Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AnggatabisadiamAvatar border
TS
Anggatabisadiam
[True Story] [HELP] Saya Habis Kena Tipu Berkedok Lowongan kerja APEXINDO abal2
Belum lama kontrak kerja saya dengan suatu perusahaan habis, dan saya pusing karena harus biayai kuliah saya yang tinggal 1 semester lagi. Akhirnya saya cari di Kaskus sangkin pusingnya saya kirim kirim saja semua lowongan yang ada di kaskus. ternyata saya kirim juga ke APEXINDO (abal-abal) dengan tidak sengaja.

Kemarin Juma'at (09 Oktober 2015) saya dapat email, Tlp, Serta SMS. dan ketika saya buka email ada undangan untuk mengikuti tahap seleksi

penampakan PDF yang saya terima via email:



(agar cerita saya lebih anda mengerti baca surat undangan diatas)

ini sms-nya saya ketik aja ya karena males mindahin dari HP (lemes abis ketipu 4jt):

Yth. Bapak/Ibu
______________ (ini nama saya)
info : Udangan tahap seleksi sudah kami terima
sudah kami kirim via email silahkan dibuka,
dan tunggu konfirmasinya bersedia hadir atau tidak
hari ini sampai pukul 19.30 wib.

Ini nomernya :
085252959538 (Yuda/ Direktur Abal2)
021 4049920 (nomer kantor abal abalnya)
089660602412 (yang sms saya pertama)
082316666328 (orang travel agent yang berasngkutan)

Ini Rekening (BRI) nya:
1070-0100-6870-538 (Ayi Riswandi)

tanpa saya cek saya langsung hubungi nomer ini dengan balas sms konfirmasi kalau saya bisa hadir. Karena sudah terlalu malam akhirnya tidak dibalas. dan pada akhirnya Pagi ini (Sabtu, 10 Oktober 2015) saya hubungi by. phone dengan nomer yang tertera di surat undangan di halaman 3 "bila ada keterlamabatan silahkan hubungi". saya telpon lalu diangkat dan dia (Si Yuda) yang ngaku direktur, ini marahai saya karena saya SMS dia malam malam, logatnya seperti medan/batak. akhirnya dia surh saya coba hubungi agent travel, katanya untuk penjemputan hotel dll, nanti biaya diganti ketika hari senin di kantor.

Dengan bodoh dan kepala yang masih pening karena habis putus kontrak kerja saya hubungi travel yang dimaksud, ketika saya hubungi mereka sopan dan layaknya orang kantor travel agent. lalu dia menjelaskan kalo saya harus membayar biaya penginapan hotel, dan trasport antar jemput, dan konsumsi selama 3 hari. dan saya akan di jemput besok pagi (Minggu, 11 Oktober 2015).
akhirnya dia sms saya jumlah uang yang harus ditranfer Rp. 1.499.500,- berserta nomer rekening. Atas Nama Ayi.

Setelah saya transfer dia hubungi saya lagi dan bilang kalau saya harusnya transfer untuk selama disana akhirnya dia jelasin bahwa biaya itu di kali 3. akhirnya dia minta transfer lagi untuk biaya Rp. 2.499.500,-. setelah saya transfer dia hubungi saya lagi dan bilang baik akan kami proses sebentar untuk nomer registrasi yang akan kami berikan.

nah si Yuda (di rektur abal abal) telpon saya dan bilang "mas, sudah hubungi agent travel yang ada di undangan? kalo sudah apa mas sudah dapat nomer registrasinya?"
"saya jawab belum pak sedang di proses"
"akhirnya dia bialang oke, kalo sudah hubungi saya"

dan agent travel menghubungi saya lagi dan bilang katanya transfer saya yang Rp. 1.499.500,- belum sauk tapi yang dua juta sudah.
disini saya sadara sepertinya saya di perass... karena biaya hotel dan penginpan, atau akomodasi tidak akan sebesar ini. lagi pula gak akan orang dari dalam kota di inapkan di hotel.

kurang lebih seperti itu lahhh, saya nulis ini sambil emosi dirumah karena sasya kesal dan bingung harus cerita sama siapa kalo uang saya habis +/- Rp. 4.000.000,- pagi ini. Saya belajar banyak dari kejadian ini semoga temen2 bisa ambil pelajaran dari kasus saya.

pelajaran buat temen temen kaskus :

  1. kalo lagi mau ngelamar baca baik baik, cek lokasinya ada atau tidak
  2. lihat emailnya kalo gratis @yahoo.com @gmail.com @apalah.com dll... bisa jadi penipuan. atau bisa juga enggak sih kalo memang info itu di keluarkan perorangan (orang yang cari karyan loh bukan kantor)
  3. setelah ada panggilan interview waspada apabila mereka menggunakan nomer HP
  4. setelah ada panggilan interview dan balasan email, cek kembali lokasi kantor perusahaan
  5. ingat apabila surat undangan rapih seperti yang saya terima bukan bearti asli, saya saja ketipu kareana saya pikir ini resmi banget undanganya, sama seperti saya waktu di pertamina.


saya dulu kerja sebagai Asistent Finance di pertamina selama satu tahun sebagai pembatu finance aja sih, makanya kontrak. eh kontrak saya di putus langsung buru buru cari kerja karena udah bingung harus biaya kuliah yang tinggal akhir ini dari mana. akhirnya malah ketipu. harusnya uanganya bisa bayar SKS. emoticon-Frown

terimakasih gan bisa sharing dan curhat. semoga kalian bisa ambil pelajaran. mungkin bisa saja saya laporkan polisi tapi saya mals tidak membantu uang kembali juga, mungkin solideritas teman teman bisa membantu agar kasus ini terungakap dengan cara share terus atau di UP terus.

satu lagi kalo ada info kerjaa atau mau bantu saya, boleh lah apa aja. untuk saya sambil kuliah semester akhir, saya kuliah malam.

0
3.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.