Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Budaya
  • Saatnya santri maju Menjadi pemimpin bangsa Indonesia

kinarlarasatiAvatar border
TS
kinarlarasati
Saatnya santri maju Menjadi pemimpin bangsa Indonesia
Quote:

Indonesia yang mayoritas pendudukanya adalah penganut agama Islam, yang mana kaum tradisionalis dalam kiprahnya selalu menjaga kearifan bodaya lokal dan menjunjung tinggi tradisi leluhur yang biasa dilakukan oleh pendahulu. Begitupun islam tradisionalis dalam metode ke-Islamannya, mereka lebih mempertahankan nilai-nilai budaya tradisional, cirri dakwah yang khas dengan metode yang alami, dan selalu menjaga tradisi-tradisi terdahulu yang memberikan kemaslahatan untuk digunakan pada saat sekarang.
Kesederhanaan dari seorang santri merupakan bentuk kesederhanaan hati dan merupakan proses yang mengantarkan dirinya menuju insane yang berkualitas. Ada beberapa cirri khas yang melekat pada diri santri yaitu sarung, songkok, dan sandal jepit serta lainnya yang menunjukkan kesederhanaan dari seorang santri. Dikarenak santri diajarkkan tentang kesederhanaan, kesabaran, dan keteguhan jiwa dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan menghadang. Sehingga santri akan selalu kuat, selalu tangguh bagaikan karang dialautan yang tak pernah rapuh meskipun diterjang ombak.
Tentunya hal yang diperlukan oleh santri di era milenial ini yaitu mengambil pelajaran Dari sejarah santri dan para ulama tardahulu yaitu santri harus memiliki keteguhan hati, cerdas dan mampu menjawab segala tantangan zaman. Dalam hal milenial ini santri harus dituntut kreatif dan inovatif dalam mengikuti arus globalisasi. Karena prinsipnya adalah “al muhafadzotu ala qodiimissolih wal akhdu biljadiidil ashlah” yaitu mengkolaborasikan budaya terdahulu dengan budaya yang baru, dengan mengambil tradisi yang lama yang baik dan mengambil tradisi yang baru lebih baik. Seperti halnya teknologi, santri harus dan wajib menguasai teknologi demi kemajuan umat islam dan bangsa Indonesia. Dan juga mengambil peluang-peluang yang strategis melakukan dakwah Islamiyah. Yaitu dengan cara dakwah yang ramah, toleran, dan damai. Sehingga adanya santri bisa memberikan kedamaian dan ketentraman bagi masyarakat.Saatnya santri maju Menjadi pemimpin bangsa Indonesia
0
1.2K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Budaya
BudayaKASKUS Official
2.3KThread1.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.