Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iyayasAvatar border
TS
iyayas
Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!


Seperti judul yang agan baca, thread ini akan membahas tentang TKI Sang Pahlawan Devisa Indonesia yang berjuang walau tak jarang nyawa jadi taruhannya. tanpa berpanjang lebar, mari mulai thread ini!



Spoiler for intro!:


Semoga dengan thread ini bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan. Jikalau berkenan boleh di share ke social media ya Gan. emoticon-Jempolemoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)




Tenaga Kerja Indonesia atau TKI adalah profesi yang bisa dibilang menggiurkan dari segi finansial. Pasalnya, dengan bermodal mengurus pekerjaan rumah tangga, seorang TKI bisa mendapat penghasilan lebih tinggi dari mereka yang melakukan hal yang sama di Indonesia. Tak perlu menempuh pendidikan yang tinggi untuk mendapat penghasilan yang tinggi. Pun peluangnya cukup besar. Cukup banyak yang membutuhkan TKI kita untuk membantu meringankan pekerjaan mereka.


Namun, dibalik penghasilan yang menggiurkan tersebut, ada harga yang harus dibayar. Dan dapat dipastikan tidak murah. Selain rasa rindu kampung halaman, keluarga, serta orang-orang tercinta, beberapa diantara pahlawan devisa kita ada yang harus membayarnya dengan pelecehan, kekerasan yang dialami, atau bahkan membayarnya dengan nyawa.


Namun, pantaskah demikian?


Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang menjadi lembaga berfokus pada tenaga kerja Indonesia sendiri telah menerima 2.949 aduan kasus selama periode Januari - Agustus 2017 dengan 10 besar negara penampatan yang paling banyak mendapat aduan kasus:



Spoiler for "10 Negara dengan aduan kasus paling banyak":


Tidak hanya itu, yang menyedihkan, saat ini sekitar 8 TKI di Arab Saudi sedang menunggu untuk mendapatkan hukuman mati dengan berbagai tuduhan


Spoiler for "TKI Menunggu Hukuman Mati!":



Menanggapi hal ini kira-kira apa sih yang bisa dilakukan para TKI kita?  Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo menyebutkan sejumlah hal yang perlu dilakukan pemerintah. Misalnya, pemerintah perlu memberikan hak untuk bebas berorganisasi bagi Tenaga Kerja Indonesia. Wahyu juga mengusulkan adanya daftar hitam para majikan yang terindikasi dengan tindakan kekerasan agar TKI tidak mendapatkan perlakuan yang keji. Selain itu, menurut Wahyu, banyak MoU tentang migran yang perlu direvisi. Seperti standar upah layak, adanya hari libur hingga adanya evaluasi terhadap implentasi MoU yang berkala.




Untuk para Tenaga Kerja Indonesia, setidaknya ada 3 hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko pekerjaan. Diantaranya:


1. Jadilah TKI yang legal!

Ini membantu para TKI untuk lebih tenang dalam menjalankan pekerjaan. Pasalnya, legal atau tidaknya seorang TKI berpengaruh pada pertolongan saat TKI ini tertimpa kasus. Akan mempermudah badan negara untuk menolong TKI tersebut.


2. Tetap berkomunikasi dengan sesama TKI lainnya.

Komunikasi sangatlah penting. Karena dengan komunikasi membuat sesama TKI mengerti tentang kondisi dan mudah untuk menjaga satu sama lain.


3. Jaga hubungan baik dengan lembaga pemerintah di negeri tujuan masing-masing.




Mari dukung keadilan bagi Tenaga Kerja Indonesia!

Mari dukung keadilan bagi Tenaga Kerja Indonesia!


Mari dukung keadilan bagi Tenaga Kerja Indonesia!

Mari dukung keadilan bagi Tenaga Kerja Indonesia!



Spoiler for Sumur!:


Diubah oleh iyayas 09-04-2018 06:49
wisudajuni
wisudajuni memberi reputasi
1
8.2K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.