c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Ada Yang Tahu, Apa Itu Temperatur ??




Kalian paham tidak temperatur ?? Nah bahasa ini identik dengan suhu udara di suatu ruangan, padahal secara spesifik temperatur bukan hanya suhu udara saja ya kawan.

Ok saya kutip penjelasan dari banyak ahli,

Pengertian dari temperatur adalah suatu ukuran dingin atau panasnya keadaan atau sesuatu lainnya. Satuan ukur dari temperatur yang banyak digunakan di Indonesia adalah °C (derajat Celcius). Sementara satuan ukur yang banyak digunakan di luar negeri adalah derajat Fahrenheit. (Ir. Sarsinta : 2008)



Definisi temperatur sendiri adalah suatu ukuran energi kinetik rata-rata dari suatu molekul. Jika temperatur tinggi maka energi kinetik rata-ratapun akan besar. (Nurdin Riyanto : 2009)

Arti temperatur sendiri adalah ukuran gerakan molekular yang mempunyai besaran absolut. (Pengertian temperatur menurut Kelvin). Pengertian temperatur udara adalah panas atau dinginnya suatu udara. Perubahan temperatur udara disebabkan oleh adanya kombinasi kerja antara udara, perbedaan kecepatan proses pendinginan & pemanasan suatu daerah dan jumlah kadar air & permukaan bumi. Alat untuk mengukur temperatur udara ini adalah termometer. (Wirastuti dkk : 2008)



Nah intinya setelah di telaah dengan seksama dan dipahami dengan benar, ternyata temperatur adalah ukuran yang menyatakan panas dinginnya sesuatu, bisa dalam bentuk padat, cair, ataupun gas. Biasanya dinyatakan dalam satuan derajat. Semakin panas suatu benda maka nilai derajatnya akan semakin tinggi, sebaliknya semakin dingin suatu benda maka nilai derajatnya juga akan semakin turun.

Sebagai contoh yaitu air mendidih biasanya pada suhu 100°C dan es membeku pada suhu 0°C. Dalam dunia internasional ada beberapa jenis satuan derajat suhu diantaranya K atau kelvin, F atau Fahreinheit, R atau reamur, dan C atau celcius yang merupakan satuan derajat yang umum digunakan di Indonesia.



Nah untuk mengukur temperatur sendiri ada yang dinamakan, Thermohygrometer adalah gabungan dari thermometer (termometer) ruangan dan hygrometer (higrometer), yaitu alat untuk mengukur suhu udara dan kelembapan, baik ruangan tertutup maupun di luar ruangan.

FUNGSI: Alat pengukur suhu dan kelembapan udara basah dan kering pada suatu ruangan / daerah secara digital

Ada dua macam thermohygrometer yaitu analog dan digital.
thermohygrometer digital menunjukan suhu dan kelembapan dengan angka yang jelas sedangkan thermohygrometer analog berupa jarum untuk menunjukan suhu dan kelembapan.

Ok bagaimana menurut kalian kawan, apakah sudah paham apa yang dimaksud dengan temperatur, semoga artikel ini membuka wawasan terutama untuk para pelajar, nah sebelum coment seruupuutt dolo..

emoticon-coffee

Referensi

http://pendfisikaunsri.blogspot.com/...ratur.html?m=1






Diubah oleh c4punk1950... 30-03-2018 12:18
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
17.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.