• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Need Info, Saran, Bantuan Dan Doa. Bayi Ane Ada Kelainan Spina Bifida Dan Clubfoot

nuchanzAvatar border
TS
nuchanz
Need Info, Saran, Bantuan Dan Doa. Bayi Ane Ada Kelainan Spina Bifida Dan Clubfoot
Anaku yg baru lahir kena spina bifida + CTEV / Clubfoot /pengkor

Bismillahirrohmanirohim.
Meskipun kaskus gak seramai dulu moga tulisan ini jadi tambahan ilmu buat yang lain juga biar ane dan istri tambah kuat

Kemaren hari minggu istri melahirkan anak ke 3 kita. Pas banget ane libur karna tiap hr ane kerja d jakarta kl hari minggu libur pulang dulu ke sukabumi. Begitulah seminggu sekali balik ke kampung. Istri melahirkan lebih cepat dr perkiraan juga dg proses yg sangat lancar cuma 2jam an bayi bisa lahir dg selamat.

Pas sudah d mandikan bayi bu bidan kasih tau dg rasa penuh harap kelainan anak ke 3 ane. Ada tonjolan d punggung bawah yg sangat lembek dan kaki tungkai bengkok dua duanya (club foot). Jedddaaar serasa mimpi..... Bibir terpaku dada berhenti bernafas tak berkata. Mata dengan berkaca2 ane adzan si dede yang tanpa dosa ini. Langsung saya izin mau ke masjid dulu. Shalat dhuha sambil nangis... Ane kasihan lihat ibunya setelah berjuang dalam kehamilan dan proses persalinan. Ane takut istri drop. Setelah shalat ane berusaha buat bersikap biasa saja tanpa air mata. Memberikan senyuman sama istri sebagai ucapan trrima kasih. Alhamdulillah istri tersenyum dg keringat yg masih nempel d wajah istri ane.

Tak lama bu bidan nyamperin ane kasih semangat dan ngasih saran buat ngerujuk dede bayi ke rumah sakit. (istri ane melahirkan di puskesmas) dia bilang bayi kita rujuk ke RS nanti kakinya bisa diterapi (alhamdulillah pikir ane ada harapan). Karna bpjs bayi blm jadi bu bidan bilang nanti ambulance nya bayar 450rb. Ane bilang gpp. Gak lama jalan lah ane sama kakak ipar ane (cewek) dan d temani perawat puskesmas ke RS di bunut sukabumi.

Sampai RS dede bayi lgsg masuk inkubator sedih lihatnya kasian. Setelah daftar selesai ane browsing tentang kelainan bayi ane. Betapa kagetnya ane. Lemes ternyata anak ane mengidap Spina Bifidis dimana saraf dan sejenis cairan gitu menonjol keluar dari punggung akibat tulang punggung tidak menutup sempurna. Inilah yg membuat maslah timbul kemana2.

Harus operasi perbaikan tonjolan d punggung
Kemungkinan kena hydrosepalus. Harus d pasang selang untuk cairan ke otak (ane kurang gt tau bahasanya)
Akibat itu pula anak ane kakinya jd clubfoot (katanya bisa d gips gt)
Anak ane d vonis lumpuh kaki, tidak bisa ngontrol pipis dan BAB (semoga Allah kasih keajaiban)

Istri ane sdh d rumah dlm masa pemulihan. Istri tahunya ada benjolan dan gak sedetail itu. Karna ane takut kondisi istri down. D tambah sekarang aja dia sedih d jauhkan dr anaknya. Karna jarak rumah dan RS jauh.
Sedih banget. Kadang berpikir Allah begitu gak adil saat ini sama ane. Ane sedih liat istri pas hamil ngajinya sering. Apa karna dosa saya sampai Allah ngehukum saya begini. Ane bkn dr kluarga mampu.

Ane serasa di banting2. Tidak cukup memikirkan 2 operasi akibat spina bifida, ane harus berpikir sembuhkan clubfoot kaki anak ane, selain itu anak ane d vonis lumpih kaki (meskipun ane yakin anak ane bakal bs berjalan)
Ditambah juga istri ingin ketemu bayi. Dan ane gatau harus bilang gmn masalah kelainan si dede bayi. Istri taunya ada luka d punggung. Ane takut istri ane jd drop apalagi dia msh dalam masa pemulihan pasca persalinan (istri ane orangnya gampang sakit dan sering pingsan)

Kl kerja g ada yg urus dan kasih semangat istri karna bayi harus bolak balik RS ane gamau lihat istri ane sedih. Kl gak kerja tentu tidak ada penghasilan.
Entahlah bagaimana. Smoga Allah kasih yg terbaik untuk keluarga ane
Terima kasih sudah meluangkan waktu. Doa saya untuk yg sedang hamil atau mau punya anak semoga anaknya sehat, normal dan dapat melhirkan dengan cara yg sehat dan normal pula. Yg udah punya baby semoga babynya tetep sehat selalu. Aamiin

Saat ini dede bayi msh d RS blm bisa pulang karna benjolannya ada luka tunggu kering (gatau sampai kapan) si dede bayi baru bisa di operasi setelah usianya minimal 10 minggu. Sementara saya berpikir pengobatan clubfoot nya dulu, tp sampai sekarang anak ane blm di cek oleh dokter orthopedi.

Buat yang mau ksh saran, doa, bantuan apapun itu, bisa comment di kaskus ini

Thanks All


kop
Diubah oleh nuchanz 16-04-2018 01:14
0
11.2K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.