Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
"Oumuamua", Tamu AntarGalaksi Pertama di Tata Surya Kita, Bre!




#CERITAKITAUNTUKSELAMANYAemoticon-Malu


Quote:




Pada 2017, tata surya kita kedatangan tamu antar tata surya pertama yang bernama Oumuamua. Banyak hal unik yang berhubungan dengan kedatangan tamu antar tata surya pertama ini. tapi sebelumnya kita kenalan dulu sama tamu nya, namanya adalah Oumuamua.

emoticon-cystgemoticon-cystg emoticon-cystg

Oumuamua adalah sebuah obyek antar galalaksi pertama yang mengunjungi tata surya kita yang awalnya diklasifikan sebagai komet C / 2017 U1. Kemudian dengan berbagai alasan pengklasifikasian, klasifikasi Oumuamua berubah menjadi asteroid A / 2017 U1. Alasan perubahan klasifikasi ini karena objek ini tidak memiliki ekor panjang dan tanda "koma" berbentuk awan disekitar inti, tidak seperti komet yang lain. Menariknya, ukuran asteroid ini setinggi 1.300 kaki atau 400 meter dan tidak berasal dari tata surya kita berdasarkan orbit hiperboliknya dan tidak terikat dengan gravitasi dengan matahari.

Nama Oumuamua berasal dari bahasa Hawaii yang artinya "scout" yang secara gak langsung menunjukkan kalau objek ini sebagai utusan dari masa lalu untuk mengunjungi tata surya kita. nama ini dipilih oleh tim Pan-STARRS yang berkonsultasi dengan Kaʻiu Kimura dan Larry Kimura dari University of Hawaii di Hilo. Nama "Rama", yang berasal dari nama pesawat luar angkasa yang ditemukan dalam novel fiksi ilmiah Rendezvous yang ditulis oleh Arthur C. Clarke, pernah disarankan sebelum nama Oumuamua dipilih.

emoticon-cystg



Oumuamua terlihat dibulan oktober 2017. Ditemukan banyak kejanggalan tentang kedatangan asteroid Oumuamua ini. Pertama, asteroid biasanya "terkunci" di orbit suatu tata surya. Dibandingkan dengan Asteroid, komet lebih besar kemungkinannya untuk mengorbit keluar sebuah lintasan dan nyasar di tata surya lain. Jadi, Oumuamua adalah asteroid pertama yang "ditendang" dari tatasurya nya dan masuk ke sistem tata surya planet kita. Oumuamua diyakini berasal dari tata surya yang memiliki 2 matahari dimana persaingan antara kedua pusat tata surya itu lah yang menyebabkan asteroid ini terbuang.

Lokasi tepat dari rumah Oumuamua masih belum diketahui. Para peneliti hanya memiliki waktu seminggu sebelum akhirnya asteroid ini menghilang. Dari hasil penelitian ini diyakini Oumuamua membawa molekul-molekul organik yang dipercaya bisa menjadi pembangun kehidupan.

emoticon-cystg



Oumuamua pertama kali terlihat di sekitar arah bintang Vega dalam rasi bintang Lyra. Arah masuk dari pergerakan Oumuamua ini sekitar 6 derjat dari matahari (arah pergerakan matahari relatif terhadap beberapa bintang) dan merupakan arah paling mungkin sebagai pintu masuk objek dari luar tata surya, pada tanggal 26 Oktober, 2 pengamatan mengobservasi lintasan hiperbolik dari Oumuamua.

Diduga Oumuamua telah beredar selama 600.000 tahun sebelum akhirnya mencapai tata surya kita. Astronom memperkirakan kalau 100 tahun yang lalu asteroid ini berjarak 561 ± 0,6 AU (83,9 ± 0,090 miliar km; 52,1 ± 0,056 miliar mil) dari matahari dan bergerak 26.33 km/detik. Kemungkinan besar tata surya kita adalah tata surya pertama yang dikunjungi oleh Oumuamua setelah bermiliar tahun lalu ditendang dari sistem tata surya-nya.

emoticon-cystg



Jarak terdekat Oumuamua dengan bumi adalah sekitar 15 juta mil (24 juta kilometer) pada tanggal 14 Oktober 2017. Sekarang asteroid ini meluncur ke arah tata surya bagian luar dan jaraknya sudah terlalu jauh untuk dipelajari bahkan dengan teleskop besar sekalipun bre. Oumuamua terbang terllau cepat untuk dijangkau oleh pesawat ruang angkasa kita. Initiative for Interstellar Studies telah meluncurkan Project Lyra untuk menilai kelayakan misi ke Oumuamua. Dari proyek ini disarankan untuk mengirim pesawat ruang angkasa dalam jangka 5 - 6 tahun kedepan. Salah satu opsinya adalah dengan menggunaka Jupiter Flyby diikuti dengan Solar Flyby yang akan mendapat efek tambahan dari Oberth Effect. Para astronom sih bilang walaupun misi ini sulit tetapi ada kemungkinan kita bisa mengunjungi Oumuamua dengan melambatkan kecepatan pesawat di sekitar Oumuamua dan mendarat disana dibandingkan hanya terbang melewati asteroid tersebut.

Desember 2017, Profesor dari Harvard University bernama Avi Loeb mengungkapkan kalau bentuk asteroid seperti jarum ini memungkinkan Green Bank Telescope di Virginia untuk mendengar emisi radio dari Oumuamua dan mempelajari apakah terdapat tanda kehidupan disana. Dan akhirnya pada tanggal 13 Desember 2017 teleskop melakukan observasi selama 6 jam dan tidak ada signal radio Oumuamua terdeteksi.

emoticon-cystg



Menurut data dari Nasa, beberapa objek bintang mirip Oumuamuamasuk kedalam orbit bumi setiap tahun dan hampir 10.000 objek melintas diorbit neptunus setiap hari tertentu. Jadi mungkin masih ada banyak kesempatan buat mempelajari objek antariksa lain selain Oumuamua.

Sekian, ahli astronomi silahkan tambahin informasinya. Monggo.

emoticon-cystg emoticon-cystg emoticon-cystg


Next silahkan mampir kesini bre.

Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles




Sinopsis:
Ditahun 2025 terjadi kekacauan besar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pandemi virus yang semakin memburuk, serangan teror, unjuk rasa, banyak orang harus kehilangan keluarga dan mata pencarian, sampai akhirnya pemerintah menetapkan status darurat nasional untuk menghentikan semua aktifitas yang dapat membahayakan warga. Ditengah kekacauan ini, Rendy dan Bianca bertemu dengan Mr.Klaus yang akan merubah hidup mereka dan membawa mereka pada petualangan baru di Desa Praijing, Sumba. Siapakah yang akan memperbaiki keadaan tersebut? Apakah kekacauan tersebut bisa diselesaikan? Siapakah sebenernya Mr.Klaus?

On going
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles


Note:Ceritanya mengandung unsur kekerasan dan adegan dewasa jadi mohon pengertiannya gaiz
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty






Diubah oleh rendyprasetyyo 18-06-2020 01:15
0
22.9K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.