Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Inilah Kurikulum Kampus Masa Depan dan Skill yang Diperlukan di Dunia Kerja

adelioakinsAvatar border
TS
adelioakins
Inilah Kurikulum Kampus Masa Depan dan Skill yang Diperlukan di Dunia Kerja
"WELCOME"

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Toastemoticon-Toast



Tidak ada yang memungkiri bahwa hari ini dunia semakin kompetitif, dengan semakin banyak peluang, kesempatan dan karir yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan. Tapi jangan dikira, Salah-salahnya bila kita tidak bisa mengikuti perkembangan dan trend zaman, kita akan di gilas oleh roda kehidupan (gaya amat bahasanya, haha). So, tidak ada salah dan kelirunya bila kita meningkatkan kemampuan dan skill kita, bukan karena kita ingin diterima kerja (sekedar itu saja), tetapi karena peningkatan skill pribadi juga menunjukan bahwa kita senantiasa berkembang dan tumbuh. Untuk itulah kita hidup.

Nah, setelah say abaca-baca dari berbagai sumber dan artikel, saya akan paparkan berikut tentang apa saja kemampuan yang perlu kita bold-kan dan prioritaskan. Beberapa data dan gambar diambil dari berbagai sumber seperti data survei LinkedIn, omongan dedengkot bisnisman, dari surat kabar dan beberapa dari blog orang juga.
 
Katanya, Salah satu penyebab banyaknya pengangguran berpendidikan, adalah kurangnya skill. Yup, lulusan kuliah dianggap nggak punya kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Perusahaan pun jadi “malas” mempekerjakan fresh graduate.Ini sebetulnya agak dilematis, karena masa iya begitu. Seperti tidak ada link and match antara kampus dan perusahaan atau industry. Perusahaan atau industri memang bukan satu-satunya tujuan adanya kampus, dan mahasiswa pun yang kuliah belum tentu semuanya ingin bekerja, mungkin ada yang ingin jadi peneliti, pengajar, wirausaha, dlsb. Tapi, kenyataan bahwa perusahaan ternyata agak “malas” mempekerjakan freshgraduate karena alasan kekurangan dalam hal soft dan hard skill ini perlu dipertanyakan.
 
Berkaitan dengan skill ini, menurut Bill Coplin (doi adalah ahli dan pengamat industri kerja sekaligus penulis), perusahaan memandang IPK menunjukkan basic intelegence dan kesungguhan seorang calon pegawai dalam menuntut ilmu. Tapi BUKAN ITU yang dicari dan dibutuhkan perusahaan. Untuk lebih tahu pikiran doi, lebih baik agan baca bukunya langsung ya. (Judul bukunya : 10 Things Employers Want You to Learn in College).
 
Skill-skill itu nantinya tentu saja agar karir kita sukses. Dan Karir yang sukses adalah karir yang berhasil mencapai puncaknya. Untuk menggapai kesuksesan tersebut tentu tidak mudah. Perlu perjuangan khusus untuk bisa menaikkan level kinerja kita dalam mencapai karir yang sukses. Hal yang harus ditingkatkan untuk bisa menggapai kesusksesan dalam karir ini salah satunya adalah skill yang dimiliki. Skill ini disesuaikan dengan permintaan perusahaan, dengan tujuan pencapaian tujuan perusahaan tertentu, dan menjadi nilai tambah tersendiri bagi orang yang memilikinya, agan mau kan jadi orang yang bernilai?

Quote:


 
Sementara beberapa Skills menurut dedengkot perusahaan :

Quote:





Berikut adalah soft skill yang paling penting menurut beberapa eksekutif puncak :


Quote:



Quote:



 
Quote:





Menurut LinkedIn Soft skills yang diperlukan itu adalah :



Quote:





Quote:


 
Diubah oleh adelioakins 29-03-2018 22:58
0
11.3K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
69.9KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.