Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bikin Tato Dari 'Jarum' Bambu Trendnya OrangThailand (Berani Cobain?)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bikin Tato Dari 'Jarum' Bambu Trendnya OrangThailand (Berani Cobain?)


[ HT# 306 ]
emoticon-I Love Kaskus


Kita tak asing lagi ketika mendengar seni gambar di badan, Tattoo atau disini disebut dengan Tato adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit manusia yang biasanya dibuat dengan jarum sebagai alat untuk memasukkan pigmen warna tadi ke dalam kulit. Tapi di Thailand membuat tato tidak dengan jarum tapi dengan sebuah bambu yang dibuat setajam jarum suntik! emoticon-Kagets


Membuat tato dengan bambu, bagaimana dengan hasil dan kehigienisannya? Sebelum lebih jauh apa kekurangan dan kelebihan membuat tato dengan alat bambu ini Thailand ternyata memiliki tradisi membuat tato dengan bambu, tato mereka menyebutnya 'Tatau' sebagai sebuah tradisi, mereka menyebutnya dengan Sak Yant dimana biasanya para biarawan dan seniman zaman itu memiliki tato dengan berbagai motif gambar. Tradisi tato dibuat dari alat bantu bambu ini ternyata juga digunakan di Myanmar, India, Thailand, Laos dan Kamboja karena pada saat itu mereka berada di bawah pimpinan kerajaan Khmer.






Seni tato dari bambu asal Thailand ini ternyata sudah ada sekitar 3000 tahun lalu di era kerajaan Khmer, dimana kulit para biarawan dulunya menjadi media pengganti kertas untuk membuat catatan berupa teks-teks agama, bukan berupa gambar-gambar seperti saat ini, tujuannyapun jelas agar salinan ini tak mudah hilang atau luntur. Dan bagi tentara Thailand memiliki tato bambu memiliki aura, penolak sihir, dan memiliki kekuatan magis yang diberikan oleh orang suci disana. Hingga saat inipun tentara Thailand masih memakainya, serta petinju dan selebriti lokal banyak membuat tato dari 'jarum' bambu ini.




Lalu, apakah membuat tato dari bambu itu aman?

Pada umumnya membuat tato itu lokasi dan tempatnya harus benar-benar bersih dan higienis, bukan sembarang tempat seperti dipinggir-pinggir jalan. Jadi baik menggunakan jarum ataupun bambu prinsipnya adalah sama, agar aman dan higiesnis harus berlokasi ditempat yang bersih. Namun setidaknya membuat tato dari bambu lebih organik tanpa bantuan alat listrik, semua dilakukan secara manual.


Apakah membuat tato dari bambu menyebabkan luka?

Berdasarkan pengalaman Taylor di laman taylorstracks yang di olah oleh iskrim.com, yang pernah membuktikan membuat tato dari bambu ini memang lebih banyak meninggalkan luka dibanding dengan jarum, tentu saja karena permukaan daging bambu tidak sehalus jarum, tapi disitulah  seninya, hasilnya memiliki pinggiran dan efek garisnya yang berciri khas, sangat berbeda hasilnya dibanding hasil tato dengan jarum pada umumnya. Meski sedikit lebih menyakitkan tapi hasil yang di dapat menurutnya cukup memuaskan.


Tapi ada keunikan tersendiri juga, membuat tato dengan bambu ini kita sedikit bisa menarik nafas lega karena ditengah pembuatan tato kita bisa beristirahat saat sang seniman tato melakukan isi ulang 'amunisi' tinta pigmen tadi, mereka memerlukan kosentrasi dan konsisten untuk menempatkan tinta pigmen tadi agar tidak menyebar kemana-mana.




Berapa lama luka dari tato bambu akan sembuh?

Terkadang membuat tato umumnya membutuhkan waktu berminggu-minggu, harus melembabkan setiap hari dan menutupnya dengan perban, ini sangat merepotkan. Tapi menurut Taylor membuat tato dari bambu ini tidak membutuhkan waktu lama, penyembuhan luka justeru terbilang lebih cepat dari biasanya.


Dimana tempat membuat tato terbaik?

Kalau kamu sedang berada di Thailand atau berencana membuat tato disana lain menurut Taylor sebaiknya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya, terutama nama dan kualitas pembuat haruslah terjamin dan lokasinya harus benar-benar bersih. Harga mahal etrnyata disana juga tidak menjamin jadi buatlah perbandingan dan tinjau lokasi terlebih dahulu. Rekomendasi dari teman terpercaya adalah cara terbaik disana. Jika kebetulan kam berada di Koh Phangan, Taylor menyarakan ke Freeway atau jika sedang di Koh Tao, pergilah ke B Bamboo Tattoo


Berapa harga membuat tato bambu di Thailand?

Lagi menurut Taylor, soal haga sebetulnya relatif bahkan terkadang harus ada tips tertentu agar hasil yang di dapat benar-benar memuaskan, terlebih jika kamu dianggap turis disana, ajaklah eman lokal disana dan diskusikan perihal harga ini. Untuk sekali mebuat tato biasanya mereka menetapkan harga rata-rata 2000 baht, jika di rupiahkan sekitar Rp 784.294 dan memerlukan waktu setengah jam untuk membuat sebuah tato.


Apakah tato dari bambu memudar?

Ini yang sering ditanyakan sewaktu di Thailand sana, menurut Taylor hasil tato yang dibuat dari 'jarum' bambu ini memang memudah lebih cepat dari tato yang dibuat dari jarum. Alasanya karena 'jarum' bambu ini tak mampu menembus kulit lebih dalam dibanding jarum.









Nah, itulah beberapa info mengenai trend membuat tato dari bambu di Thailand. Yang perlu di ingat adalah membuat tato disini merupakan sebuah tradisi, berbeda dengan membuat tato zaman modern yang menuntut keindahan dan estetis, tapi membuat tato dari bambu hasilnya pun tak kalah bagus. Apakah kamu berminat membuatnya, jika iya silahkan datang ke Thailand dan kunjungi nama yang saya sebutkan tadi diatas.



emoticon-Hai


BACAAN KEREN ISKRIM LAINNYA NIH, GAN


[ HT# 304 ]










guk




MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM  

Web Blog:iskrim.com  




Instagram:iskrimkaskus


Line:Iskrimkaskus 


█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█

ISKRIM .com - BERITA JADI CERITA

Copyright © 2017 - 2018 www. iskrim. com | All Rights Reserved  

Member of Thread Creator - KASKUS





sumur : iskrim.  com | sotoshop : iskrim 
Diubah oleh iskrim 08-04-2018 23:58
0
26.8K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.