Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
Inilah Perbedaan Buah Duku, Langsat, Kokosan.
Inilah Perbedaan Buah Duku, Langsat, Kokosan.

Duku merupakan buah yang bisa diperoleh di Asia Tenggara bagian barat, dan menjadi salah satu buah yang banyak digemari oleh khalayak karena kenikmatan antara asam – manis, dan kadang ada getahnya. Di Indonesia sendiri, selain khas dengan kuliner pempeknya, adalah Palembang yang menjadi ikon duku enak. Mengapa?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada beberapa varian pada jenis buah duku ini yang juga tak kala menariknya untuk diketahui. Tak lain karena ada bermacam-macam pula varian pohonnya. Hanya saja secara umum buah duku i ni dapat dibedakan ke dalam dua keompok besar, pertama yang memang dikenal dengan nama duku, dan yang kedua dinamakan pula dengan sebutan langsat.

Klasifikasi Biologi Duku, Langsat dan Kokosan.
Duku, Langsat dan Kokosan adalah anggota kerajaan plantae sari ordo Meliaceae dan dari genus Lansium SP atau Lansium Domesticum yang dikenal dengan suku langsat-langsatan. Bentuk morfologi dari ketiganya hampir sama dan kebanyakan masyarakat di Indonesia terutama sumatera, kalimantan, Sulawesi dan Indonesia bagian timur hanya mengenalnya dengan nama Duku sedangkan daerah Sulawesi selatan hanya mengenal dengan nama Langsat padahal ketiganya memiliki bentuk dan rasa yang berbeda.

Tanaman dari genus Lansium Domesticum bisa ditanam pada ketinggian 600 mdpl sampai dengan 1500 mdpl. Tanaman ini tubuh subur pada kondisi curah hujam 1.500 sampai dengan 2.500 mm per tahun dengan kondisi dan tipe tanah Latosol, Posolik kuning dan alluvial. Tanah dengan bentuk Drainase yang baik, kaya akan kandungan organik dan memiliki pH sedikit asam membuat tanaman tumbuh dengan subur dan berbuah dengan baik. Duku lebih rentang terhadap genangan air sehingga banyak dijupai pad daerah lereng gunung dengan kemiringan lebih dari 7 derajat sedangkan langsat hamper bisa dijumapai pada tanah datar dan juga miring. Langsat memiliki daya tahan terhadap perubahan musim lebih baik daripada Duku. Ketiga buah ini berbuah setahun sekali namun kadang juga ada musim di mana sama sekali tidak berbuah sepanjang tahun oleh karena setiap kali pohon duku dan langsat berbuah dikenal dengan istilah musim duku atau musim langsat hampir sama dengan buah rambutan.

Duku

Spoiler for :


Langsat

Spoiler for :


Kokosan

Spoiler for :


Sumur: http://ensiklo.com/2015/04/21/inilah...pa-manfaatnya/


Kalau Berkenan:

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh acabindonesia 07-04-2018 09:11
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
36.1K
105
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.