Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Gurih-gurih Sedap Click Bait, antara Ekspektasi dan Fakta
Gurih-gurih Sedap Click Bait, antara Ekspektasi dan Fakta

Credit : thedailybeast.com

Di zaman sekarang ini informasi mengalir begitu derasnya, kemunculan internet dalam beberapa dekade silam telah mengubah cara orang mendapatkan informasi, kini setiap orang dengan mudahnya bisa mendapatkan berita lewat perangkat-perangkat yang dimilikinya. Bukan hanya televisi saja, kini lewat perangkat komunikasi yang memiliki koneksi internet, informasi bisa di dapatkan.

Banyak sekali informasi yang bertebaran di internet, berbagai macam jenis informasi dan alamat domain bercampur aduk disini. Semakin banyaknya pengguna internet, semakin banyak pula informasi yang mengalir, bahkan tak jarang para pembuat media seperti media cetak atau elektronik mengembangkan sayapnya membuka portal berita di internet yang lebih mudah untuk diakses oleh pembaca atau audiens dalam mendapatkan berita.
Gurih-gurih Sedap Click Bait, antara Ekspektasi dan Fakta

Credit : digitalentrepreneur.id

Semakin banyak domain di internet terutama portal berita online tentunya  akan membuat semakin banyak persaingan untuk menaikkan traffic pengunjung di websitenya, jika dulu yang sering disebar adalah informasi-informasi yang penting saja, maka kini segala hal informasi mau penting atau tidak penting di share di internet, tak jarang status media sosial seseorang bisa menjadi bahan berita yang menarik di internet.

Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat baik dulu maupun sekarang selalu haus akan informasi. Seringkali kita banyak menemukan berita-berita yang mengandung click bait dengan judul yang terlihat wah namun isinya biasa-biasa saja, entah sejak kapan mulai marak sekali click bait di internet, jurus click bait ini biasanya digunakan oleh sebagian pembuat berita atau pemilik fanspage di media sosial. Sampai hari ini penggunaan click bait pada berita masih marak dilakukan, hampir di semua media berita selalu ditemukan click bait entah di media berita populer ataupun media berita yang biasa-biasa aja.

Penggunaan Click bait pada judul berita dalam konten tulisan atau video, memang harus diakui efektif dalam menggaet para pembaca dan menambah banyak pengunjung, hal inilah yang terkadang bisa membuat sang penulis berita semakin kecanduan membuat judul berita yang clickbait. Satu sisi orang tersebut bisa mendapat kepuasan dengan bisa bertambahnya banyak pengunjung, namun disisi lain bisa membuat efek negatif bagi pembuat click bait dalam jangka panjang, karena seringkali berita click bait bisa mengecewakan para pembaca bila tulisan yang dia baca tidak sesuai yang diharapkannya. Bila pembaca sudah kecewa, bukan hal mustahil akan ditinggalkan oleh pembacanya.
Gurih-gurih Sedap Click Bait, antara Ekspektasi dan Fakta

Credit : komunikasipraktis.com

Sekilas tentang click bait rasanya tiada ada yang aneh dan terlihat hanya sebagai salah satu trik dalam menggaet banyak pembaca, namun saat berita yang mengandung click bait itu berisi hoax, itu sangat berbahaya dan bisa meresahkan banyak orang. Terkadang membuat berita atau konten yang mengandung click bait seringkali membuat sebagian pembaca tidak nyaman dibuatnya, seperti judul yang terlalu hiperbola atau terlalu lebay.

Mengenai click bait ini, ane sih berpendapat bahwa penggunaan kata click bait sebaiknya dihindari, penggunaan click bait ibaratkan kita makan-makanan yang gurih-gurih sedap namun ada efek samping setelahnya jika dilakukan berlebihan. Jikalau memang harus membuat tulisan yang click bait, pastikan sampaikan dengan benar (tanpa adanya hoax dan provokasi) dan gunakan bahasa yang menarik namun tak terkesan lebay di mata pembaca.

Sekian paparan ane kali ini, tulisan ini hanya sekedar opini pribadi dan tidak bermaksud menjelekkan seseuatu.  Agan dan sista ada pendapat lain? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber tulisan : Opini Pribadi
Sumber gambar via google images




Quote:






Diubah oleh tafakoer 28-03-2018 01:07
0
9.4K
59
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.