel sarapan kalo emak ane lagi nggak masak. Lauknya pake bihun, telor iris, tempe gorengan sama kuah sambel kacang. Udah deh perfecto!


Foto: Syifa "didini" Mayra

Agan masih inget nggak bekal apa yang Agan bawa pas jaman sekolah? Atau sekarang Agan masih bawa bekel apa nih? Kuyyy jangan lupa komeng di bawah ya!



Baca thread ane yang lain di sini
Diubah oleh thatwasfun 12-04-2018 08:12
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
3.5K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.