• Beranda
  • ...
  • Games
  • 7 Profesi Yang Banyak Dibutuhkan Oleh Games Developer Indonesia

kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
7 Profesi Yang Banyak Dibutuhkan Oleh Games Developer Indonesia

 

Hai Gan Sist, ketemu lagi ama ane si Kaksus10.

Jangan bosen-bosen ya ama ane, dan moga-moga Agan Sista bisa dapat faedah dari trit-trit ane.


Dan di trit kali ini ane mau sharing sesuatu yang berkaitan dengan dunia videio games, yes yang pastinya sesuai dengan topik Top 7 bulan ini. Langsung aja yuk, meluncur ke ulasan di bawah ini.

:welcome :welcome :welcome

Gan Sist, seperti yang udah kita tahu, industri video games tengah menggeliat beberapa tahun belakangan ini. Ngga hanya di luar negeri, industri video games di dalam negeri pun kini tengah sangat berkembang. Efek yang dihasilkan tentu saja beragam, tetapi yang pasti, industri ini kini menciptakan banyak lapangan kerja baru buat para kaum millenials.


Nah, kini banyak anak-anak muda berbakat dan kreatif yang sedang dicari-cari oleh para games developer, dan tentunya yang memiliki kriteria yang tepat untuk menduduki beberapa profesi yang ada. Ini dia, 7 profesi yang sedang banyak di butuhkan oleh video games developer dalam negeri :

 

1.     Perancang games

Yes, perancang games yah Gan Sist, bukan perancang busana macam Ivan Gunawan.

Perancang games bertanggung jawab untuk menciptakan atau merancang alur games. Profesi ini dituntut dapat menciptakan games yang menarik dan tidak membosankan. Perancang games juga harus bisa menciptakan level, reward, gaya, serta cerita games semenarik mungkin, agar para pemainnya tidak mudah bosan.


Spoiler for "perancang games":


 

2.     Artis

Nah, artis yang ane maksud di sini tuh bukan kayak seleb-seleb yang sering muncul di acara-acara alay ya Gan Sist. Artis yang ane maksud adalah pencipta visual atau karakter-karakter yang ada di dalam video games. Dan si artis ini ngga hanya menghasilkan visualisasi di dalam aplikasi, tapi juga dalam bentuk nyatanya. Contohnya karakter action figure.

 
Spoiler for artis:


Jadi sebenernya kebutuhan artis sangat beragam dan banyak Gan Sist, seperti concept artisttexture artist, animator, dan banyak lagi.  Kalau Agan Sista termasuk orang-orang yang jago gambar 2D dan 3D, kreatif serta jago design grafis, bolehlah cobain profesi yang satu ini.

 

3.     Progammer

Ini dia yang profesi yang paling penting dalam industri video games. Kebutuhan akan progammer di sebuah developer video games juga banyak serta beragam Gan Sist.


Spoiler for programmer:


 

Sederhananya, tugas seorang programmer adalah memasukan logika-logika sesuai dengan bahasa pemrograman (bahasa komputer) yang digunakan. Namun tentu saja, pada saat prakteknya, tugas programmer pasti kompleks dan bikin pusing banget deh.

 

4.     Produser  

Ada artis tentu saja ada produsernya Gan Sist. Seorang produser games, bertanggung jawab untuk memastikan sebuah projek games yang tengah digarap berjalan dan berhasil meluncur di pasaran. Posisi ini lebih banyak berhubungan dengan sistem birokrasi. Jadi diperlukan orang-orang dengan kemampuan memimpin dan persuasi.

 

5.     Game tester

Wahh, ini sepertinya profesi paling enak yah Gan Sist. Apalagi yang memang hobi nya bermain video games. Bisa dibilang, udah cuma maen doang, ehh dibayar pula...


Spoiler for "game tester":


 

Tapi, jangan salah Gan Sist, justru ini pekerjaan yang lumayan berat dan bener-bener bikin capek. Memang benar, profesi ini dibayar untuk bermain video games, tapi games yang dimainkan adalah games yang masih dalam proses pengembangan. Selama bermain, para game tester ini dituntut mencari “kesalahan” pada video games yang tengah dimainkan.

 

Di profesi ini, dituntut ketelitian terhadap hal-hal yang sangat detail, serta kemampuan menceritakan kekurangan serta kelebihan dari suatu permainan.

 

6.     Music programmer

Sebuah video games tanpa adanya musik, rasanya bakal garing banget Gan Sist. Nah, dengan adanya musik maka alur cerita dalam sebuah video games dapat terbangun lebih kuat.

 

Kalau Agan Sista memiliki kemampuan yang baik di bidang musik, menjadi music programmer di industri video games patut dicoba.

 

7.     Moderator game

Moderator game atau bahasa kerennya game master adalah perwakilan dari video games tersebut, profesi ini juga menjadi perwakilan serta tameng dari perusahaan pengembang.

 

Tugas game master salah satunya adalah menjaga game berjalan sesuai aturan Gan Sist.


Spoiler for "om momod masuk":


 

Nah itu dia Gan Sist, 7 profesi yang saat ini lagi banyak dibutuhkan oleh developer video games dalam negeri.

Kira-kira yang mana nih yang Agan Sista incar??


Spoiler for bocoran:


0
18.5K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.