Pada tanggal 23 maret 2018, saya ingin melakukan transaksi pada platform bukalapak menggunakan metode pembayaran kredivo. pada saat itu transaksi saya dinyatakan gagal oleh pihak kredivo dan akun saya ter suspended.
Jam 10 pagi setelahnya, saya menghubungi pihak kredivo dan di terima oleh salah satu cs kredivo bernama vita. dari situ saya ingin menanyakan kenapa akun saya bisa ter suspend, pihak kredivo hanya menjelaskan bahwa akun saya tersuspend akibat adanya isu keamanan yang tidak dapat di jelaskan detailnya. dan akun saya tidak dapat di gunakan lagi untuk selamanya.
saya sebagai pengguna sejak 2016 kecewa dengan keputusan yang di ambil sepihak oleh pihak kredivo. dan ini adalah suspend pertama saya sejak menggunakan aplikasi mereka. padahal kredit saya tidak pernah telat dan tidak ada satu pun pembelian barang yang menyalahi aturan kredivo.
Tapi dari kejadian ini saya lebih kecewa lagi saat saya ditolak untuk meminta penghapusan data-data yang sudah di rekam oleh pihak kredivo. karena saat melakukan registrasi, kredivo mensyaratkan data data pribadi seperti KTP, STNK, KK, NPWP, dan dokumen lainya dalam bentuk foto/scan asli.
Pihak cs hanya menyatakan bahwa akun yg ter suspend tidak dapat di gunakan kembali dan data data yg sudah masuk sudah di enkripsi sehingga aman. Ini jelas berbeda dengan pernyataan pihak kredivo terkait kebijakan privasi mereka.
Quote:
"FinAccel menggunakan langkah keamanan fisik, teknologi dan administratif yang wajar untuk melindungi informasi yang dikumpulkan. Akan tetapi, tidak ada metode transmisi melalui internet, atau metode penyimpanan elektronik yang 100% aman. Oleh karena itu, walaupun kami menggunakan cara yang secara komersial dapat diterima untuk melindungi informasi yang kami kumpulkan, kami tidak dapat menjamin keamanan mutlaknya"
Saya yang sudah lama bekerja pada perushaan Informasi Teknologi tau dengan sistim keamanan ter enkripsi itu seperti apa. tidak ada jaminan teknologi enkripsi saat ini mutlak aman tidak bisa di bobol.
Saya terus menekankan bahwa saya ingin penghapusan data-data pribadi saya dari database kredivo. serta meminta bukti tertulis atasnya. Tapi pihak kredivo menyatakan tidak dapat melakukan hal itu.
sungguh mengecewakan.
Sebuah pemrograman database mana yang hanya dapat melakukan input, tidak bisa melakukan output?
Hingga saat ini saya masih mempertanyakan sejauh mana kredivo mengamankan data para pengguna nya? dan sejauh mana mereka merekam data data pengguna yg statusnya sudah suspend?
Tujuan saya berada di surat pembaca ini hanya satu, Saya ingin penghapusan data-data akun yg telah ter suspend permanen demi melindungi privasi sebagaimana yang tertulis dalam undang undang hak privasi pasal 28G ayat(1) UUD 1945.
Terimakasih.
Muharam. Bekasi 4 april 2018
Attachment