carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Deretan Isu Yang Pernah Menggemparkan Indonesia
Halo agan dan sista sekalian, semoga yang lagi ada masalah segera mendapatkan solusi. Bicara mengenai isu - isu yang pernah menggemparkan Indonesia, tak ada salahnya kita melakukan kilas balik ke beberapa tahun silam. Alasannya tidak lain adalah agar kita bisa menjadikannya pelajaran. Mungkin isu jaman dahulu terasa lebih mencekam dan memberikan rasa khawatir yang lebih karena kemudahan dalam mengakses informasi tidak semudah seperti saat ini. Dahulu, rumor bisa dengan liar berkembang bagaikan bola salju yang menggelinding. Ane di sini berusaha mengorek kembali isu simpang siur yang menerpa Indonesia agar kita semua bisa lebih bijak dalam menyikapi isu yang ada. Isu apakah itu ? Yuk kita bahas sama - sama.



1. Petrus

Spoiler for Mulus:


Perisitiwa Petrus atau Penembak Misterius terjadi pada jaman order baru. Ane ga bisa berkata banyak karena ane tidak mengalami kegaduhan saat itu. Banyak pro dan kontra yang terjadi pada saat itu, bahkan Amnesti Internasional pun juga mengirimkan surat untuk menanyakan kebijakan pemerintah Indonesia ini. Namun dibalik pro dan kontra tersebut, situasi Indonesia menjadi aman menurut kesaksian beberapa orang yang mengalami. Mungkin threadyang satu ini bisa dijadikan bahan rujukan lebih lanjut.

2. Ninja Banyuwangi

Spoiler for Mulus:


Masih teringat jelas memori waktu kecil tentang isu yang satu ini. Kisah - kisah seram tentang pembunuhan (yang dianggap) orang sakti mengalir dari salah satu kabupaten di Jawa Timur yaitu Banyuwangi. Saking hebohnya, kisah ini turut membuat gusar anak - anak kecil karena di beberapa daerah dibarengi dengan isu penculikan. Bocah - bocah sampai percaya akan khasiat bambu kuning dan membawannya terus sebagai senjata untuk menangkal gerakan Ninja tersebut.

Konon katanya, Ninja yang beraksi di Banyuwangi menyasar ke rumah - rumah dukun. Mereka akan menandai rumah tersebut sebelum mengeksekusi penghuninya. Dikabarkan bahwa Ninja yang beraksi seperti Ninja pada film - film yang bisa berlari cepat, melompat dengan lincah bahkan menghilang. Di Banyuwangi sendiri isu tersebut dibarengi dengan banyaknya orang gila di segala penjuru kabupaten. Orang gila tersebut akan menjawab dengan baik jika ditanya selain asal usulnya. Sampai sekarang siapa dalang dan motif dibalik peristiwa ini belum diketahui secara jelas. Spekulasi yang mengalir perlahan hilang begitu saja diterpa oleh waktu.

3. Penyebaran HIV/AIDS

Spoiler for Mulus:


Mendengar nama penyakit yang satu ini saja sudah bikin merinding (inget penyakitnya ya bukan pengidapnya). Beberapa tahun silam isu tentang penyebaran HIV/AIDS di tempat umum sempat menggelinding. Salah satu yang paling santer adalah melalui jarum yang sudah dicelupkan ke darah yang terinfeksi dan ditanam di kursi - kursi bioskop. Isu yang satu ini sempat menjadi gempar dan membuat orang berpikir ribuan kali untuk menonton di bioskop. Isu tersebut dicurigai bentuk kompetisi usaha yang tidak sehat. Selain melalui jarum, isu lain yang sempat santer adalah melalui tusuk gigi. Para ahli sudah membantah isu tersebut dan menyatakan kalau virus HIV/AIDS tidak bisa bertahan lama di luar inangnya. Dan tidak mungkin penderita HIV/AIDS sengaja menularkan virus tersebut ke orang lain. Mereka sekarang adalah orang baik.

Quote:


4. Kolor Ijo

Spoiler for Mulus:


Banyak sekali versi cerita Kolor Ijo yang beredar di masyarakat. Ada yang menyebutkan kalau makhluk tersebut adalah makhluk jadi - jadian. Ada yang menyebut kalau makhluk itu adalah manusia yang sedang belajar ilmu hitam. Ada juga yang menyebut makhluk tersebut adalah manusia yang secara murni melakukan tindak kejahatan. Kolor Ijo sempat membuat was - was para wanita di Indonesia. Pasalnya, perbuatan Kolor Ijo terhadap para korbannya sangat keji dan korbannya adalah wanita. Selain merudapaksa, Kolor Ijo juga akan melukai daerah vital korbannya. Polisi berhasil menangkap salah seorang pelaku yang diduga Kolor Ijo dan pelaku tersebut berhasil dijebloskan ke penjara. Meski demikian, isu Kolor Ijo masih bergulir walaupun dengan lirih sampai lambat laun akhirnya hilang.

5. Telepon Merah

Spoiler for Mulus:


Santet lewat handphone ? Mungkin saat itu, begitulah para masyarakat berpikir. Sempat santer sekali terdengar kalau ada panggilan telepon dengan nomor berwarna merah jangan sekali - kali diangkat. Masih merinding rasanya membayangkan seseorang bisa mencelakai orang lain hanya melalui telepon. Bahkan ada yang menyatakan kalau telepon tersebut berasal dari setan. Meskipun sangat santer, isu tersebut tidak bertahan lama dipermukaan.

6. Rentetan Aksi Begal

Spoiler for Mulus:


Isu ini digulirkan belum lama terjadi. Entah kenapa gerombolan begal sepertinya kompak keluar dari sarangnya dan melakukan aksi. Kondisi tersebut diperparah dengan pemberitaan media yang sangat massif. Berbagai spekulasi penyebab peristiwa tersebut muncul ke permukaan dan juga bergerak dengan liar. Untungnya, isu tersebut dapat diredam oleh aparat keamaanan Indonesia dengan cara menciptakan suasana aman.

***

Udah sekian dulu ya gan, sist. Kalau ada salah - salah tolong dibenarkan. Kalau agan dan sista punya pendapat lain atau tambahan jangan sungkan - sungkan untuk menulis di kolom komentar.

Ane dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Sumber:
- Pemikiran dan ingatan TS
- https://id.wikipedia.org/wiki/Penembakan_misterius
- https://www.kaskus.co.id/thread/54e9...--detail-story
- Gambar by Google Image
0
47.9K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.