News
Batal
KATEGORI
link has been copied
956
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac1d7ee1854f72e638b457c/bandingkan-azan-dengan-kidung-ibu-indonesia-puisi-sukmawati-disoal
Baru-baru ini beredar video pembacaan puisi oleh Sukmawati Soekarnoputri yang di dalam bagiannya ada yang menyinggung mengenai azan dan cadar. Puisi ini dipersoalkan.
Lapor Hansip
02-04-2018 14:12

Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal

Past Hot Thread
Jakarta - Baru-baru ini beredar video pembacaan puisi oleh Sukmawati Soekarnoputri yang di dalam bagiannya ada yang menyinggung mengenai azan dan cadar. Puisi ini dipersoalkan.

Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal

Puisi itu dibacakan Sukmawati dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018. Sukmawati diberi kesempatan maju ke panggung dan membacakan Puisi 'Ibu Indonesia' karyanya sendiri.

Berikut isi lengkap puisi Sukmawati tersebut:

Ibu Indonesia

Aku tak tahu Syariat Islam
Yang kutahu sari konde ibu Indonesia sangatlah indah
Lebih cantik dari cadar dirimu
Gerai tekukan rambutnya suci
Sesuci kain pembungkus ujudmu
Rasa ciptanya sangatlah beraneka
Menyatu dengan kodrat alam sekitar
Jari jemarinya berbau getah hutan
Peluh tersentuh angin laut

Lihatlah ibu Indonesia
Saat penglihatanmu semakin asing
Supaya kau dapat mengingat
Kecantikan asli dari bangsamu
Jika kau ingin menjadi cantik, sehat, berbudi, dan kreatif
Selamat datang di duniaku, bumi Ibu Indonesia

Aku tak tahu syariat Islam
Yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok
Lebih merdu dari alunan azan mu
Gemulai gerak tarinya adalah ibadah
Semurni irama puja kepada Illahi
Nafas doanya berpadu cipta
Helai demi helai benang tertenun
Lelehan demi lelehan damar mengalun
Canting menggores ayat ayat alam surgawi

Pandanglah Ibu Indonesia
Saat pandanganmu semakin pudar
Supaya kau dapat mengetahui kemolekan sejati dari bangsamu
Sudah sejak dahulu kala riwayat bangsa beradab ini cinta dan hormat kepada ibu Indonesia dan kaumnya.

Pengurus Persaudaraan Alumni 212, Kapitra Ampera telah menyimak video tersebut. Menurut Kapitra yang juga merupakan pengacara Habib Rizieq ini, ada dugaan pelanggaran dalam puisi itu.

"Saya mendapatkan video itu tadi pagi. Sudah saya cermati ada mengenai adzan dan cadar, menurut saya ada dugaan kuat mendiskreditkan agama," ujar, Kapitra Ampera kepada wartawan, Senin (2/4/2018).

Menurut Kapitra, Sukmawati tidak seharusnya membanding-bandingkan adzan dengan Kidung Pancasila. Adzan yang merupakan panggilan untuk ibadah, lanjut Kapitra, tidak bisa dibandingkan dengan hal lain.

"Jangan banding-bandingkan adzan. Adzan itu panggilan ibadah," tutur Kapitra.

Dihubungi terpisah, Sukmawati mengatakan apa yang disampaikannya adalah pendapat pribadi sebagai budayawan. Menurut Sukmawati tidak ada isu SARA saa sekali dalam puisi yang dibawakannya.

"Saya nggak ada SARA-nya. Di dalam saya mengarang puisi. Saya sebagai budayawati berperan bukan hanya sebagai Sukmawati saja, namun saya menyelami, menghayati khususnya ibu-ibu di beberapa daerah. Ada yang banyak tidak mengerti syariat Islam seperti di Indonesia timur di Bali dan daerah lain," kata Sukmawati.

https://m.detik.com/news/berita/d-39...kmawati-disoal

Kalo gak tau syariat baiknya belajar bu, bukan puisi menyudutkan...
Diubah oleh KaskusKreator
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 51
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:17
Asbun goblok ini orang..
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:19
buset dah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:19
ancam segera bangkenya bray emoticon-Marah
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:29
emoticon-Takut
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:30
Waah 212 langsung gercepemoticon-Kagets
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:31
guoblok.
nyungsep bareng hoktod neh bentar lagi emoticon-Leh Uga
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:39
hmmm... karena bawa2 azan jadi mendiskreditkan?

gampang amat didiskredit kan

no komen dah
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:41
Quote:Original Posted By bhiineekaa








Dulu kala di tahun 600 an masehi
Masih masa Byzantium, Persia dan Ethiopia dll.

Ada "pemerintahan" baru di mekah yang dipimpin oleh seorang yg bernama muhammad. Pemimpin ini kemudian mengirimkan utusannya Abdullah ibn Huzafah untuk menyampaikan surat ke Raja Khosrau II di kerajaan Sassanid/Persia.

Surat yang isinya sama kemudian dikirimkan ke kerajaan byzantium, Ethiopia dll.

Isi suratnya demikian:



بسم الله الرحمن الرحيم
من محمد رسول الله الى كسرى عظيم الفارس . سلام على من اتبع الهدى و آمن بالله و رسوله و شهد ان لااله الا الله وحده لاشريك له و ان محمد عبده و رسوله. ادعوك بدعاء الله، فانى رسول الله الى الناس كافة لانذر من كان حيا و يحق القول على الكافرين. فاسلم تسلم . فان ابيت فان اثم المجوس عليك .

English translation:

In the name of Allah, Most Gracious, Ever Merciful
From Muhammad, Messenger of Allah, to Chosroes, Ruler of Persia. Peace be on him who follows the guidance, believes in Allah and His Messenger and bears witness that there is no one worthy of worship save Allah, the One, without associate, and that Muhammad is His Servant and Messenger.

I invite you to the Call of Allah, as I am the Messenger of Allah to the whole of mankind,
so that I may warn every living person and so that the truth may become clear and the judgment of God may overtake the infidels.

I call upon you to accept Islam and thus make yourself secure. If you turn away, you will bear the sins of your Zoroastrian subjects.


----

Setelah itu terjadi penaklukan arab atas persia yang dikenal dengan arab conquest. Jadi setidaknya kita tau bagaimana Persia yang dulunya menhanut Zoroastrian kemudian menjadi agama lain.

Agama lain ini sering disebut (baca: menyebut diri) sebagai religion of peace.


0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:42
kurang ngaji keknyaemoticon-Ngakak
0 0
0
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 14:45
Loh kok menyudutkan? Kidung indonesia lebih merdu d banding azan.. bukan berarti azan tdk merdu.. jng cepet tersinggung gitulah jd orng..supaya tdk percuma nanti belajar agama
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 15:15
Quote:Original Posted By khafidz99


Akan lebih baik lagi andaikan pernyataan kakak disampaikan juga ke Imam besar yang lagi hijrah ke Arab itu emoticon-Maaf Agan


Gw sih maunya bawa kabur uang 35 trilyun bong, itu yang bener2 nyusahin bangsa indonesiaemoticon-Ngacir
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Bandingkan Azan dengan Kidung Ibu Indonesia, Puisi Sukmawati Disoal
02-04-2018 15:18
Quote:Original Posted By JonTile


Gw sih maunya bawa kabur uang 35 trilyun bong, itu yang bener2 nyusahin bangsa indonesiaemoticon-Ngacir


Yah namanya juga chinese kafir yg ga kenal agama
Tapi kalau yg kepalanya bersorban, make gamis, setiap saat menyitir ayat dan hadist, tapi ketauan mesum dan cabul lalu kabur sembunyi ke luar negeri... ga cuma nyusahin bangsa, tapi merusak Islam

Eh ntahlah kalau umat kayak elu seneng punya Imam Besar kayak gitu emoticon-Maaf Agan
0 0
0
Halaman 1 dari 51
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
lia-eden-meninggal-dunia
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia