Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

semxtjAvatar border
TS
semxtj
Prabowo Pernah Jadi Pasien Cuci Otak Dokter Terawan karena Sakit Vertigo
Prabowo Pernah Jadi Pasien Cuci Otak Dokter Terawan karena Sakit Vertigo

Foto: Warta Kota/ Cek n Ricek


Tahukah Agan? Tentang Dokter Terawan di RSPAD Gatot Subroto yang dituduh malpraktik atas tindakan operasi "cuci otak" terhadap pasien bernama Gerald Liew.

Gerald yang semula sehat, jadi cacat dan buta karena otaknya hancur. Peristiwa celaka itu terjadi saat Gerald sedang mengikuti porsedur 'cuci otak' Dokter Terawan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Saat ini dokter Terawan dikabarkan akan dipecat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Namun, sejumlah pasien yang pernah ditangani Dokter Terawan protes atas dipecatnya dokter yang praktik di RSPAD Gatot Subroto ini. Termasuk Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku pernah menjadi pasien Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Mayjen TNI dokter Terawan Agus Putranto .

Prabowo telah tiga kali diterapi oleh dokter Terawan untuk mengobati penyakit vertigo yang dideritanya. 

Prabowo Pernah Jadi Pasien Cuci Otak Dokter Terawan karena Sakit Vertigo


"Saya ini sudah tiga kali diterapi oleh Terawan. Saya tiga kali, mau yang keempat kali. Saya dulu, biasalah, orang sudah 60 an tahun," ujar Prabowo saat ditemui di sela rapat kerja nasional (Rakernas) Partai Gerindra, Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (5/4/2018). 

Prabowo menjalani terapi tersebut lantaran ingin menyembuhkan penyakit vertigo. 

Dia percaya dengan terapi dokter Terawan karena percaya bahwa metode itu merupakan terobosan di bidang kedokteran.

"Saya merasa prihatin saya kaget. Tanpa mencampuri urusan IDI, saya kira dokter Terawan adalah putra bangsa yang luar biasa. Dan beliau sudah membantu dan menyelamatkan banyak orang di kalangan tentara yang saya tahu," kata mantan Danjen Kopassus itu.

Prabowo Pernah Jadi Pasien Cuci Otak Dokter Terawan karena Sakit Vertigo

Foto: Kumparan


Peristiwa yang menimpa Gerald Liew ini terjadi pada Januari 2015 silam. Gerald yang berkebangsaan Singapura awalnya diajak rekan bisnis untuk berobat ke Jakarta ke dr. Terawan. Sebelum berobat, Gerald mengetahui dirinya berpotensi terserang aneurisma (pembengkakan pembuluh darah) di masa depan. Selanjutnya Gerald disarankan melakukan 'cuci otak' dan memasang koil untuk mencegah terjadinya pembengkakan pembuluh darah tersebut.

Gerald pun setuju untuk menempuh prosedur cuci otak alias brain flushing. Sebelum prosedur dimulai, Terawan menjelaskan tentang apa cuci otak itu dan bagaimana prosesnya akan berlangsung.

Terawan menjelaskan bahwa itu adalah operasi kecil yang akan memakan waktu 20-30 menit, dan hanya memerlukan pembiusan lokal. Jadi, Gerald akan tetap sadar selama operasi berlangsung.

Tapi, ternyata operasi molor jadi satu jam lebih. Terlebih lagi, seusai proses cuci otak, Gerald dibawa keluar ruangan oleh tim dokter dalam kondisi tidak sadar.

Terawan mengecek keadaan Gerald dan langsung membawa Gerald ke ruang operasi. Keluarga Gerald menyebut bahwa Gerald berada di ruang operasi selama tujuh jam.

Setelah 7 jam di ruang operasi, Gerald dibawa ke ruang ICU, namun kondisinya tidak terlihat membaik.

Menurut keluarga Gerald, kepada mereka Terawan menjelaskan telah terjadi kecelakaan saat pemasangan koil (kawat tipis untuk menyumbat pembuluh darah yang membengkak). Koil yang dipasang ternyata meleset dan melukai otak serta area sekitarnya.

Spoiler for Sumber:

Diubah oleh semxtj 09-04-2018 06:49
0
2.9K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.