deendangsAvatar border
TS
deendangs
Mari Berkenalan Dengan Teknik Hacking Kakak Beradik (DoS & DDoS)
Assalamualaikum?


Follow ig Jagat Teknologi yuk.
Biar bisa dapet info-info seputar teknologi.

Jagat Teknologi

Atau cari dengan username @jagat_teknologi

Spoiler for Pembuka:


Langsung saja ke TEKAPE!!!
emoticon-Ngacir2

  1. Pengertian DoS (Denial of Service)




DoS adalah sebuah teknik hacking dimana sang penyerang mengirimkan ping secara terus menerus ke sebuah server yang dapat menyebabkan server tersebut menjadi down.
DoS hanya menggunakan satu buah komputer untuk mengirimkan permintaan/ping tersebut.

Gambaran sederhana nya seperti ini. Komputer penyerang akan bertanya ke server yang menjadi target "halo gan. Apa di sini ada orang?" Dan si server pun menjawab "ya gan di sini ada orang". Namun sang penyerang melakukan pertanyaan itu terus menerus tanpa menunggu jawaban dari server sehingga server pun tidak dapat menangani permintaan tersebut.

tentu saja itu hanya akan berlaku jika server hanya memiliki sedikit bandwidth. Maka dari itu DoS tidak akan berpengaruh terhadap server yang mempunyai bandwidth yang melimpah seperti facebook. 

Karena ketidakmampuan DoS untuk menumbangkan target dengan sumber daya yang melimpah terciptalah teknik yang lebih ampuh dibandingkan DoS. Yaitu DDoS.

  1. Pengertian DDoS (Distributed Denial of Service)



Jika sumber daya target lebih besar dari pada yang dimiliki sang penyerang tentu saja teknik DoS tidak akan berguna.
Namun belum tentu target bisa menangani serangan jika sang penyerang menggunakan teknik DDoS. sebenarnya DoS dan DDoS tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan mendasar dari kedua nya hanya terletak pada jumlah komputer yang digunakan.

Jika DoS hanya menggunakan satu buah komputer saja untuk menyerang. Sedangkan DDoS menggunakan beberapa komputer. Bisa 2,10 bahkan 100. Komputer-komputer tersebut bisa saja telah dijadikan zombi oleh sang penyerang yang biasa disebut dengan teknik botnet. Maksudnya komputer itu telah diserang dahulu oleh sang hacker dan dikendalikan dari jarak jauh. Sehingga sipenyerang hanya tinggal mengirim kan sinyal dari komputer nya ke komputer zombi untuk melakukan penyerangan. bisa juga sebuah komunitas yang terorganisir yang sudah menjadwalkan waktu penyerangan.

Situs-situs besar yang pernah mengalami pahitnya serangan DDos adalah amazon,ebay yahoo dan mungkin masih ada yang lain nya.

DDoS akan menguras habis sumber daya dari target. Seperti bandwidth atau disk space sehingga pengguna yang terdaftar tidak bisa memakai sumber daya yang ada. karena sudah terkuras habis oleh sang hacker.
Salah satu teknik yang termasuk kedalam DDoS  adalah Request Spoofing di mana sang penyerang akan terus menerus mengirimkan request terhadap suatu data kepada target sampai target tidak bisa menangani permintaan tersebut.

Disini saya hanya menjelaskan secara garis besar nya saja. sayapun tidak menyertakan cara pencegahan nya. karena agar sesuai dengan judul di mana kita hanya berkenalan saja dengan teknik ini. 

Orang baik memberikan emoticon-Rate 5 Star

Orang baik memberikan emoticon-Toast

Orang baik gak akan ngasihemoticon-Lempar Bata

Kritik saran silahkan di komeng. dan jika ada yang punya ide saya harus bikin thread apa lagi silahkan PM aja jangan malu-malu. Insya allah jika saya menguasai materinya saya akan bahas.

Semoga bermanfaat.
Diubah oleh deendangs 05-02-2020 09:15
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
15.7K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.