Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bringharjoAvatar border
TS
bringharjo
Bagikan Sertifikat Tanah, Jokowi Umbar Lagi Janji Pecat Menteri
Bagikan Sertifikat Tanah, Jokowi Umbar Lagi Janji Pecat Menteri

TEMPO.CO, Sukabumi - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sertifikat tanah saat berkunjung ke Sukabumi, Jawa Barat. Di hadapan para penerima sertifikat, dia kembali mengumbar perjanjiannya dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Jokowi dan Sofyan berjanji akan mensertifikasi setiap jengkal tanah di Indonesia. Pada 2017, Sofyan harus membagikan 5 juta sertifikat. Jumlahnya terus bertambah menjadi 7 juta dan 9 juta sertifikat pada 2018 dan 2019.

"Kalau target yang saya berikan tidak terpenuhi, Bapak (Sofyan) saya ganti. Pak Menteri saya ganti. Saya copot, Pak," ujar Jokowi di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 7 April 2018. Pernyataan itu disambut masyarakat yang hadir dengan bersorak menyatakan setuju.

Jokowi mengakui perjanjian itu membuat tekanan hingga ke level bawah Kementerian Agraria. Dia sering mendengar banyak pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) tidak tidur untuk mengejar target.

Namun, menurut dia, begitulah seharusnya pemerintah memberikan pelayanan dengan cepat kepada masyarakat. "Ya, kerja harus diberi target. Kalau enggak ada target, enak," katanya.

Dengan target yang ditetapkan Jokowi, pemerintah kini sudah membagikan 590 ribu sertifikat hanya di Jawa Barat pada 2017. Padahal, sebelumnya, dalam satu tahun hanya 500 ribu sertifikat yang dibagikan BPN. Jokowi menuturkan tahun ini pemerintah menargetkan membagikan 1,2 juta sertifikat di Jawa Barat.

Menurut Jokowi, rendahnya sertifikasi tanah dulu dipicu ulah birokrat. "Yang dulu itu ngurus lama, ditilik-tilik. Sana diminta, sini diminta. Tahu saya, sudah tahu," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan kali ini, Jokowi membagikan 3.063 sertifikat tanah. Sertifikat diberikan kepada warga Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Purwakarta. Sertifikat yang dibagikan merupakan sisa dari sertifikat yang seharusnya dibagikan pada 2017.

Sumber

yang ngomong kok ga ngacaemoticon-Ngakak
salah anak buah ya salah bos jugaemoticon-Betty
Diubah oleh bringharjo 08-04-2018 07:32
0
2K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.