Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

JenjanneAvatar border
TS
Jenjanne
Sulit mengerjakan matematika sederhana & sulit baca jam, memang ada?
Kenapa sih kok ane selalu sulit menyelesaikan soal-soal matematika sederhana dan kesulitan membaca jam? Ternyata ini disebut Dyscalculia.

Quote:

 
Ciri-ciri anak Diskalkulia

Spoiler for "Ciri-Ciri Anak Diskalkulia":



Dimulai dari pengalaman ane sendiri



Dunia sekolah

Waktu SD ane pernah dapat peringkat pertama 3x dalam 1 tahun (dulu pakai sistem caturwulan), dan ane diikutsertakan ke tes beasiswa di sekolah. Peserta lain cuma 1 orang dari kelas sebelah yg 1 angkatan. Pas ane mengerjakan soal-soal Matematika tuh lamaaa banget, hasilnya ya ane gak lolos.

Waktu SMP pernah dijewer guru di depan teman-teman sekelas karena ane enggak bisa mengerjakan soal matematika yg sangat sederhana untuk tingkatan SMP. Awalnya setiap ada PR Matematika ane selalu coba semaksimal mungkin buat kerjain sendiri tapi akhirnya ane pilih pergi ke rumah sepupu yg tinggal dekat rumah ane buat bantuin kerjain PR itu atau ane kerjain bareng teman-teman (sebenarnya maksudnya nyontek sih hahhaha) sampai lulus SMA.

Dirumah ane bantu jaga warung kelontong keluarga, karena ane sudah 2x kali salah kasih kembalian ke pembeli walau cuma hitungan sederhana, selanjutnya ane biasakan hitung pakai kalkulator.

 
Dunia Kuliah

Kenapa ane masuk fakultas ekonomi? Karena ane suatu saat mau coba wirausaha. Ane masuk jurusan Manajemen dimana ternyata pas udah masuk 60% matakuliahnya mengandung Matematika atau rumus. Kuliah ane juga tidak lulus tepat waktu karena harus mengulang beberapa mata kuliah yg ada Matematikanya. Dosen-dosen juga sampai hafal sama ane karena ane sering ngaret. Hitung rumus pakai kalkulator pun kadang salah.
 
Tes Kerja

Walau ane memenuhi kualifikasi lowongan tetapi ane menjadi satu-satunya peserta yg tidak lulus di tes hitung deret angka. Ane diminta untuk mengulang lagi tes hitung tsb. 

Spoiler for "Contoh Tes Psikotes Hitung Deret Angka":



Di Dunia Kerja

Setelah lulus SMA ane pernah jadi kasir pas liburan sekolah. Satu - dua kali ane hitung sendiri uang pemasukan kasir, sekali hitung bisa 3 sampai 4x. Seterusnya ane minta tolong mbak-mbak sesama kasir untuk selalu hitung pemasukan ane. Ane cuma bertahan 2 minggu dan minta dipindahkan ke bagian lain yg kerjaannya ga pakai hitung uang.

Ane hampir selalu ngaret di kerjaan (atasan-atasan ane selalu menegur kamu telat terus, coba kamu datang lebih awal). padahal ane udah persiapkan semaksimal mungkin 1 malam sebelumnya, contohnya besok mau pakai baju apa aja, alarm udah tersetting otomatis, tapi tetap aja sejak ane bangun tidur sampai pas mau berangkat itu ane sering terlambat.

Di pekerjaan kantoran terakhir ane kerja di bidang jasa keuangan. Untungnya laporan angka yang ane dapat bukan ane input dan hitung sendiri, tapi ane tinggal menyusunnya dalam bentuk laporan.  

Suatu hari ane dipanggil menghadap atasan, keterlambatan adalah salah 1 poin utama penilaian kinerja tahunan di pekerjaan ane.  Atasan ane bilang “kalau kamu begini terus ya masa kerja kamu enggak akan diperpanjang”.  
 
Pekerjaan Ane Sekarang

Karena ane udah capek telat terus jadi karyawan dengan jam kerja  8-5, dan karena beberapa faktor lain juga, maka ane putuskan resign dan ane menjadi pekerja lepas / freelancer. Jam kerjanya atur sendiri hahhaa..
 

Kekurangan Ada Untuk Saling Melengkapi 

Ane alihkan kekurangan ane untuk memperdalam bahasa inggris dan bidang riset pemasaran.
 
Video Motivasi Gangguan Belajar
Ini ada salah satu video Youtube dari master Deddy Corbuzier yg mirip dengan ane, hanya bedanya dia pengidap Dyslexia. Nendang banget buat motivasi.

Spoiler for "Video Motivasi Gangguan Belajar Lain":


 
Agan aganwati ada yg punya pengalaman dengan Dyscalculiajuga? 

Yukk berbagi cerita dengan isi komentar dibawah yaa emoticon-Kiss

 


Sumber :
https://bimba-aiueo.com/3-jenis-gang...jar-pada-anak/
• Youtube Deddy Corbuzier
• Thread Kaskus lain tentang Dyscalculia :
Diskalkulia, gangguan kesulitan berhitung
Anak tak bisa Matematika, hati-hati Diskalkulia


 
Diubah oleh Jenjanne 16-08-2020 18:41
0
2.6K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.9KThread28.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.