Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dishwalaAvatar border
TS
dishwala
Sejak Ada Tol Soroja, Hunian di Bandung Selatan Jadi Buruan
Jum'at 30 Maret 2018 19:27 WIB
Sejak Ada Tol Soroja, Hunian di Bandung Selatan Jadi Buruan

JAKARTA - Pengoperasian jalan Tol Soreang – Pasir Koja (Soroja) pada akhir tahun lalu mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bandung Selatan, khususnya warga Soreang hingga Pataruman, Kopo, dan Margaasih.

Keberadaan jalan bebas hambatan sepanjang 10,6 kilometer itu berhasil memangkas jarak tempuh Bandung Selatan dengan Kota Bandung.

BERITA TERKAIT +
Menilik Industri Properti di Tahun Politik
Bogor Jadi Lokasi Pas bagi Investor Baru
Melihat Ceruk Pasar Properti di Kawasan Industri

Seperti diungkapkan Presiden RI Joko Widodo saat peresmian, Tol Soroja memungkinkan perjalanan dari Kota Bandung menuju Soreang atau sebaliknya hanya butuh waktu 12 menit saja. Padahal sebelum ada tol, perlu waktu tempuh sampai 1,5 jam.

Imbasnya, konektivitas dan mobilitas sektor ekonomi dari dan menuju Bandung Selatan semakin tinggi.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat, Agung Suryamal, memperkirakan kondisi tersebut akan mengerek perekonomian Bandung Selatan hingga 30%. “Saya prediksi angka itu akan dicapai dalam empat atau lima tahun ke depan,” katanya.

Simak juga: Daftar Rumah Harga di Bawah Rp750 Juta di Bandung

Sektor-sektor yang diperkirakan tumbuh di antara lain tekstil, pariwisata, pertanian dan agroindustri. “Industri tekstil Bandung Selatan akan semakin berkibar karena waktu tempuh pengiriman barang akan semakin efektif,” ia menjelaskan.

Sementara di sektor pariwisata, tidak hanya berbasis wisata alam melainkan juga wisata kreatif layaknya Jatim Park di Jawa Timur, atau museum dengan tema tertentu. Di satu sisi, waktu tempuh yang semakin efektif akan mendorong ekspor tekstil dan agroindustri dari Bandung Selatan.

“Bandung Selatan akan membantu perekonomian nasional dari pariwisata dan ekspor. Karena kita tahu, pemerintah pusat fokus pada dua hal itu untuk menstablikan perekonomian,” terangnya.

Kadin Jawa Barat yang beranggotakan lebih dari 20 ribu pelaku usaha pun menyambut baik perkembangan infrastruktur Bandung Selatan. (Gunakan kalkulator KPR untuk simulasi cicilan rumah impian!)

Bandung Selatan menurut Agung, akan menjadi primadona investasi baru mengalahkan wilayah utara. “Karena lahan di Bandung Utara sudah sangat terbatas plus adanya peraturan KDB (Koefisien Dasar Bangunan), serta isu-isu menyangkut lingkungan, tata ruang hingga resapan air,” katanya.

Di lain sisi, kemacetan Kota Bandung saat ini sudah sulit diurai. Merujuk data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, Bandung termasuk salah satu kota terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai 2,6 juta jiwa pada tahun 2016.

https://economy.okezone.com/read/2018/03/30/470/1880200/sejak-ada-tol-soroja-hunian-di-bandung-selatan-jadi-buruan

ITU GUNANYA JLN TOL,, BNGSAT

Sejak Ada Tol Soroja, Hunian di Bandung Selatan Jadi Buruan
0
2.5K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.