yokickAvatar border
TS
yokick
Kasus Langka! JNE YES Paket Tertukar,Salah Kirim,Ga Bisa Klaim Kompensasi
Curhat dikit gan akibat masalah kesalahan dan kelalaian pihak JNE yg terjadi berturut-turut terhadap ane.
Sebelumnya saya mohon maaf, tidak ada motivasi apapun atau maksud sedikitpun untuk menjatuhkan, merugikan atau merusak nama baik JNE. Hanya bertujuan agar pihak JNE lebih memahami kata2 "jaminan uang kembali merupakan komitmen JNE untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan" yg telah mereka buat untuk YES nya.






KRONOLOGI:

- Tanggal 2-3-2016 saya ke JNE Pusat Semarang jl.Kyai saleh mengirim paket + mau komplain barang saya yg datang dlm keadaan hancur (padahal sudah di tulis jelas di resi " Instruksi Khusus: JANGAN DIBANTING").



Saya mengirim beberapa paket, dan kebetulan ada 2 paket YES yg bermasalah, yaitu dgn no. resi SRGAA06077612116 tujuan Jakarta Timur dan SRGAA06077621916 tujuan Solo. Karena saat itu sudah pukul 18.58WIB, dijelaskan bahwa paket tidak bisa sampai dalam 1 hari, tetapi 2 hari, karena waktu pengiriman sudah melewati batas waktu Cut Off YES, dan saya menyetujui.




- Tanggal 4-3-2016 pukul 00.12 WIB saya mendapat pesan dari buyer SRGAA06077612116 tujuan Jakarta Timur, kalo paket yg dia terima salah. Paginya, Ane terlanjur marah2 sama bini ane, bilang kalo dia salah nempelin label alamat pengiriman.(Kesalahan terbesar ane gara2 td ud malam baca pesan, ud ngantuk, jadi gagal paham)

Siangnya baru sambung diskusinya lewat bbm, baru saya paham, ternyata yg dia terima Nama dan alamat pada paket tujuan Solo, tapi resi nya benar atas nama dan alamat dia. Saya tracking resi SRGAA06077621916 tujuan Solo keterangannya: "AU TO CGK 8 - 47488696". Dilihat dari Status pengiriman, jelas kalo pihak JNE tau kalo terjadi kesalahan dari pihak mereka. Tapi kenapa tidak ada satupun pihak JNE yg berusaha menghubungi customer nya????????!!??? (Mohon maaf lahir batin ya binikuuuu tercintaaa.....)



-Sore harinya Tanggal 4-3-2016 ane kirim paket sekalian komplain lagi tentang masalah tersebut. Bahkan sampai ane rekam pembicaraannya biar kl buyer nanyain, tinggal kirimin rekaman percakapannya. Sayang di mari g ada opsi upload file suara ya....
Kesimpulan dari percakapan komplain ane dgn CS JNE:
1. Pihak JNE mengakui adanya kesalahan, dlm hal ini CS salah memasukan resi ke paket. Sehingga mengakibatkan salah kirim.
2. Pihak JNE Memohon maaf yg sebesar-besarnya dan akan Bertanggung jawab mengirim ulang paket ke tujuan yg seharusnya.
3. Pihak JNE tidak memberikan kompensasi klaim Jaminan Uang Kembali Paket YES karena menganggap paket sudah sampai pada waktu yg seharusnya.


Kalo agan2 sekalian baca pasti ketawa kan di point 3 ? hehehe... Kalo g dongkol, ane g akan bikin thread ini...
Pada waktu itu, saya bilang ke CS nya:
1. Paket tujuan jakarta memang sampai tepat pada waktu yg seharusnya, tapi paket yg di kirim salah.
2. Paket tujuan solo belum sampai, karena paketnya diterima oleh penerima tujuan jakarta.
3. Karena kesalahan tersebut, proses pengiriman otomatis bisa jadi lebih lama, melebihi proses normal JNE REG, Bahkan JNE OKE.

Tapi steatment ane itu hanya bagaikan angin lalu. Klaim tetep tidak bisa di terima pihak JNE. CS tetap bersikeras pada jawabannya. Sampe2 ane bilang "ini saya rekam lho! Itu jawabanmu sendiri atau memang jawaban dari JNE?!?! Coba tanyain dulu!" Trus si CS pergi sebentar ke belakang dan kembali lagi dgn penjelasan "Sudah saya tanyakan mas. Memang prosedur peraturan JNE seperti itu mas". Akhirnya... ya sudahlah dia bisa apa, saya bisa apa? Percuma jg kan debat. Toh si CS jg cuma menjalankan tugas. Lagian g enak jg sering ngirim disitu, sering ketemu, sering sapa, drpd ane berkeras mlh ntar jadi g enak hubungan nya sama si CS.

SARAN dan KRITIK ane buat JNE (semoga orang JNE ada yg baca dan Follow Up):
1. Perbaiki pelayanan, agar tidak semakin banyak komplain dari Customer.
2. Tanggapi setiap komplain dgn follow up yg memuaskan customer dengan win win solution. Bukan malah membuat ketidak puasan, sehingga para customer pada buat surat2 cinta seperti ini. Jgn merasa tetap laku/tetap dibutuhkan walaupun ada surat2 cinta seperti ini.
3. Jika telah membuat komitmen, Jalankan komitmen yg ud ente buat sendiri. Jaminan uang kembali ya kembalikan.
4. Ganti nama paket YES (Yakin Esok Sampai) dengan nama IAES (Insya Allah Esok Sampai). Jadi kalo esok ga nyampe, ya Insya Allah esoknya lagi baru nyampe. Kalo esoknya lagi belum nyampe, berarti esoknya esoknya lagi Insya Allah baru nyampe. Dengan nama "Insya Allah", pasti Insya Allah jg customer bisa terima apapun alasan kendala pihak JNE karena Insya Allah.


Demikian curhatan ane gan...
Mau baca silahkan, mau komen silahkan... Yg jelas ane ud agak lega nulis uneg2 ane hari ini... Hanya Tuhan dan ente2 yg tau...
Yg penasaran pengen minta rekaman pembicaraan ane ama CS JNE, silahkan PM gan. Kl sempet, ane bagi,,,

Sekian dan terima kasih....
Diubah oleh yokick 04-03-2016 21:13
0
34K
70
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.