Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Kutip Hasta Brata, Mahfud Dukung Jokowi yang Minta Rakyat Optimistis
Kutip Hasta Brata, Mahfud Dukung Jokowi yang Minta Rakyat Optimistis
MATARAM, KOMPAS.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengapresiasi pidato Presiden Joko Widodo yang meminta pemimpin di Indonesia untuk tidak pesimistis menghadapi tantangan.

Mahfud setuju dengan Jokowi yang tegas meminta pemimpin tidak membuat rakyat takut dan pesimistis.

Apalagi, menurut Mahfud, Indonesia memiliki warisan budaya kepemimpinan Hasta Brata. Delapan pedoman kepemimpinan khas Jawa itu juga dinilai sesuai dengan semangat Pancasila.

"Delapan pedoman kepemimpinan Pancasila itu sebagai modal bagi seorang pemimpin agar selalu optimistis dan tidak membuat rakyat pesimistis," kata Mahfud, usai menjadi pembicara di Universitas Mataram (Unram), Sabtu (7/4/2018) malam.

Mahfud menjelaskan, dalam Hasta Brata dikenal istilah seperti surya, chandra, buana, kartika. Arti istilah itu adalah pemimpin harus seperti matahari (surya) yang menyinari, seperti bulan (chandra) yang lembut terhadap rakyat, seperti bintang (kartika) yang mengarahkan, serta memiliki sifat lapang dada (buana).

"Jangan membuat rakyat pesimis. Justru yang menakutkan itu harus disembunyikan agar rakyat itu selalu optimis," kata Mahfud.

Mahfud mengatakan, pidato Jokowi dalam Konvensi Nasional 2018 yang digelar kelompok relawan di Bogor, Jawa Barat, sangat penting dan beralasan untuk dikemukakan saat ini.

"Karena ada tokoh-tokoh lain yang tampaknya membuat pernyataan yang lebih bersifat pesimistis di tengah tengah masyarakat. Oleh sebab itu, sudah tepat Presiden dan kita semua menyatakan optimistis," ucap Mahfud.

https://regional.kompas.com/read/201...yat-optimistis
0
1.3K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.