Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Perbedaan Ikan Sarden Dan Ikan Makarel




Masih ingat tentang hebohnya makanan kaleng dengan 27 merek ikan makarel dari bpom yang ditemukan positif bercacing ?? Pastinya membuat para ibu berfikir dua kali untuk membeli makanan kaleng itu bukan.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan tentang ikannya ya kawan, antara makarel dan sarden ternyata mempunyai perbedaan.



Pada makanan kaleng yang mengandung cacing gilig dalam temuan BPOM adalah jenis ikan makarel atau mackerel saja, sementara ikan sarden tidak. Walau kedua ikan ini menjadi favorit makanan kaleng, yang sering di makan oleh konsumen di Indonesia.



Setidaknya kalian bisa membaca dengan jelas pada bagian luar kaleng sehingga Anda tak perlu takut keliru. Ada tulisan ikan makarel dan ikan sarden pada kaleng yang di jual di pasaran.



Nah sekarang kita lihat yuk perbedaan ikan sarden dan ikan makarel, apa saja sih yang membedakannya.


Ikan Dari Jenis berbeda



Perlu kalian ketahui Makarel umumnya adalah ikan yang hidup di laut Atlantik, dan masuk dalam keluarga ikan kembung serta tenggiri atau klan Scombridae. Ikan ini mampu hidup di kedalaman 1000 meter di laut.

Sedangkan Sarden sendiri adalah ikan yang hidup di laut mediterania, dan termasuk dalam keluarga jenis Clupeidae. Ikan ini hidup secara bergerombol di permukaan laut.


Bentuk Ikan Berbeda



Pada ikan jenis Sarden berbentuk kecil, tidak bisa membesar dan tubuhnya berlapis sisik perak kecil dengan daging berwarna gelap, dan dengan warna punggung biasanya hijau dan biru.

Sementara pada jenis ikan makarel, tubuhnya ramping panjang dan terdapat garis-garis hitam di sisi tubuh kanan dan kirinya. Bahkan ukurannya bisa membesar, misalnya jenis makarel sirip hiu atau bluefin. Ikan makarel tidak bersisik perak layaknya sarden.


Harga Ikan Yang Di Jual



Harga ikan makarel umumnya lebih mahal karena cara menjaringnya pun lebih sulit. Karena ia biasa hidup di perairan dalam.

Sedangkan ikan sarden mudah ditangkap, karena hidup bergerombol, dan tidak di perairan dalam. Bahkan bisa ditangkap di perairan Indonesia.

Ikan sarden lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan makarel karena dari daftar temuan BPOM, rata-rata jenis yang bercacing parasit adalah ikan makarel impor, walau makanan kaleng lokal tapi dari jenis ikan makarel rentan juga terkena cacing.



Walau begitu ikan kalengan ini mempunyai nutrisi dan gizi yang berguna bagi tubuh manusia. Karena termasuk ikan laut ikan ini juga memiliki omega 3 yang tinggi, bahkan beberapa vitamin yang di perlukan untuk perkembangan tubuh dengan mengonsumsi ikan.



Nah bagaimana sekarang, kini kalian sudah paham bedanya Ikan Sarden dan Makarel, moga artikel ini berguna ya kawan, monggo seruupuutt dolo..

emoticon-coffee



By c4punk

Referensi

http://m.liputan6.com/health/read/3414359/jangan-salah-ikan-sarden-dan-makarel-itu-beda



Diubah oleh c4punk1950... 30-03-2018 04:19
tien212700
tien212700 memberi reputasi
-1
41.9K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.