• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tips Buat Kalian yang Berencana Terbang Bareng Bayi dan Anak-anak

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Tips Buat Kalian yang Berencana Terbang Bareng Bayi dan Anak-anak

Ilustrasi persiapan terbang, via tescoliving 


1. Pastikan semua jadwal kalian telah fix: jadwal penerbangan sudah fix, hotel sudah di booking, dan kalian juga sudah mengetahui moda transportasi yang akan digunakan untuk pergi dari rumah ke bandara, dari bandara ke hotel, dan sebagainya. Jika perlu, pantau terus jadwal flight untuk memastikan tidak ada perubahan rencana penerbangan. Begitu juga dengan jadwal booking hotel, pastikan jika bookingan kalian tidak bermasalah.
Kenapa masalah ini terasa penting?

Saat masih single dan jadi solo traveler, kalian mungkin masih sangat fleksibel mengenai jadwal penerbangan, hotel, dan lain-lain. Tapi jika membawa bayi dan anak-anak, kalian akan mudah terserang stress jika ada kendala di perjalanan. Orang tua yang stress akan memicu bayi dan anak-anak untuk ikut stress juga, dan akhirnya jadi rewel. Saya pribadi pernah mengalami stress karena bookingan hotel ternyata bermasalah hanya dalam waktu beberapa jam sebelum flight. Untungnya kami segera mendapat hotel pengganti, sehingga acara traveling bisa berjalan sesuai rencana.

2. Jika si kecil harus minum susu atau obat selama di perjalanan, cek lebih dulu batas maksimum cairan yang diijinkan masuk ke dalam kabin. Kalau memungkinkan, pindahkan cairan tersebut ke dalam botol yang ukurannya sesuai standar yang diijinkan oleh maskapai tersebut. Saya pernah mengalami botol vitamin milik si kecil dibuang oleh petugas di Changi karena ukurannya melebihi ketentuan, padahal isinya tinggal setengahnya saja.

3. Saat terbang bersama bayi yang harus minum susu formula, pastikan kalian menyiapkan botol kosong dan susu ekstra di dalam tas yang masuk kabin. Jangan sampai si bayi menjadi rewel karena orang tua tidak bisa segera menyiapkan susunya. Sedangkan jika bayi minum ASI, sang ibu harus mengenakan pakaian yang mudah untuk menyusui atau siapkan nursing cover di dalam tas yang dibawa-bawa.

4. Jika bayi sudah memasuki masa MPASI, siapkan peralatan dan makanan yang diperlukan dalam tas yang masuk kabin. Tapi jangan lupa cek dulu ketentuan yang berlaku di maskapai yang akan kalian naiki. Biasanya mayoritas maskapai mengijinkan orang tua untuk membawa makanan bayi instan maupun makanan kaleng untuk bayi. Sedangkan untuk air panas bisa minta pada kru di dalam pesawat.

5. Sedangkan jika pergi membawa anak-anak, kalian bisa menyiapkan aneka cemilan untuk disantap saat di dalam pesawat. Sebaiknya hindari membawa bekal makanan manis, karena itu bisa membuat anak-anak jadi kelebihan energi; dan hindari membawa makanan yang lengket dan mudah berantakan saat disantap. Adapun cemilan yang disarankan: krackers, buah-buahan kering, permen asam-segar, granola bars, kacang-kacangan, keju). Sedangkan kalaupun menyiapkan cemilan manis (seperti permen), lebih baik pilih cemilan sugar free.

6. Jika membawa lebih dari satu anak, siapkan snack untuk masing-masing anak. Jangan sampai terjadi pertengkaran hanya karena mereka berebut makanan (seperti yang biasa dilakukan di rumah).

7. Pastikan juga kalian menyiapkan pakaian cadangan (milik si kecil dan orang tua) di dalam tas yang bisa masuk kabin. Selalu ada kemungkinan kalau si kecil akan mengalami mabuk perjalanan (dan mungkin saja akan muntah). Menyiapkan pakaian cadangan dalam tas kabin akan memudahkan kalian untuk segera ganti baju (dan mengganti baju si kecil) tanpa harus menunggu pesawat mendarat. Oya, pastikan juga kalian membawa kantong plastik cadangan untuk membawa baju kotor jika sewaktu-waktu harus ganti baju.

8. Jika si kecil sudah bisa membawa tas sendiri, bekali si kecil dengan mini backpack berisi beberapa perlengkapannya, seperti tisu basah, pampers, minyak kayu putih, dan lain-lain. Tisu basah menjadi salah satu item yang nggak boleh terlupakan! Jika perlu, kalian bisa membawa lebih dari satu pack.

9. Jangan lupa membawa obat-obatan yang mungkin akan diperlukan oleh si kecil, seperti minyak kayu putih, obat anti mabuk, dan obat-obatan lain yang biasa dikonsumsi oleh si kecil saat sakit. Masukkan obat-obatan ini dalam tas kabin.

10. Beberapa orang tua ada yang suka memberikan obat tertentu agar si kecil tidur selama di perjalanan. Tips ini sangat tidak dianjurkan, ya! Selalu ada kemungkinan kalau si kecil malah akan jadi mabuk dan gelisah karena pengaruh obat, yang malah akan membuat penerbangan jadi seperti di neraka.

11. Pastikan bayi dan anak-anak mengenakan pakaian yang nyaman selama di penerbangan. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu banyak renda dan terlalu rumit untuk dikenakan, karena hal-hal seperti itu kerap memicu ketidaknyamanan pada bayi dan anak-anak.

12. Bawa beberapa mainan kesayangan si kecil dalam tas kabin. Kalian juga bisa membawa beberapa buku mewarnai beserta alat warnanya, membawa buku cerita kesayangannya, atau kalian bisa juga men-download film-film kesayangannya maupun men-download aneka permainan menarik untuk dimainkan selama penerbangan. Jangan lupa membawa tab (jika ada) atau DVD player portable, karena ini berguna sekali untuk membunuh kebosanan selama penerbangan.

13. Ingat-ingat juga benda kesukaan si kecil yang selalu bisa membuatnya tenang. Apakah dia selalu berhenti menangis jika diberikan mainan Dinosaurusnya? Atau dia selalu bisa tidur nyaman jika menggunakan bantal khususnya? Selama ukurannya memungkinkan untuk masuk kabin, masukkan benda itu dalam barang bawaan kalian ya!

14. Masih nggak yakin bayi dan/atau anak-anak kalian tidak akan bersikap rewel selama di perjalanan? Mungkin kalian bisa meniru tips yang dilakukan oleh smart parent berikut ini:


Bingkisan yang disiapkan oleh orang tua untuk penumpang lain di pesawat, via today


*             *             *             *             *




0
5K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.