Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faisalalwieAvatar border
TS
faisalalwie
Inilah Iklan-Iklan Ikonik Saat Bulan Ramadhan
Quote:



Hai Kaskuser dimanapun berada…
Barusan ane nonton iklan - iklan di TV nih dan pas ane liat kebanyakan iklan-ikan tersebut seakan sudah masuk Bulan Ramadhan aja, dan ternyata benar sebentar lagi udah akan masuk bulan Ramadhan dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa. Dan tentu saja semua iklan itu berhubungan sama consumers behavior & social culture orang Indonesia yang pas sama kebiasaan orang kita menjelang, saat atau setelah bulan ramadhan itu sendiri.

Nah berikut iklan ikonik yang menandakan bahwa akan mendekati ataupun masuk Bulan Ramadhan (bulan puasa) :

1. SYRUP



Yang pertama yaitu iklan yang paling sering muncul saat bulan puasa yaitu Syrup, iklan ini pasti merajai disetiap tayangan televisi. Iklan ini sesuai dengan kebiasaan orang yang berbuka puasa dengan minuman yang manis dan segar untuk menghilangkan haus dan dahaga. Selain itu syrup sering digunakan untuk disuguhkan kepada para tamu yang berkunjung ke rumah kita waktu lebaran.



2. SARUNG



Iklan yang kedua adalah Sarung, iklan sarung ini selalu tampak wira-wiri saat bulan ramadhan. Dimana sarung sesuai dengan tradisi masyarakat muslim indonesia yang kalau sholat dan hadir ke acara islami identik dengan harus pakai sarung. Walaupun islam sendiri tidak ada aturan bahwa harus atau bahkan wajib sholat atau hadir di acara islami memakai sarung. yang penting menutupi aurat, sopan, dan rapi.



3. OBAT



Berpuasa adalah ujian bagi umat muslim, termasuk juga ujian bagi orang yang memiliki beberapa keluhan sakit seperti sakit maag ataupun mabuk dalam perjalanan. Momen ini dimanfaatkan oleh advertiser untuk memasang iklannya dengan memberikan solusi obat yang dapat membantu kelancaran dalam beribadah puasa tanpa terganggu dengan keluhan sakit penderitanya.



4. KUE KERING



Kue Kering ataupun biskuit juga sangat marak ketika bulan puasa datang. Camilan ini biasanya berupa kue kecil ringan yang dilapis coklat dan dikemas di dalam kemasan berupa toples. Rasanya memang lezat dan membuat banyak orang tergoda untuk menghabiskan stoples kue tersebut. Sehingga pas sekali iklan ini di tayangkan saat bulan puasa sebagai santapan setelah berpuka puasa atau sebagai suguhan para tamu saat lebaran.



5. MIE INSTAN



Hidangan satu ini cukup banyak digemari oleh masyarakat saat ini, dulu hanya dianggap sebagai santapan anak kost ini sekarang menjadi favorit banyak orang tentu dengan olahan yang lebih menarik lagi. Iklan mie instan saat bulan puasa cukup sering ditayangkan dengan menganggap solusi praktis untuk menu hidangan berbuka puasa atau bersantap sahur.



6. PROVIDER SELULER



Persaingan provider telepon seluler selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dan membuat persaingan menghasilkan iklan yang semakin kreatif, tak luput momen ramadhan pun dijadikan sebagai ajang promosi yang cukup gila-gilaan dengan berbagai bentuk programnya seperti Gratis telp ataupun Gratis Internet dengan kemasan yang religius tentunya.



7. MINUMAN BERSODA



Seperti halnya syrup, iklan minuman bersoda juga tak mau kalah beriklan saat bulan puasa. Dengan menyajikan bentuk iklan yang menggoda, iklan ini cukup sukses membuat penonton membayangkan minuman dingin menyegarkan, dan sangat cocok sekali untuk melepas haus & dahaga saat waktu berbuka puasa. Hmmmmzzzzz pasti segar.



8. KENDARAAN (MOBIL)



Sesuai dengan tradisi di Indonesia yaitu mudik lebaran ke kampung halaman baik ke rumah orang tua ataupun saudara. Tradisi ini digunakan sebagai iklan kendaraan bermotor khususnya mobil dengan menggambarkan perjalan mudik menggunakan mobil yang berkapasitas banyak penumpang (mobil keluarga) dan kenyamaan berkendara walaupun menempuh perjalanan jauh.



9. GADGET



Iklan gadget pun cukup marak dengan berbagai kecanggihan yang dimilikinya, selain itu iklan gadget digambarkan untuk mengisi waktu luang selama berpuasa sehingga tidak terasa puasanya karena sibuk dengan gadget (ngegame seharian bahkan ngaskus seharian). Menurut ane juga untuk gengsi pamer saat mudik. kan bangga banget kalau mudik bawa gadget versi terbaru dan merek terkenal pula.



10. RESTORAN CEPAT SAJI



Terlebih saat bulan Ramadan, tak sedikit orang mengandalkan junk food sebagai menu sahur ataupun berbuka puasa, hal ini membuat restoran cepat saji berlomba mengiklankan produknya di televisi untuk menarik para konsumen dengan berbagai menu paketan yang menarik dan menggiurkan seperti paket bedug ataupun paket lainnya dengan layanan yang lebih praktis dan mudah.



11. DEPARTMENT STORE



Meski baru ingin puasa, departement store sudah unjuk gigi dalam merajai iklan di media-media termasuk televisi. Mereka menawarkan ragam diskon gila-gilaan untuk para penonton sehingga berkeinginan membeli kebutuhan makanan atau pakaian. Dan Biasanya diskon untuk harga barang pokok dan pakaian yang menjadi target utama.

***

Itulah tayangan iklan-iklan yang kerap wara-wiri dalam bulan puasa/ramadhan. Bulan strategis, dimana permintaan belanja mulai cenderung tinggi untuk menghadapi lebaran
Apalagi sebagian masyarakat ada di depan TV dalam melewati saat melakukan ibadah puasa.
Bagaimana dengan Kaskuser dimari ?





0
15.5K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.