Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Ide Kreatif Tanpa Ilmu, Bahaya?
Ide Kreatif Tanpa Ilmu, Bahaya?
source: trafoz.com

Suatu sore, saya duduk santai di atas motor teman saya. Tiba-tiba pemiliknya datang. “Permisi, Bang! Saya mau ngeces HP dulu,” ucapnya. Saya berdiri dan memperhatikan dia membuka jok motor. Saya pikir dia mau ngambil charger HP. Dia menarik Port USB yang ada kabelnya, lalu mencolokkan HP-nya ke sana.

Saya terkejut, karena saya kira itu semacam “kunci rahasia”, atau sejenis “remote control” untuk pengaman motor. Namun ternyata sebuah charger HP yang terhubung ke aki motor. Saya tahu, motornya bukan tipe terbaru yang punya piranti khusus untuk ngecas HP. Jadi, jelas itu “alat rakitan” yang dibuat sendiri.
Quote:

Di sini saya tidak bermaksud memberikan tips atau toturial cara bikin charger dengan aki motor, sebab sudah ada Kaskuser yang bikin thread tentang itu. Lagian, sekarang juga sudah banyak Bank Daya atau Power Bank, sebagai catu daya cadangan untuk HP. Saya hanya ingin membahas ide kreatif teman saya itu. Yah, dia memang kreatif. Saya sendiri tak pernah terpikir untuk melakukan itu, meski saya sedikit-sedikit mengertilah soal elektrik dan elektronik.

Berbahayakah ide kreatif tanpa ilmu? Ya, tergantung jenis idenya sih. Kalo gagasan dan pemikiran yang berhubungan dengan elektrik, elektronik dan bahan-bahan kimia, tentu sangat berbahaya. Sangat diperlukan ilmu sebagai dasar untuk mencoba atau mengembangkan ide tersebut. Sebab hal-hal yang berhubungan dengan listrik, jika tidak ditangani dengan basicilmu, bahayanya minimal bisa merusak perangkat elektronik itu sendiri. Risiko terburuknya bisa kesetrum, terjadi ledakan, bahkan kebakaran.
Ide Kreatif Tanpa Ilmu, Bahaya?
Karena itu, untuk keamanan dalam mencoba ide kreatif yang berhubungan dengan elektronik dan bahan kimia, sebaiknya lakukan atau persiapkan dulu hal-hal berikut:


1. Cari Informasi Sebanyaknya

Ide Kreatif Tanpa Ilmu, Bahaya?
Source: job-like.com

Pengetahuan seputar ide tersebut, pelajari dulu dengan seksama. Banyak bahan yang bisa diperoleh melalui internet, baik dalam bentuk toturial, video, dan sebagainya. Atau bisa juga bertanya dan dibimbing oleh yang ahlinya. Setelah semuanya dipahami dengan baik, baru diadakan percobaan. Kalaupun terjadi kegagalan, risikonya mungkin tidak sebesar apa yang dilakukan tanpa dasar ilmu.

Seperti yang dilakukan teman saya tersebut, risikonya cukup besar. Apalagi kalau dia meletakkan HP di dekat tangki bahan bakar. Jika HP meledak, kemungkinan besar motornya juga meledak, sebab api akan menyambar bahan bakar yang ada di dekatnya. Sedangkan motor terbaru yang ada charger HP, itu sudah dirancang sedemikian rupa oleh pabriknya untuk keamanan dan keselamatan.


2. Lakukan Percobaan pada Barang Bekas

Ide Kreatif Tanpa Ilmu, Bahaya?

Setelah punya pegetahuan yang cukup untuk melakukan percobaan, lakukan pengujian dengan barang-barang bekas. Misalnya HP yang sudah tidak terpakai, sehingga andai terjadi kegagalan, maka yang rusak adalah benda yang memang sudah tidak diperlukan lagi. Teman saya tersebut langsung mengeces HP yang masih bagus dan ia pakai. Andai terjadi kerusakan, tentu itu sangat merugikan. Harusnya uji coba dulu dengan baterai HP yang sudah tidak terpakai atau bekas.
Ide Kreatif Tanpa Ilmu, Bahaya?
Nah itulah sekurangnya tips aman untuk mencoba ide kreatif yang berhubungan dengan listrik/eletronik. Silakan ditambahkan jika Agan dan Sista punya pengalaman lain. Terima kasih sudah berkunjung.(*)
******
Diolah berdasarkan pengalaman sendiri.
Diubah oleh Aboeyy 05-04-2018 14:15
0
10.3K
69
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.